Selasa, 17 Juli 2018 | 13:09 WIB

Daftar | Login

Macro Ad

Gaya Hidup / Aktual Gaya Hidup

Tips menghindari kejahatan saat berpergian sendiri

Sabtu, 16 Juni 2018 - 16:23 WIB    |    Penulis : Andi Juandi    |    Editor : Administrator
Ilustrasi. Sumber foto:  https://bit.ly/2lbuHDt
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2lbuHDt

Elshinta.com  -  Saat Anda akan melakukan perjalanan seorang diri, pasti akan merasa was-was dan takut akan adanya kejahatan di jalan. Oleh karena itu, cara menghindari kejahatan adalah hal yang harus Anda ketahui. Hal ini menjadi penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, terlebih lagi jika Anda adalah seorang wanita.

Berikut ini adalah cara menghindari kejahatan saat melakukan perjalanan sendiri, seperti dihimpun dari NTMPolri:

  • Memeriksa keadaan kendaraan yang akan digunakan

Sebelum Anda melakukan perjalanan, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan terhadap keadaan kendaraan Anda. Karena hal ini bisa digunakan para penjahat untuk melakukan aksinya. Ketika kendaraan Anda mengalami masalah, bisa saja para penjahat akan berpura-pura menolong Anda padahal sebenarnya sudah mengincar barang-barang atau bahkan kendaraan Anda.

  • Mempelajari cara untuk membela diri

Tidak ada salahnya untuk mempelajari teknik atau trik bela diri. Karena bisa saja suatu saat Anda akan membutuhkannya. Anda bisa mengikuti latihan bela diri atau mempersiapkan benda-benda untuk perlindungan diri.

  • Hati-Hati saat menggunakan taksi

Salah satu modus yang bisa digunakan oleh para penjahat sekarang adalah bekerjasama dengan sopir taksi yang mungkin cukup identik dengan modus pria saat PDKT (heheheh). Oleh karena itu, saat akan melakukan perjalanan dengan menggunakan taksi, sebaiknya Anda mencatat identitas pengemudi dan nomor pintunya serta buatlah status tentang kedua hal tersebut. Namun jika Anda ingin lebih aman, sebaiknya Anda menggunakan taksi yang dipesan dari perusahaan.

  • Mengetahui tempat yang dituju dengan jelas

Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat tujuan, sebaiknya Anda mencari tahu tentang hal tersebut. Cobalah untuk bertanya kepada orang-orang yang pernah kesana atau cari informasi dari internet. Jika memang disana banyak terjadi kejahatan, cari tahu pasti dimana tempat yang paling rawan.

  • Berikan kabar pada orang-orang sekitar

Saat Anda akan melakukan perjalana, sebaiknya Anda selalu memberitahukan kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda. Beritahukan mereka dengan jelas tempat tujuan Anda. Kalau perlu, gambarkan secara jelas tempat tujuan Anda saat Anda telah sampai disana.

  • Jangan terlau cepat percaya untuk menghindari kejahatan

Saat Anda sedang bicara dengan orang yang baru saja Anda temui, jangan pernah membicarakan hal-hal yang penting seperti nama lengkap, alamat rumah, tempat kerja ataupun nama keluarga. Karena mereka bisa menggunakan hal tersebut untuk melakukan kejahatan kepada Anda.

  • Selalu waspada

Setelah Anda memarkir kendaraan, jangan lupa untuk mengambil semua barang penting dan berharga yang disitu. Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kendaraan Anda telah terkunci dengan baik. Pastikan juga bahwa Anda mengingat tempat Anda memarkir kendaraan. Jika ingin menerima atau melakukan panggilan, pastikan bahwa Anda akan melihat keadaan sekeliling sebelum melakukannya. Kemudian, usahakan agar Anda selalu berada di tempat yang luas agar Anda bisa lebih mudah untuk melarikan diri.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Dalam Negeri | 17 Juli 2018 - 13:07 WIB

Wapres: KPK banyak pasien, BPKP tidak efektif

Politik | 17 Juli 2018 - 12:58 WIB

PWNU Jambi dukung Said Aqil jadi cawapres Jokowi

Politik | 17 Juli 2018 - 12:36 WIB

Gerindra-PKS-PAN susun rancangan kabinet sejak dini

Aktual Dalam Negeri | 17 Juli 2018 - 12:12 WIB

Menhub: Kendaraan bermuatan lebih akibatkan ekonomi biaya tinggi

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com