Sabtu, 18 Agustus 2018 | 13:19 WIB

Daftar | Login

Macro Ad

Peristiwa / Musibah

Lima nelayan tenggelam di perairan Makassar ditemukan

Sabtu, 05 Mei 2018 - 19:39 WIB    |    Penulis : Angga Kusuma    |    Editor : Administrator
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2HUD7bU
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2HUD7bU

Elshinta.com - Sebanyak lima nelayan Kapal Motor Safinatun Naja yang tenggelam diperairan selat Makassar akhirnya ditemukan tim penyelamat Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) dalam kondisi selamat.

"Sudah ditemukan, dan kelimanya dalam keadaan selamat. Mereka ditemukan di dekat lokasi tenggelamnya kapal tersebut," sebut Kepala Seksi Operasi Basarnas Makassar, Basri saat dikonfirmasi, Sabtu (5/5).

Setelah berhasil ditemukan, lanjut dia, tim penyelamat langsung melakukan evakuasi ke Pelabuhan Rappa Baru, Kota Baru Kalimantan Selatan karena lebih dekat dari lokasi kejadian. Para korban ditemukan pada Sabtu, sekitar pukul 16.15 WITA, selanjutnya ditangani tim penyelamat untuk membawa ke tempat aman agar dilakukan perawatan mengingat kondisi korban dalam keadaan lelah.

Awalnya, Basarnas mendapatkan laporan dari warga bahwa ada kejadian kapal tenggelam di Perairan Makassar, sehingga tim langsung bergerak melakukan pertolongan dengan menjalankan satu buah kapal motor Antasena pada Jumat, sekitar pukul 23.00 WITA. "Setelah mendapatkan informasi kami langsung berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya seperti KSOP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta kepolisian untuk melakukan tindakan. Beruntung mereka ditemukan dalam keadaan selamat," katanya. seperti dilansir dari Antara.

Meski demikian, selama masa pencarian dilaksanakan malam tadi, tim juga berhasil menemukan alat pengangkut ikan yang masih mengapung, sehingga tanda itu dijadikan dasar untuk mencari para korban. Meski demikian pihaknya belum merilis nama-nama korban karena masih dalam perawatan. Sebelumnya, Kapal Nelayan KM Safinatun Naja hilang kontak pada Jumat, sekitar pukul 17.00 WITA ketika berada di perairan Selat Makassar sekitar 90 mil dari Ujung Lero, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dugaan kapal tersebut mengalami kebocoran hingga karam. Informasi tersebut diketahui saat istri salah satu awak kapal yakni Ramlah melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bahwa kapal yang ditumpangi suaminya mengalami masalah. Kapal Nelayan Safinatun Naja ini diketahui berangkat dari Pelabuhan Batulicin, Provinsi Kalimantan Selatan hendak menuju Kota Makassar untuk menjual ikan hasil tangkapan, namun naas mendekati kota kapal bermasalah hingga akhirnya tenggelam.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Dalam Negeri | 18 Agustus 2018 - 13:12 WIB

Wapres: Konstitusi sesuatu yang hidup dan dinamis

Megapolitan | 18 Agustus 2018 - 12:50 WIB

Polisi siapkan kantong parkir dan shuttle bus di sekitar GBK

Megapolitan | 18 Agustus 2018 - 12:37 WIB

8.000 personel amankan pembukaan Asian Games 2018

Megapolitan | 18 Agustus 2018 - 12:25 WIB

Sejumlah pintu tol mulai berlakukan buka tutup

Bencana Alam | 18 Agustus 2018 - 11:46 WIB

BPBD Bantul targetkan wilayah kekeringan berkurang

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com