Sabtu, 23 Juni 2018 | 17:28 WIB

Daftar | Login

Gaya Hidup / Kuliner

Ini makanan-minuman penyebab sakit tenggorokan saat berpuasa

Senin, 21 Mei 2018 - 21:23 WIB    |    Penulis : Fajar Nugraha    |    Editor : Sigit Kurniawan
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2wULwLw
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2wULwLw

Elshinta.com - Masyarakat sebaiknya menghindari makanan dan minuman penyebab sakit tenggorokan seperti minuman dan makanan manis serta makanan bertekstur keras, kata dokter spesialis gizi klinik Fiastuti Witjaksono SpGK.

"Saat berpuasa tenggorokan kering, kalau makan makanan yang keras bisa menyebabkan luka di tenggorokan dan bisa menjadi infeksi oleh bakteri," kata Fiastuti yang juga Ketua Departemen Ilmu Gizi RS Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Jakarta, Senin (21/5).

Dilansir dari Antara, Fiastuti menjelaskan makanan dengan tekstur keras seperti gorengan berpotensi mengiritasi organ mulut dan tenggorok yang kering karena kekurangan cairan selama berpuasa. Dokter spesialis itu menganjurkan agar berbuka dengan makanan yang lembut dan bisa juga yang berkuah seperti sup, serta tidak dianjurkan berbuka dengan minuman yang dingin karena suhu cairan yang terlampau rendah bisa membuat stres organ mulut dan tenggorokan yang dapat meningkatkan risiko infeksi.

Fiastuti menyarankan agar tidak meminum minuman manis dan makanan yang terlalu manis di saat sahur. Selain minuman manis bisa menyebabkan lebih cepat haus dan lapar, kadar gula yang tinggi di dalam mulut apabila tidak dibersihkan dengan sempurna bisa menjadi sarang bakteri. Oleh karena itu bakteri di dalam mulut bisa lebih banyak pada orang yang berpuasa dibandingkan dengan yang tidak berpuasa. Bakteri yang menumpuk tersebut menyebabkan bau mulut dan bisa meningkatkan infeksi risiko.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Event | 23 Juni 2018 - 17:11 WIB

Shaqiri pastikan kemenangan Swiss 2-1 atas Serbia

Arestasi | 23 Juni 2018 - 16:35 WIB

Densus 88 tembak mati dua terduga teroris

Aktual Dalam Negeri | 23 Juni 2018 - 16:22 WIB

Pemerintah bentuk ad hoc selidiki KM Sinar Bangun

Ekonomi | 23 Juni 2018 - 16:10 WIB

Permintaan uang kartal libur Lebaran capai Rp2 triliun

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com