Sabtu, 22 September 2018 | 03:40 WIB

Daftar | Login

kuping kiri paragames
emajels

Dalam Negeri / Pembangunan

Iriawan prioritaskan pembebasan lahan pembangunan Tol Cisumdawu

Kamis, 12 Juli 2018 - 13:55 WIB    |    Penulis : Fajar Nugraha    |    Editor : Dewi Rusiana
Pembangunan Tol Cisumdawu. Sumber foto: https://bit.ly/2L9sOpD
Pembangunan Tol Cisumdawu. Sumber foto: https://bit.ly/2L9sOpD

Elshinta.com - Penjabat Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan mengatakan persoalan pembebasan lahan menjadi prioritas pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) karena hingga saat ini masih ada beberapa seksi yang masih membutuhkan pembebasan lahan.

"Tentunya kami berharap pembangunan proyek jalan Tol Cileunyi -Sumedang- Dawuan atau Cisumdawu tidak melebihi target waktu yang telah ditentukan. Dan pembangunannya terus digenjot serta pembebasan lahan jadi prioritas," kata Iriawan dalam siaran persnya, Kamis (12/7) dikutip Antara.

Iriawan memberi contoh masalah pembebasan lahan Tol Cisumdawu pada seksi dua fase II (Ciherang- Sumedang) sepanjang 10,70 kilometer, baru 88,47 persen tanah yang bebas. Dalam hal ini, pergantian lahan milik TNI berupa jalan, tengah dalam proses. Adapun target pengadaan lahan yakni bulan September 2018 dengan nilai kontrak mencapai Rp3.485.999.660.965.

Sementara itu, pada seksi satu fase III (Cileungi-Rancakalong) sepanjang 11,45 kilometer progres tanah bebasnya baru mencapai angka 37,43 persen. Lahan bebas di dua desa sepanjang kurang lebih 1,7 kilometer siap dilaksanakan konstruksi.

Ia mengatakan sebagai upaya tindak lanjut, pada seksi dua fase II, tepatnya pada pembebasan lahan 'main road', dimana terdapat 70 bidang lahan yang belum bebas dari 1.100 bidang lahan. "Proses pembebasan lahan 70 bidang tanah akan segera dilakukan konsinyasi," ujar Iriawan.

Adapun, pembebasan lahan di desa Girimukti, Sinarmulya, Mulyasari, Sukamaju, Margamukti, sedang dalam proses pengukuran.

"Status saat ini PPK Lahan telah mendaftarkan lima desa tersebut ke BPN Kabupaten Sumedang. Di sini dibutuhkan koordinasi dengan BUJT untuk kepastian ketersediaan anggaran guna pembebasan di lima desa tersebut," katanya.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Peristiwa Hari Ini | 22 September 2018 - 00:01 WIB

Merpati Nusantara Airlines pecah ban di Bali

Aktual Dalam Negeri | 21 September 2018 - 22:07 WIB

Relawan Buruh Sahabat Jokowi dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Kriminalitas | 21 September 2018 - 21:33 WIB

Polisi amankan 12 pelaku curanmor di Bojonegoro

Aktual Dalam Negeri | 21 September 2018 - 21:25 WIB

Tolak kekerasan di Bengkulu, HMI geruduk DPRD Malang

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com