Sabtu, 22 September 2018 | 03:37 WIB

Daftar | Login

kuping kiri paragames
emajels

Dalam Negeri / Aktual Dalam Negeri

Indonesia perlu generasi kaya konsep untuk bisa bersaing

Selasa, 10 Juli 2018 - 13:47 WIB    |    Penulis : Angga Kusuma    |    Editor : Sigit Kurniawan
Menteri Sosial Idrus Marham. Sumber foto: https://bit.ly/2C1ml7y
Menteri Sosial Idrus Marham. Sumber foto: https://bit.ly/2C1ml7y

Elshinta.com - Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham mengatakan bangsa Indonesia membutuhkan generasi muda yang kaya konsep, ide dan gagasan sebagai modal untuk bersaing.

"Bangsa kita daya saing kurang, jadi tidak percaya diri karena tidak mempunyai modal. Apa yang dibutuhkan, adalah lahirnya generasi yang kaya konsep, gagasan maupun ide," katanya, di Medan, Selasa (10/7).

Hal itu disampaikan Mensos saat memberikan kuliah umum pada Rapat Kerja Nasional IX dan studium generale Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI). Di hadapan para mahasiswa, Mensos yang juga pernah menjadi aktivis mengaku kehadirannya di acara tersebut mengingatkan masa-masa saat ia menjadi aktivis kampus. "Yang saya kedepankan konsep, siapa yang punya ide dia yang maju ke depan," katanya.

Dia mengatakan ketika bangsa tidak tercerahkan maka dalam persaingan itu cenderung memunculkan simbol-simbol primordialisme, agama dan etnis. "Itulah sebabnya di Pilkada - Pilkada yang muncul ketika kualitas tidak ada maka muncul primordialisme, bisa muncul uang menimbulkan serangan fajar dan lain-lain. Jika bersaing dengan kemampuan dan kualitas diri maka itulah yang fair," ujar Mensos.

Disamping modal konseptual yang harus disadari juga adalah kebersatuan dalam keberagaman yang tidak hanya ada dalam pikiran atau dalam hati, tetapi harus dalam perilaku dan sehari-hari. Dalam kehidupan berbangsa bagaimana mengubah kondisi bangsa yang banyak dipengaruhi psikososial politik sehingga muncul primordialistik harus diubah menjadi rasionalistik politik. "Peran mahasiswa bagaimana agar Pancasila ada dalam tindakan bukan hanya dalam pikiran," tandas Mensos, demikian Antara.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Peristiwa Hari Ini | 22 September 2018 - 00:01 WIB

Merpati Nusantara Airlines pecah ban di Bali

Aktual Dalam Negeri | 21 September 2018 - 22:07 WIB

Relawan Buruh Sahabat Jokowi dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Kriminalitas | 21 September 2018 - 21:33 WIB

Polisi amankan 12 pelaku curanmor di Bojonegoro

Aktual Dalam Negeri | 21 September 2018 - 21:25 WIB

Tolak kekerasan di Bengkulu, HMI geruduk DPRD Malang

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com