Selasa, 25 September 2018 | 17:06 WIB

Daftar | Login

kuping kiri paragames kuping kanan paragames
emajels

Dalam Negeri / Pendidikan

IPB perluas kerja sama pendidikan dengan Slowakia

Senin, 02 Juli 2018 - 08:24 WIB    |    Penulis : Angga Kusuma    |    Editor : Dewi Rusiana
Sumber foto: https://bit.ly/2w1r1N0
Sumber foto: https://bit.ly/2w1r1N0

Elshinta.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) terus memperluas kerja sama internasional dengan menggandeng sejumlah universitas, salah satunya di Slowakia.

Rektor IPB Dr Arif Satria, Minggu, mengatakan IPB telah melakukan serangkaian kesepakatan dengan lembaga pendidikan dan pusat penelitian dalam kunjungan pertamanya ke Slowakia.n "Kunjungan ke Slowakia berlangsung tanggal 29 Juni 2018, IPB melakukan penandatanganan MOU dengan Slovak University of Agriculture (SUA) di Nitra dan Slovak Academy of Science (SAS) di Bratislava," katanya.

Selain itu menandatangani nota kesepahaman, lanjutnya, dilakukan pula pertemuan dengan National Agriculture and Food Centre (NAFC) di Bratislava. Serangkaian kesepakatan dan pertemuan tersebut merupakan rangkaian kunjungan Rektor IPB ke berbagai universitas mitra IPB di kawasan Eropa.

Menurut Arif, kunjungan ini untuk mengembangkan kerja sama di bidang pendidikan, research and science atau penelitian dan ilmu pengetahuan. "Selain itu, untuk pengembangan biji gandum tropis dan laboratorium agar produk ekspor Indonesia dapat sesuai dengan standar internasional," katanya.

Menurutnya, kunjungan IPB ke Slowakia disambut baik oleh Dubes RI untuk Slowakia H.E. Adiyatwidi Adiwoso. Kunjungan yang pertama kali ini, berhasil tercapai beberapa kesepakatan dengan mitra di Slowakia. Arif menegaskan, kesepakatan tersebut harus dapat diimplementasikan secara nyata. KBRI akan senantiasa membantu pengembangan kerja sama antar lembaga pendidikan karena merupakan salah satu mandat dari Sembilan Prioritas Kerja Sama Bilateral antara Indonesia-Slowakia.

Menurutnya, IPB melihat peluang untuk pengembangan kerja sama di bidang researcher/scholar exchange, joint research atau seminar, maupun publikasi. Isu yang dikerjasamakan, lanjutnya, juga tidak hanya mengenai pertanian tetapi juga biomedical research, social research yang berkaitan dengan lingkungan yang berkelanjutan.

Ia mengatakan, SUA adalah satu-satunya perguruan tinggi di Slowakia yang mengkhususkan pada bidang pertanian dan memiliki fasilitas pusat kajian atau research centre yang sangat modern dan lengkap.

Sementara SAS adalah badan riset utama pemerintah Slowakia yang membidangi tiga area riset yaitu yang berkaitan dengan mahluk hidup (life, chemical, medical and environmental science), non mahluk hidup (physical, earth & space, and engineering sciences), dan social sciences and humanities.

Sedangkan NAFC merupakan badan riset resmi pemerintah Slowakia, namun khusus untuk pengembangan teknologi dan inovasi terkait kualitas dan keamanan makanan, peningkatan hasil pertanian dan peternakan, dampak pertanian terhadap lingkungan, dan aplikasi tiset pertanian dan makanan kepada publik, demikian Antara.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Dalam Negeri | 25 September 2018 - 17:02 WIB

Sebanyak 51 orang terima Anugerah Kebudayaan dari Kemendikbud

Aktual Dalam Negeri | 25 September 2018 - 16:48 WIB

Tim Jokowi - Ma'ruf persiapkan jadwal kampanye

Aktual Dalam Negeri | 25 September 2018 - 16:45 WIB

60 anak di Kota Kupang, NTT ikut sunatan massal

Aktual Dalam Negeri | 25 September 2018 - 16:33 WIB

DPRD sesalkan sikap Pemko Medan atas nasib ratusan pedagang eks Pasar Aksara

Aktual Dalam Negeri | 25 September 2018 - 16:26 WIB

Aksi, penarik bentor tuntut legalitas operasi

Konsultasi | 25 September 2018 - 16:23 WIB

Inilah beberapa aplikasi teknologi yang bermanfaat bagi para petani

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...

Selasa, 25 September 2018 - 16:48 WIB

Tim Jokowi - Ma'ruf persiapkan jadwal kampanye

Selasa, 25 September 2018 - 16:45 WIB

60 anak di Kota Kupang, NTT ikut sunatan massal

Selasa, 25 September 2018 - 16:26 WIB

Aksi, penarik bentor tuntut legalitas operasi

elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com