Sabtu, 21 Juli 2018 | 07:08 WIB

Daftar | Login

banner kuping banner kuping
Macro Ad

Dalam Negeri / Aktual Dalam Negeri

Karhutla di Aceh Barat meluas

Selasa, 10 Juli 2018 - 10:24 WIB    |    Penulis : Devi Novitasari    |    Editor : Administrator
Sumber foto: https://bit.ly/2J9zuyZ
Sumber foto: https://bit.ly/2J9zuyZ

Elshinta.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, masih terjadi dan pesebaran titik api ditemukan pada dua wilayah kecamatan hingga mendekati perumahan penduduk.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Selasa (10/7) melaporkan Karhutla sudah terjadi di Kecamatan Arongan Lambalek, sebelumnya hanya terjadi di dua lokasi dalam wilayah Kecamatan Johan Pahlawan.

"Kebakaran lahan gambut dan hutan semak di wilayah Desa Seuneubok yang berbatasan dengan Desa Lapang, telah berdampak kepada warga yang menempati empat unit rumah, dayah/pesantren, serta SMP IT yang berada di lingkungan sekitar. Kemudian, pesebaran titik api juga ditemukan di lahan gambut wilayah Desa Seuneubok Dalam, Kecamatan Arongan Lambalek, masih terus dilakukan upaya pemadaman oleh pihak terkait, beruntung tidak ada permukiman warga yang dekat dari lokasi Karhutla," ujarnya.

Tim gabungan BPBD, TNI, Polri sejak dua hari terakhir dikerahkan melakukan upaya pemadaman titik api dengan armada pemadam kebakaran, namun pesebaran titik api masih terus terjadi karena tidak bisa padam total disebabkan cuaca panas diperparah tiupan angin.

M Nasir, salah seorang warga mengatakan, api sejak Sabtu (7/7) siang terus membesar dan merambat hingga mendekati rumah warga sehingga beberapa keluarga diantaranya sudah mengangkat barang untuk mengungsi keluar permukiman.

"Kemarin itu apinya jauh, tapi karena panas rupanya terus menyebar hingga dekat rumah. Ya terpaksa kami harus angkat barang takut terbakar rumah nanti, apalagi asapnya sudah masuk rumah, bahaya," katanya sebagai salah satu kelurga terdampak Karhutala itu.

dikutip dari laman Antara, karhutla juga terjadi wi wilayah Desa Ujong Tanoh Darat, Kecamatan Meureubo, tidak kurang dari dua hektare lahan gambut terbakar, tampak bara api dari sisa terbakarnya pohon, api sejak Sabtu (7/7) semakin menyebar luas hingga mulai merambat ke perkebunan karet milik warga.

Di lokasi tersebut, banyak pohon tumbang yang sudah kering di lahan itu, yang diperkirakan yang membuat api semakin mudah membesar dan menyebabkan api semaki menyebar dengan cepat, ranting-ranting kayu yang ikut terbakar dalam seketika menjadi abu.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Olahraga | 21 Juli 2018 - 06:49 WIB

Peter Sagan juara etape ke-13 Tour de France

Aktual Dalam Negeri | 21 Juli 2018 - 06:38 WIB

Ketua DPR: Cegah rencana penjualan aset Pertamina

Musibah | 21 Juli 2018 - 06:26 WIB

Damkar Jakarta Utara evakuasi korban keracunan gas

Aktual Sepakbola | 21 Juli 2018 - 06:15 WIB

Mane ganti nomor punggung 10 di Liverpool

Pileg 2019 | 20 Juli 2018 - 21:30 WIB

PKB: Menteri jadi caleg tidak ganggu kinerja kementerian

Sosbud | 20 Juli 2018 - 21:19 WIB

KPPPA: Anak cermin keberhasilan-kegagalan orang tua

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com