Sabtu, 23 Juni 2018 | 17:31 WIB

Daftar | Login

SDGs / Aktual SDGs

Wujud nyata peran akademia: SDGs Center UNPAD

Jumat, 04 Mei 2018 - 01:19 WIB    |    Penulis : Administrator    |    Editor : Dewi Rusiana
Foto oleh Bappenas
Foto oleh Bappenas

Elshinta.com - Pada setiap kesempatan sosialisasi TPB/SDGs maka salah satu materi penting yang perlu dipahami oleh semua pihak adalah tentang pihak-pihak yang terlibat dalam TPB/SDGs dan peran dari setiap pihak tersebut. Salah satu pihak utama adalah academia, yang memiliki peran antara lain untuk:

(1) memberikan dukungan dalam peningkatan kapasitas baik lembaga pemerintah maupun non pemerintah,

(2) mendukung pemantauan dan evaluasi, serta

(3) menyusun policy brief untuk bahan masukan kepada pemerintah.

 

Salah satu universitas di Indonesia yang telah aktif melakukan pembahasan dan studi terkait isu-isu SDGs adalah SDGs Center dari Universitas Padjadjaran di Bandung Jawa Barat yang dipimpin oleh Prof. Armida S. Alisjabana sebagai Direktur SDGs Center.

SDGs Center yang telah didirikan sejak dua (2) tahun lalu tersebut telah menghasilkan beberapa publikasi yang dapat menjadi bahan masukan untuk pemerintah diantaranya buku berjudul “Menyongsong SDGs: Kesiapan Daerah-daerah di Indonesia” yang isinya tentang proyeksi baseline dari sekitar 41 indikator SDGs global (versi tahun 2016) serta buku tentang “Seri Menyongsong SDGs: Kesiapan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat”.

Selain itu, SDGs Center juga aktif mengadakan berbagai seminar dan workshop terkait pembahasan isu-isu SDGs dan menjadi salah satu rujukan contoh untuk pengembangan SDGs Center di universitas lain di Indonesia. (Bappenas)

 

 

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Event | 23 Juni 2018 - 17:11 WIB

Shaqiri pastikan kemenangan Swiss 2-1 atas Serbia

Arestasi | 23 Juni 2018 - 16:35 WIB

Densus 88 tembak mati dua terduga teroris

Aktual Dalam Negeri | 23 Juni 2018 - 16:22 WIB

Pemerintah bentuk ad hoc selidiki KM Sinar Bangun

Ekonomi | 23 Juni 2018 - 16:10 WIB

Permintaan uang kartal libur Lebaran capai Rp2 triliun

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com