Menkominfo: Teknologi baru tingkatkan inklusi keuangan
Sabtu, 02 Juni 2018 - 08:28 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Administrator
Menkominfo Rudiantara memberikan sambutan Peluncuran Paytren eMoney di Pondok Pesantren Daarul Quran Cipondoh, Tangerang, Banten, Jumat (1/6). Sumber foto: https://bit.ly/2LSF9vM

Elshinta.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan inisiatif teknologi baru dan cara baru dapat memperluas jangkauan akses layanan keuangan (inklusi keuangan) kepada masyarakat.

"Yang informal harus kita bisa dilakukan dengan cara baru dengan teknologi baru," katanya saat memberikan sambutan Peluncuran Paytren eMoney di Pondok Pesantren Daarul Quran Cipondoh, Tangerang, Banten, Jumat, demikian siaran perws Kementerian Kominfo yang dikutip Antara.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai indeks inklusi keuangan nasional pada tahun ke tahun terus meningkat signifikan. Sebagai perbandingan, pada 2017 lalu indeks inklusi keuangan mencapai 63 persen dan untuk tahun depan ditargetkan mencapai 75 persen. Guna memastikan target tersebut tercapai, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengharapkan inisiatif dan cara baru dalam memperluas jangkauan akses layanan keuangan kepada masyarakat.

Menkominfo mengapresiasi Paytren ePayment yang diluncurkan di Ponpes Daarul Quran yang dipimpin KH Yusuf Mansur. "Model Paytren ePayment ini salah satunya, jadi bapak ibu sekalian, sekali lagi saya sangat senang," katanya.

Menteri Kominfo mengapresiasi Paytren eMoney sebagai cara baru untuk membantu Pemerintah RI dalam meningkatkan inklusi keuangan. Ketika mengupas kondisi akses keuangan masyarakat Indonesia, Menteri Rudiantara menyatakan saat ini lebih kurang 90 juta orang Indonesia yang mempunyai akses keuangan resmi.

Menteri Kominfo menyebut teknologi ponsel bisa menjadi salah satu jalur atau sarana. "Kita punya setidaknya 230 juta orang Indonesia minimal yang punya satu ponsel. Itu adalah jalur bagi kita untuk meningkatkan inklusi keuangan," jelasnya.

Menurut Menteri Rudiantara tahun depan, Pemerintah menargetkan inklusi keuangan Indonesia menjadi 75 persen. "75 persen insyallah dari sisi infrastruktur tidak ada masalah, dimana pun yang namanya jaringan seluler, 4G dan lain sebagainya jauh di atas 75 persen," jelasnya.

Menteri Kominfo menegaskan kehadiran Paytren eMoney dan layanan sejenis akan dapat menjadi pendorong percepatan inklusi keuangan. "Jadi ini kesempatan emas bagi kita bagaimana kita sama-sama memanfaatkan paytren sebagai alat atau sarana untuk meningkatkan inklusi keuangan. Sebagai sarana atau alat bagi umat yang istilahnya un-bank untuk mendapatkan layanan keuangan," ungkapnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jumat, 11 Januari 2019 - 14:21 WIB
Elshinta.com - WhatsApp dikabarkan sedang membuat fitur Touch ID untuk otentikasi keamanan...
Kamis, 10 Januari 2019 - 19:13 WIB
Elshinta.com - Trimawariah mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya aplikasi antre...
Kamis, 03 Januari 2019 - 11:07 WIB
Elshinta.com - Aplikasi pesan WhatsApp telah mengakhiri dukungan untuk platform perangkat ...
Rabu, 26 Desember 2018 - 20:23 WIB
Elshinta.com - Facebook dikabarkan sedang mengembangkan mata uang kripto agar mengirim uan...
Rabu, 19 Desember 2018 - 16:22 WIB
Elshinta.com - Twitter baru saja mengumumkan bahwa telah menambahkan fitur baru di aplikas...
Selasa, 18 Desember 2018 - 19:57 WIB
Elshinta.com - Biro perjalanan daring (OTA) Traveloka enggan berkomentar mengenai kabar me...
Selasa, 18 Desember 2018 - 10:13 WIB
Elshinta.com - Internet memudahkan setiap orang mendapat informasi atau dikenal dengan ist...
Jumat, 14 Desember 2018 - 19:33 WIB
Elshinta.com - Platform agregator dan uang kembalian (cashback) untuk e-commerce, ShopBack...
Rabu, 12 Desember 2018 - 06:56 WIB
Elshinta.com - Facebook memperkenalkan Panduan Facebook dan Instagram bagi Politisi dan Pa...
Kamis, 06 Desember 2018 - 06:54 WIB
Elshinta.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika bisa saja membuka blokir terhadap me...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20151012/apc.so' - /usr/lib/php/20151012/apc.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: