Rabu, 15 Agustus 2018 | 15:48 WIB

Daftar | Login

banner kuping banner kuping
Macro Ad

Gaya Hidup / Kesehatan

Menkes ingatkan jaga kadar kolesterol saat Lebaran

Kamis, 14 Juni 2018 - 18:23 WIB    |    Penulis : Fajar Nugraha    |    Editor : Administrator
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2JUd3lI
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2JUd3lI

Elshinta.com - Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga asupan makan, terutama kadar kolesterol saat Lebaran atau Hari Raya Idul Iftri 1439 H mengingat banyak hidangan bersantan pada hari raya.

"Penyakit pascalebaran kolesterol naik, berat badan naik. Saat puasa turun 2 kilogram sehabis Lebaran naik 5 kilo, tolong hati-hati," kata Nila dalam keterangannya yang dihimpun Antara, di Jakarta, Kamis (14/6).

Tidak hanya kolesterol, kasus penyakit yang meningkat sesudah Lebaran juga termasuk diabetes melitus, hipertensi dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada anak akibat sering dibawa pergi dan menjadi batuk pilek, sedangkan untuk diare akibat terlalu rakus ketika makan. Menkes mengakui bahwa hidangan hari raya yang mengandung santan, kalori dan gula tinggi banyak disajikan dan disantap oleh masyarakat setelah berpuasa selama satu bulan penuh.

Nila mengingatkan agar masyarakat tetap berpedoman pada slogan "Isi Piringku" yang dikampanyekan pemerintah. "Isi Piringku" pengganti "4 Sehat 5 Sempurna" ini menyarankan agar porsi makan dalam satu piring berisi 50 persen sayur dan buah, 25 persen karbohidrat, dan 25 persen sisanya lauk pauk.

Jika bisa, Menkes Nila menyarankan agar masyarakat menjalankan sunnah puasa Syawal untuk mengerem asupan makanan tinggi kolesterol dan kalori di hari raya. "Itu bagus juga puasa selama enam hari, Lebaran hari kedua langsung puasa saja," kata Nila.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Sosbud | 15 Agustus 2018 - 15:14 WIB

MUI tunggu hasil investigasi praktik Kerajaan Ubur-ubur

Bencana Alam | 15 Agustus 2018 - 15:08 WIB

Dinsos Kediri kirim bumbu sambal pecel untuk korban gempa Lombok

Arestasi | 15 Agustus 2018 - 14:56 WIB

Polisi tangkap pelaku penipuan yang mengaku anggota KPK

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Senin, 13 Agustus 2018 - 09:31 WIB

Mitos seputar menyusui dan MPASI

Minggu, 12 Agustus 2018 - 19:36 WIB

Ini manfaat baik jangkrik untuk usus

elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com