Kamis, 16 Agustus 2018 | 11:45 WIB

Daftar | Login

banner kuping banner kuping
Macro Ad

Dalam Negeri / Pembangunan

Bekasi-Karawang-Purwakarta diarahkan jadi kawasan strategis nasional

Jumat, 08 Juni 2018 - 18:37 WIB    |    Penulis : Fajar Nugraha    |    Editor : Sigit Kurniawan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Sumber foto: https://bit.ly/2MbhC9A
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Sumber foto: https://bit.ly/2MbhC9A

Elshinta.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi membahas rencana pembentukan wilayah Bekasi, Karawang dan Purwakarta yang akan diarahkan sebagai kawasan strategis nasional untuk bidang ekonomi dan industri terpadu.

Turut hadir dalam rapat tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, perwakilan sejumlah kementerian/lembaga, pengusaha serta pemerintah daerah terkait.

"Jadi akan dibentuk satu kawasan agar mulai dari perencanaan tata ruangnya, perencanaan persediaan air dan pelayananannya itu akan terpadu," kata Asman ditemui seusai rapat di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat (8/6) dikutip Antara.

Menurut dia, pembentukan kawasan ekonomi industri terpadu Bekasi Karawang Purwakarta itu diperlukan untuk mempermudah investasi masuk dan terus berkembang di masa mendatang.

Terpisah, Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menjelaskan dalam rapat tersebut pemerintah mengarahkan agar tiga wilayah itu memiliki status sebagai kawasan strategis nasional. Pembentukan status khusus di kawasan tersebut lantaran kegiatan industri manufaktur di tiga wilayah itu memiliki kontribusi besar terhadap pendapatan nasional di sektor non migas. Belum lagi, lanjut dia, saat ini di situ sudah bercokol industri-industri berskala besar termasuk investor asing sehingga perlu upaya lebih keras untuk mempertahankan keberadaan mereka.

Kawasan tersebut nantinya juga akan diarahkan untuk bisa memanfaatkan Pelabuhan Patimban yang akan mulai beroperasi akhir kuartal pertama 2019 serta industri otomotif lainnya. "Jumlah lahan yang masih tersedia juga sekitar 45 persen, itu potensi ekonominya masih bisa digarap," katanya.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Dalam Negeri | 16 Agustus 2018 - 11:35 WIB

Capai kesejahteraan, pemerintah fokus pada UMKM dan masyarakat terbawah

Aktual Dalam Negeri | 16 Agustus 2018 - 11:25 WIB

Pemilu 2019, bersihkan diri dari polusi kebencian

Aktual Dalam Negeri | 16 Agustus 2018 - 11:12 WIB

Presiden: Kepercayaan rakyat sumber kekuatan lembaga negara

Pendidikan | 16 Agustus 2018 - 11:02 WIB

Pendidikan tangga raih kesejahteraan rakyat

Aktual Dalam Negeri | 16 Agustus 2018 - 10:54 WIB

Presiden ajak anak bangsa kembali pada semangat persatuan dan kepedulian

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com