Jumat, 20 April 2018

Sepak bola Inggris 'berhutang budi' pada Pep Guardiola

Selasa, 17 April 2018 22:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!

Sepak bola Inggris akan "selalu berhutang budi" pada pengaruh yang dibawa bos Manchester City Pep Guardiola, kata mantan striker Inggris Gary Lineker.

"Saya pikir Guardiola tidak diragukan akan mempengaruhi gaya sepak bola di negeri ini," kata Lineker.

"Tidak hanya menyenangkan mata, tetapi juga mencetak kesuksesan."

"Kita semua tahu bahwa kesuksesan akan disalin dan ditiru oleh tim lain, pelatih lain, dan juga anak-anak yang bermain sepak bola."

City dikukuhkan sebagai juara Liga Premier hari Minggu lalu setelah kekalahan Manchester United dari klub di peringkat buncit, West Brom, 0-1.

Ini gelar ketiga mereka dalam tujuh musim, tetapi yang pertama dalam penanganan pelatih asal Spanyol yang berada di musim keduanya di City.

Guardiola menjadi manajer City pada 2016 setelah memimpin Bayern Muenchen meraih tiga gelar Bundesliga berturut-turut. Dia sebelumnya adalah manajer paling sukses Barcelona dengan 14 trofi dalam empat tahun.

Lineker tentang sukses City musim ini

Saya pikir musim ini Manchester City begitu fenomenal dalam banyak hal, bukan hanya memenangkan liga dengan mantap, tetapi gaya sepak bola yang mereka mainkan selalu sangat enak ditonton.

Yang mereka lakukan itu meniupkan angin segar dalam banyak hal, sepak bola menyerang, terbuka, penuh petualangan, dengan para pemain yang sangat bagus.

Tentu saja ini musim yang sukses, karena mereka memenangkan liga dengan anggun dan mereka menjuarainya dengan meyakinkan.

Masih terlalu dini untuk menilai magnitudo pencapaian tim Manchester City ini. Mereka harus terus melaju dan mungkin memenangkan Liga Champions untuk menyejajarkan diri dengan tim-tim besar Liverpool dan tim-tim besar Manchester United di masa lalu.

Ini baru merupakan awal tetapi sudah dimulai, dan dalam tingkat mereka sendiri, mereka telah memulai dengan sangat baik.

Lineker tentang Guardiola

Yang sangat menarik adalah bagaimana Guardiola meningkatkan kehebatan banyak pemain. Bukan saja pemain yang benar-benar muda, tapi pemain seperti Kyle Walker, Fernandinho dan bahkan Kevin de Bruyne.

Saya pikir di situlah tingkat manajemennya yang berada di atas manajer lain di musim ini.

Saya pikir Guardiola sangat bagus untuk sepak bola Inggris. Begitu banyak sebelumnya yang mengatakan dia tidak akan bisa memainkan gaya sepak bolanya di Liga Premier.

Saya senang dia kukuh dengan prinsip-prinsipnya, bahwa dia datang membawa gaya sepak bolanya dan dia tidak hanya membuktikan dia bisa menang dengan gaya itu, tapi juga sangat indah untuk dilihat setiap saat.

Kami akan selalu bersyukur di Liga Premier dan sepak bola Inggris karena kita semua tahu bahwa kesuksesan disalin dan ditiru oleh tim lain, pelatih lain, dan anak-anak yang bermain bola.

Tidak diragukan lagi Guardiola akan mempengaruhi gaya sepak bola di negara ini, karena tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga membawa kesuksesan.

Lineker tentang Liga Champions

Semua orang mengatakan Guardiola harus menjuarai Liga Champions bersama City. Liga Champions adalah kompetisi sistem gugur, kompetisi terbesar di Eropa yang sulit dijuarai.

Dia akan frustrasi (oleh kegagalan di Liga Champions musim ini) karena jelas dia suka bermain sepak bola hebat, dan manajer hebat selalu menginginkan hal yang lebih.

Di sepak bola Eropa, apa pun bisa terjadi pada malam tertentu. Cuma perlu 30 menit permainan buruk seperti yang mereka lakukan di Anfield dan Anda tersingkir.

Guardiola pasti ingin membereskan hal itu, dia akan sangat ingin memenangkan Liga Champions dengan Manchester City. Jsaya rasa itu mungkin terjadi suatu waktu.

Lineker tentang masa depan City

Kita bisa memperkirakan akan terjadi suatu dinasti di City dengan Guardiola, walaupun terlalu dini untuk mengatakannya karena harus tinggal cukup lama untuk mendapatkan pengakuan semacam itu.

Tapi City menuju ke arah yang benar, mereka bermain sepak bola seperti yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya, dan mereka sukses: menang.

Jika mereka bisa mempertahankan hal itu selama tiga atau empat tahun, dan mempertahankan level setinggi musim ini, mereka akan jadi salah satu pesaing untuk menjadi salah satu tim paling hebat dalam sejarah Inggris, jika bukan sejarah sepak bola klub dunia.

Saya pikir tantangan terbesar dalam waktu dekat adalah memenangkan Liga Primer, dan fakta bahwa tim lain juga meningkat. Seperti yang telah kita lihat selama satu atau dua tahun terakhir, Liverpool khususnya dan Tottenham mendapatkan momentum mereka.

Guardiola akan ingin menjadikan musim ini sebagai fondasi untuk kebrhasilan lebih jauh, dan dia ingin memperbaiki beberapa detil kecil. Saya tak yakin mereka perlu menghabiskan banyak uang musim panas ini, tapi siapa yang tahu?

Perbincangan Gary Linekerdfengan Richard Conway dari BBC Sport

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar