Minggu, 22 Juli 2018 | 12:14 WIB

Daftar | Login

banner kuping banner kuping
Macro Ad

Luar Negeri / Amerika

Hawaii hadapi aliran lahar yang buruk dari gunung meletus

Sabtu, 12 Mei 2018 - 18:23 WIB    |    Penulis : Andi Juandi    |    Editor : Administrator
Erupsi gunung Kilauea, Hawaii. Sumber Foto: https://bit.ly/2IAVFBy
Erupsi gunung Kilauea, Hawaii. Sumber Foto: https://bit.ly/2IAVFBy

Elshinta.com  - Aliran lahar yang lebih merusak dapat segera menghantam Pulau Besar Hawaii ketika gunung berapi Kilauea meletus, menimbulkan ancaman yang lebih besar dari cairan magma yang menghancurkan puluhan rumah dan mengungsikan ribuan, demikian para ilmuwan, Jumat (11/5).

Saat danau lahar di puncak Kilauea mengalir di dalam gunung berapi, magma mengalir ke bawah tanah. Itu bisa menyembur ke permukaan sebagai aliran lahar yang besar, bergerak cepat dan sangat panas serta menghasilkan tingkat gas beracun yang lebih tinggi, demikian ilmuwan Pengamat Gunung Api Hawaii Tina Neal.

"Apa yang akan berubah menjadi buruk dalam hal bahaya adalah jika magma yang lebih panas dan segar naik ke permukaan, dan itulah yang akan terjadi," kata Neal dalam sebuah konferensi. "Begitu sejumlah magma baru yang lebih panas, mengandung gas sampai ke permukaan, kita mungkin akan melihat tingkat letusan yang lebih besar dan lebih tinggi," jelasnya.

Lima belas retakan besar atau celah telah terbuka di sisi timur Kilauea sejak gunung berapi itu meletus delapan hari yang lalu. Ventilasi vulkanik telah keluar relatif tenang, magma lamban yang tersisa dari peristiwa serupa pada 1955. Magma yang lebih baru sekarang bisa muncul di belakangnya.

Selain itu, Kilauea, salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, mengancam untuk memulai serangkaian letusan eksplosif dalam beberapa hari atau minggu, yang dapat membentuk awan besar kabut vulkanik, atau vog, dan melemparkan batu seukuran mobil kecil.

Para ahli geologi memperkirakan erupsi lahar baru terjadi di atau sekitar area perkebunan Leilani yang terkena dampak paling parah di Distrik Puna tenggara, sekitar 32 kilometer arah selatan Hilo, di mana 27 rumah telah hancur dan semua 1.900 penduduk telah dievakuasi.

Penduduk setempat mendapat peringatan pesan teks pada jam 11.0 waktu setempat, memperingatkan mereka bahwa mereka bisa memiliki sedikit atau tidak ada waktu untuk mengungsi jika terjadi erupsi di masa depan. "Kami mengatakan kepada orang-orang untuk merencanakan yang terburuk. Mereka harus memiliki Rencana A, Rencana B dan Rencana C," kata Roann Okomura, seorang pejabat wilayah yang membantu mengurus salah satu tempat penampungan yang disiapkan untuk pengungsi, demikian dirilis Antara dari Reuters.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Film | 22 Juli 2018 - 12:00 WIB

Ini film yang ditonton Elshinta bareng anak-anak

Aktual Dalam Negeri | 22 Juli 2018 - 11:53 WIB

KPK: Kalapas Sukamiskin sewakan kamar hingga Rp500 juta dan mobil

Aktual Pemilu | 22 Juli 2018 - 11:41 WIB

Golput berpotensi tinggi pada Pemilu 2019

Aktual Dalam Negeri | 22 Juli 2018 - 11:29 WIB

KPU ingatkan wajib miliki KTP-el pada Pemilu 2019

Aktual Dalam Negeri | 22 Juli 2018 - 11:15 WIB

Saudi tangani 4.000 ton sampah per hari selama musim haji

Aktual Dalam Negeri | 22 Juli 2018 - 10:56 WIB

BMKG ingatkan potensi hujan lebat di SBT

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com