Sabtu, 23 Juni 2018 | 17:22 WIB

Daftar | Login

Perempuan / Aktual Perempuan

Cara menjadi Kartini masa kini yang sukses pada finansial

Sabtu, 21 April 2018 - 10:04 WIB    |    Penulis : Mitra Elshinta Feeder    |    Editor : Administrator
Courtesy cermati.com
Courtesy cermati.com

Kartini adalah sosok wanita yang sangat hebat yaitu mampu memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap wanita Indonesia. Salah satu bukti yang bisa dijadikan sebagai inspirasi adalah walau berada di lingkungan yang menghimpit, Raden Ajeng Kartini tetap berusaha berpikir terbuka memperjuangkan wanita Indonesia agar memiliki hak pendidikan yang sama.

Keberhasilan saat perjuangannya itu tentu bisa dirasakan hingga saat ini. Kini, banyak wanita Indonesia yang sukses meraih mimpi atau cita-citanya. Bahkan, kesuksesannya itu bisa memberikan dampak positif kepada wanita yang lainnya.

Kesuksesan Kartini masa kini ternyata tidak hanya dilihat dari tercapainya apa yang diinginkan saja, tapi juga mampu mengolah finansialnya dengan baik. Bagaimana pun keberhasilan yang sudah di raih pastinya ada dukungan yang kuat pada kondisi finansialnya. Berikut ini cara yang bisa dipraktikan jika ingin menjadi Kartini masa kini yang sukses pada finansialnya.

1. Punya Perencanaan Keuangan

 

planning budget
Punya Perencanaan Finansial yang Baik

Perencanaan merupakan tahap awal yang perlu dilakukan jika apa yang kita inginkan berjalan dengan mulus dan memiliki hasil yang baik. Hal ini tentunya juga termasuk pada urusan finansial. Kebanyakan dari mereka sudah menyusun perencanaan keuangan dengan baik sejak awal. Tujuannya agar pengeluaran keuangan dapat terkontrol dan bisa meminimalisir rasa khawatir yang muncul terhadap keuangan yang terbuang sia-sia.

 

2. Rutin Buat Daftar Anggaran

 

anggaran bulanan
Buat Daftar Anggaran

 

Tidak pernah lupa membuat daftar anggaran keuangan merupakan salah satu cara sukses finansial. Biasanya daftar anggaran dibuat secara rutin dalam periode tertentu tergantung dari penghasilan yang didapat.

 

Jika seseorang mendapatkan penghasilan bulanan biasanya akan membuat daftar anggaran selama sebulan, sedangkan pada penghasilannya harian maka pembuatan daftar anggaran dengan periode seminggu atau dua minggu akan lebih efektif saat mengelola keuangannya.

 

3. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

 

kartu
Bijak Menggunakan Kartu Kredit

 

Kini, banyak wanita sukses di bidang bisnis, baik itu di pakaian, tas, sepatu, aksesoris ataupun makanan. Umumnya pebisnis akan selalu mengandalkan kartu kredit saat ingin memenuhi bahan-bahan kebutuhan yang diperlukan pada bisnisnya.

 

Agar bisnis dan kartu kredit berjalan dengan lancar dan tidak bermasalah, maka mereka secara otomatis dituntut melakukan pembayaran tagihan penuh dengan tepat waktu, tidak menggunakan kartu kredit untuk pembelian barang lain kecuali kebutuhan bisnis dan sebagainya. Intinya pebisnis sukses akan menggunakan kartu kredit dengan bijak.

 

4. Mengutamakan Belanja Kebutuhan daripada Keinginan

 

kebutuhan vs keinginan

 

Siapa yang tidak tahan dengan barang bagus, merek terkenal, banyak dipakai artis dalam negeri ataupun luar negeri, promo, diskon dan sebagainya? Tidak bisa dipungkiri, sebagian wanita mudah mengeluarkan uangnya hanya untuk membeli keinginan yang belum tentu dipakai.

Tapi seseorang yang memiliki kondisi finansial yang sukses, dirinya tidak akan mudah tergiur dengan godaan berbelanja. Pastinya akan melakukan pertimbangan yang tepat, manakah yang harus diprioritaskan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan begitu, pengeluaran keuangan tidak akan terbuang secara sia-sia.

 

5. Memiliki Asuransi

 

asuransi
Mempersiapkan Asuransi

Wanita yang sukses adalah ia yang sangat menyiapkan diri dan keluarganya dari risiko keterpurukan finansial dengan cara menyiapkan berbagai macam asuransi yang dibutuhkan sejak awal. Mulai dari asuransi kesehatan, kejiwaan, bencana, pendidikan dan lan sebagainya. Dengan begitu, akan memberikan rasa aman dimasa depan.

 

6. Memiliki Tabungan

 

cewe nabung
Memiliki Tabungan

Demi memberikan rasa aman pada finansialnya wanita yang sadar akan hal itu akan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung di sebuah bank. Guna tabungan tersebut bisa dijadikan sebagai dana darurat dan tentunya bisa digunakan kapan saja disaat kondisi mendesak.

 

7. Berinvestasi

 

wanita sukses
Investasi

 

Wanita masa kini berinvestasi, kenapa tidak? Justru dengan melakukan investasi menunjukan wanita yang sukses pada finansialnya. Dirinya sadar jika melakukan investasi akan memberikan keuntungan yang signifikan dimasa depan. Maka tidak heran kalau seseorang memiliki jumlah kekayaan yang banyak bahkan akan terus bertambah karena mereka sudah berinvestasi sejak awal.

 

8. Memiliki Penghasilan Tambahan

 

online shop
Memiliki Kerja Sampingan sebagai Penghasilan Tambahan

Walau sudah sukses di perusahaan yang ditempati, tidak ada salahnya jika mencari kerja sampingan agar memiliki penghasilan tambahan. Biasanya wanita pada zaman sekarang, akan memanfaatkan hobi atau keterampilan yang dimiliki sebagai ladang sampingan. Hal itu dilakukan agar memberikan rasa aman pada kondisi keuangannya.

 

9. Sudah Menyiapkan Dana Pensiun

 

old
Sudah Menyiapkan Dana Pensiun

 

Tidak selamanya wanita akan terus bekerja di sebuah perusahaan karena ada saatnya akan memasuki usia pensiun. Dirinya yang sadar akan finansial, wanita tersebut akan mempersiapkan danma pensiun sejak awal, yaitu ketika masih berada diusia produktif. Dengan begitu, dirinya tidak akan khawatir pada hari tuanya.

 

10. Taat Bayar Pajak

 

pajak
Taat Bayar Pajak

Wanita yang sukses pada finansialnya juga akan taat melakukan pembayaran pajak sesuai ketentuannya. Hal itu juga merupakan bagian dari kewajiban yang harus dipenuhi sebagai wujud tanggung jawab sosial bersama.

Selain itu, dengan pembayaran pajak ini juga sangat berguna pada pembangunan negara. Dengan begitu, sebagai warga negara juga mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya fasilitas umum, pertahanan dan keamanan, subsidi pangan dan bahan bakar minyak, kelestarian lingkungan hidup dan budaya, pengembangan alat transportasi massa dan sebagainya.

 

Melek Finansial Hidup semakin Sejahtera

Pada dasarnya ketika sudah belajar soal finansial justru sulit dipraktikan. Padahal dengan menjalankan pengelolaan finansial dengan baik dan dilakukan secara disiplin akan memberikan keuntungan yang sangat besar di masa depan. Dengan begitu akan memberikan dampak pada kehidupan yang dijalani yaitu, hidup akan tenang dan sejahtera tanpa perlu ada rasa khawatir jika terjadi kondisi finansial yang buruk. Hal tersebut merupakan bagian dari sukses dalam pengelolaan finansial. “Selamat hari Kartini untuk semua wanita Indonesia. Tetaplah menjadi sosok yang selalu bersinar”.

 

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Event | 23 Juni 2018 - 17:11 WIB

Shaqiri pastikan kemenangan Swiss 2-1 atas Serbia

Arestasi | 23 Juni 2018 - 16:35 WIB

Densus 88 tembak mati dua terduga teroris

Aktual Dalam Negeri | 23 Juni 2018 - 16:22 WIB

Pemerintah bentuk ad hoc selidiki KM Sinar Bangun

Ekonomi | 23 Juni 2018 - 16:10 WIB

Permintaan uang kartal libur Lebaran capai Rp2 triliun

Musibah | 23 Juni 2018 - 15:50 WIB

Menhub: KM Ramos Risma Marisi lepas kendali

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Senin, 21 Mei 2018 - 16:59 WIB
Mengejar mimpi yang belum tentu datang 2 kali

Fransiska Dimitri & Mathilda penakluk 7 puncak dunia

Sabtu, 19 Mei 2018 - 19:02 WIB

Ini lho, manfaat kunyit bagi kecantikan

elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com