Selasa, 19 Juni 2018 | 02:17 WIB

Daftar | Login

Banner Lebaran Banner Lebaran
Top header banner

IPTEK / Aktual IPTEK

Langkah antisipasi serangan Malware VPNFilter

Rabu, 30 Mei 2018 - 08:49 WIB    |    Penulis : Dewi Rusiana    |    Editor : Administrator
Infografis langkah antisipasi serangan Malware VPNFilter. Sumber foto: https://bit.ly/2snScfT
Infografis langkah antisipasi serangan Malware VPNFilter. Sumber foto: https://bit.ly/2snScfT

Elshinta.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau setiap pengelola jaringan untuk mewaspadai potensi serangan malicious software (malware) bernama VPNFilter yang dapat merusak dengan menyusup ke sistem perangkat router. Menurut Kominfo, saat ini penyebaran malware masih dalam tahap 1 atau persistent loader, dari 3 tahap infeksi malware yaitu tahap 2 dan 3 (non persistent).  

"Meskipun belum ada laporan kerugian di Indonesia, karena baru tahap loading ke perangkat, jika tidak diantisipasi sedini mungkin akan dapat membuat perangkat yang sudah terinveksi malware Tahap 1, bisa diekploitasi, misalnya pencurian data kredensial, mematikan network, dan sejenisnya," papar Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza dalam keterangan tertulisnya, seperti diinformasikan melalui laman resmi Kominfo, Selasa (29/5). 

Kementerian Kominfo mengimbau agar setiap pengelola jaringan waspada karena malware itu sangat berbahaya. Jika sudah tertanam bisa dieksploitasi untuk berbagai kepentingan.

Noor Iza menjelaskan, langkah antisipasi yang harus dilakukan adalah melakukan update (patch) perangkat jaringan secepatmya dan melakukan reset perangkat untuk menghapus malware yang mungkin sudah menginfeksi perangkat.

Selain itu, sebutnya, bisa melakukan rekomendasi sebagai berikut untuk antisipasi:

  • Pengguna router SOHO dan/atau perangkat NAS meresetnya ke default pabrik dan melakukan boot ulang untuk menghapus malware yang berpotensi merusak pada tahap 2 non-persisten, dan tahap 3.
  • Penyedia layanan Internet yang menyediakan router SOHO ke pengguna mereka me-reboot router atas nama pelanggan mereka.
  • Jika ada perangkat yang diketahui atau diduga terkena ancaman ini, sangat penting bagi Anda untuk bekerja sama dengan pabrikan untuk memastikan bahwa perangkat Anda sudah diperbarui dengan versi patch terbaru. Jika tidak, Anda harus segera menerapkan patch yang diperbarui.
  • ISP bekerja secara agresif dengan pelanggan mereka untuk memastikan perangkat mereka ditambal ke versi firmware atau perangkat lunak terbaru.
  • Memasang atau meng-update rule pada Sistem Intrusion Detection System. Misalnya untuk IDS Snort bisa menggunakan: https://www.snort.org/rule_docs/1-45564, https://blog.snort.org/2018/05/snort-subscriber-rule-set-update-for_24.html?m=1 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Pilkada Serentak 2018 | 18 Juni 2018 - 21:53 WIB

KPU RI ingatkan pakta integritas harus dilaksanakan

Asia Pasific | 18 Juni 2018 - 21:45 WIB

Beijing batasi kendaraan bermotor

Aktual Dalam Negeri | 18 Juni 2018 - 21:26 WIB

90.000 kendaraan kembali lalui Jakarta-Cikampek

Bencana Alam | 18 Juni 2018 - 20:48 WIB

Warga ikut padamkan kebakaran hutan TNRAW

Kecelakaan | 18 Juni 2018 - 20:33 WIB

KM Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Minggu, 17 Juni 2018 - 13:49 WIB

Gmail baru pasang AI untuk notifikasi

Minggu, 17 Juni 2018 - 12:47 WIB

Instagram akan hapus fitur screenshot stories

elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com