Tujuan pembangunan berkelanjutan yang perlu diketahui oleh pemerintah daerah
Senin, 27 November 2017 - 19:15 WIB | Penulis : Administrator | Editor : Administrator
SDGs Center Unpad

Elshinta.com - 

Pada tanggal 25 September 2015, negara-negara anggota PBB mengangkat rangkaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 yang menyertakan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, atau Sustainable Development Goals (SDGs) dalam bahasa inggris. SDGs disusun berdasarkan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs), yang telah diupayakan dari tahun 2000 sampai 2015, dan akan memandu pencapaian tujuan global yakni pembangunan berkelanjutan hingga tahun 2030 nanti.

Terbentuknya SDGs merupakan suatu hal yang patut dirayakan oleh pemerintah daerah di seluruh dunia. Bahkan sebelum ditetapkannya 17 tujuan tersebut, inklusivitas dari proses Pasca-2015 sendiri telah merepresentasikan sebuah kemenangan bagi seluruh pemangku kepentingan.

PBB menyelenggarakan perundingan terbesar dalam sejarahnya untuk agenda Pasca-2015 ini. Selama proses tersebut, UCLG, yang memfasilitasi taskforce global bagi pemerintah daerah, mendorong untuk dibuatnya satu tujuan khusus terkait urbanisasi berkelanjutan dan mendesak agar seluruh tujuan dan target mempertimbangkan keberagaman konteks, peluang dan tantangan pada level sub-nasional.

Merupakan hasil dari perjuangan keras pemerintah daerah, asosiasi terkait dan juga komunitas urban. Tujuan 11 menandakan sebuah langkah besar menuju pengakuan terhadap kekuatan transformatif urbanisasi untuk pembangunan, dan peran pemimpin-pemimpin daerah untuk mendorong perubahan global secara bottom-up.

Akan tetapi, peran pemerintah daerah dalam pencapaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan ini jauh melebihi Tujuan 11. Seluruh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan memiliki target yang berhubungan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan keseharian pemerintahan daerah. Pemerintah daerah bukan sekedar pelaksana dari agenda pembangunan. Pemerintah daerah adalah pembuat kebijakan, katalis perubahan dan tingkat pemerintahan yang paling ideal untuk menghubungkan tujuan global dengan komunitas daerah.

Anggota-anggota UCLG berkomitmen untuk berkontribusi secara proaktif terhadap kemitraan global yang baru antara lembaga internasional, pemerintah nasional, masyarakat, sektor privat dan tentunya, pemerintah daerah. Kami akan terus menggunakan platform global untuk menyuarakan potensi daerah dalam mendukung pembangunan dan mengajak pemerintah daerah untuk memenuhi perannya dalam pencapaian agenda yang ambisius, universal, dan terpadu ini.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Rabu, 13 Februari 2019 - 18:59 WIB
Elshinta.com -Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation mengadakan laporan kinerja melalui Public Ex...
Senin, 03 Desember 2018 - 12:45 WIB
Elshinta.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas tengah menyusun roadm...
Rabu, 02 Mei 2018 - 11:23 WIB
Elshinta.com - Kemiskinan yang selalu ada di setiap negara menjadi salah satu fokus bagi S...
Minggu, 17 Desember 2017 - 21:14 WIB
Elshinta.com Kepeloporan Indonesia dengan kepemimpinan yang kuat dan inkusif menjalankan Tujuan ...
Senin, 27 November 2017 - 19:15 WIB
Elshinta.com -  Pada tanggal 25 September 2015, negara-negara anggota PBB mengangk...
Sabtu, 19 Maret 2016 - 20:09 WIB
Elshinta.com - Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) disingkat ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)