Jumat, 17 Agustus 2018 | 12:08 WIB

Daftar | Login

banner kuping banner kuping
Macro Ad

Gaya Hidup / Belanja

Bagi yang suka belanja, jangan lakukan 8 hal Ini kalau tak mau rugi

Jumat, 04 Mei 2018 - 10:20 WIB    |    Penulis : Fajar Nugraha    |    Editor : Administrator
Sumber foto: https://bit.ly/2rkWdRs
Sumber foto: https://bit.ly/2rkWdRs

Penjual memiliki beragam cara untuk memikat hati pembeli. Misalnya, menerbitkan program promo, diskon, atau sale. Bila Anda menemukan hal semacam itu di mana barang ditawarkan dengan harga yang super murah, jangan langsung tergiur. Jika tidak cermat, bukannya hemat, Anda justru akan mengeluarkan lebih banyak uang nantinya.

Hidup hemat itu penting dilakukan, terlebih bagi Anda yang berkeinginan mewujudkan beberapa hal di masa depan atau telah berkeluarga. Apa saja hal yang Anda pikir akan menguntungkan, ternyata merugikan? Nah, seperti dilansir dari cermati.com, inilah hal-hal yang sebaiknya jangan dilakukan karena bisa merugikan.

 

1. Ada Harga Murah Langsung Tertarik untuk Belanja

Harga Murah
Jangan Mudah Tergiur Harga Murah

Sebagian orang membeli produk karena harganya. Prinsip tersebut tidak berlaku untuk setiap produk yang dibutuhkan. Misalnya, produk yang digunakan sehari-hari dan dalam jangka waktu panjang, seperti pakaian, ada baiknya pilihlah yang berkualitas agar awet meskipun harganya mahal.

Untuk apa membeli barang karena harganya murah, tetapi berujung pada kerusakan hanya dalam beberapa kali pemakaian? Ini yang menyebabkan Anda jadi boros. Jika ingin berhemat dengan barang berkualitas, belilah barang second atau pre-loved, tapi masih layak pakai.

Sah-sah saja membeli barang karena harganya murah, tapi perhatikan secara detail barang tersebut. Baikkah kualitasnya atau tidak. Atau pastikan barang tersebut memiliki garansi sehingga lebih terjamin.

2. Mudah Mengeluarkan Uang karena Diskon

Belanja Barang Diskon
Mudah Terpengaruh dengan Barang Diskon

Saat musim gajian tiba, sebagian orang mungkin juga langsung menghabiskannya di pusat perbelanjaan atau lokasi wisata. Pada waktu yang bersamaan, para vendor membuka diskon super gila untuk menarik minat pembeli, bahkan hingga 75%. Siapa yang tidak tergiur dengan itu?

Pasti langsung saja membeli tanpa berpikir apakah barang itu berguna atau tidak. Untuk menghindari godaan diskon, barang utama yang harus Anda beli ialah kebutuhan sehari-hari atau primer. Bertahanlah dari godaan diskon betapa pun menariknya diskon yang diberikan.

3. Berhemat dengan Mengurangi Alokasi untuk Dana Pensiun

Dana Pensiun
Jangan Pernah Coba Sekali-Sekali Kurangi Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan cara yang berfungsi sebagai perlindungan finansial setelah pensiun nanti. Karena itu, Anda perlu mengalokasikan sekian persen dari penghasilan untuk dana pensiun. Ketika berpikir mengurangi alokasi untuk dana pensiun, mungkin Anda perlu berpikir ulang dan mengingat betapa besarnya risiko karena kurangnya alokasi untuk dana pensiun.

Hindari pengurangan dana alokasi untuk dana pensiun secara berlebihan. Sebab bisa saja nantinya Anda justru harus menanggung biaya kebutuhan setelah pensiun nanti lebih besar. Sampai-sampai dana pensiun Anda pun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Menunda Melakukan Maintenance secara Berkala

Maintenance Mobil
Daripada Rugi karena Rusak, Lebih Baik Lakukan Maintenance secara Berkala

Maintenance atau perawatan perlu dilakukan secara rutin untuk menunjang suatu kinerja aset yang dimiliki. Misalnya, maintenance secara berkala sepeda motor, mobil, bahkan diri Anda sendiri.

Jangan sampai Anda mengabaikan hal ini hingga barang-barang tersebut mengalami kerusakan dan menyebabkan Anda harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Buatlah alokasi pengeluaran bulanan untuk maintenance, baik untuk diri sendiri maupun aset yang dimiliki. Manfaatkan smartphone Anda sebagai pengingat.

5. Meminimalkan Pengeluaran

Pangkas Pengeluaran
Pilih-Pilih dalam Minimalkan Pengeluaran

Meminimalkan pengeluaran boleh-boleh saja. Namun, hal ini sangatlah tidak dianjurkan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan, transportasi, dan pengeluaran penting lainnya. Jika Anda kemudian mengurangi porsi makan Anda dari biasanya, mungkin dampak buruknya ialah Anda justru mengalami rasa lapar lebih besar dan mendorong Anda makan di luar demi memuaskan diri. Alhasil, pengeluaran justru semakin besar dari biasanya.

6. Enggan Pakai Kartu Kredit

 Kartu Kredit
Bukan Berarti Berhemat Sama dengan Tidak Pakai Kartu Kredit

Sebagian orang memilih untuk tidak menggunakan kartu kredit untuk menghindari pengeluaran tambahan. Hal tersebut benar jika memang Anda berpenghasilan terbatas. Namun, kalau Anda dapat mengalokasikan pendapatan dengan baik dan tetap menggunakan kartu kredit dengan selalu tepat waktu membayar tagihan, Anda dapat kesempatan untuk menikmati berbagai fasilitas seperti diskon, voucher, promo, dan lain-lain yang mungkin akan berguna suatu hari nanti.

7. Belanja dalam Jumlah Sedikit

 Belanja Sedikit
Ingat, Sedikit Belanja Bukan Berarti Hemat Ya?

Berhemat bukan berarti mengurangi porsi produk yang dibutuhkan. Misalnya, jika biasanya Anda membeli produk ukuran jumbo lalu beralih dengan memilih ukuran mini. Padahal, barang dengan ukuran lebih besar biasanya lebih murah ketimbang ukuran kecil dan lebih lama habis. Selain menghemat pengeluaran belanja produk, membeli produk dengan ukuran besar sekaligus bisa membuat Anda menghemat bahan bakar untuk transportasi ke tempat penjualan.

8. Tidak Memerhatikan Promo yang Sudah Berakhir

 Promo Natal
Cek Dahulu, Apakah Promonya Masih Berlaku?

Promo memang menggiurkan dan membuat Anda ingin mencoba suatu produk. Tidak ada salahnya memang. Namun, pikirkan bagaimana Anda akan bertahan dengan produk yang sama setelah promo tersebut berakhir. Misalnya, kuota internet, paket perawatan tubuh, dan sebagainya. Sebaiknya, siapkan dana lebih jika ingin tetap eksis dengan produk yang sama.

 

Berhematlah Sewajarnya

Berhemat memang perlu, tetapi berhematlah sewajarnya. Seperti yang telah diulas sebelumnya, jika ingin berhemat, lakukan penghematan dengan cermat. Jangan terlalu menekan pengeluaran yang justru akan membuat Anda semakin boros nantinya. Pertimbangkan pula kebutuhan apa saja yang akan Anda hemat agar pengeluaran lebih tertata rapi.

 

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual IPTEK | 17 Agustus 2018 - 12:07 WIB

Lindungi mata dari bahaya cahaya biru ponsel, ini tujuh caranya

Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 11:54 WIB

Novel: 17 Agustus harus jadi bahan introspeksi

Asian Games 2018 | 17 Agustus 2018 - 11:40 WIB

Kasum TNI: Asian Games strategis promosikan Indonesia

Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 11:13 WIB

Mataram rayakan HUT RI tanpa pengibaran bendera

Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 10:45 WIB

YLKI imbau konsumen waspada obat tradisional pasaran

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...

Kamis, 16 Agustus 2018 - 21:12 WIB

Saran ahli kesehatan untuk posisi tidur terbaik

Kamis, 16 Agustus 2018 - 19:10 WIB

Lima tips tidur nyenyak dan berkualitas

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:16 WIB

Pariwisata jadi andalan kebijakan penguatan devisa

Kamis, 16 Agustus 2018 - 12:03 WIB

Duduk lama, ini cara jaga tubuh tetap sehat dan bugar

elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com