Ketua MPR: Indonesia kuat jika bangsanya bersatu
Jumat, 13 Juli 2018 - 06:26 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Administrator
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Sumber foto: https://bit.ly/2JgqdFe

Elshinta.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan negara Indonesia dapat menjadi kuat jika bangsanya sepakat untuk kembali pada cita-cita kemerdekaan Indonesia yakni bersatu.

"Jika bangsa Indonesia bersatu dan menjunjung tinggi persatuan, maka bangsa Indonesia bisa berdaulat. Dalam kedaulatan itulah tercipta keadilan," kata Zulkifli Hasan dalam pidatonya pada acara "Silaturrahmi Syawal 1439 H" di kantor Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), di Jakarta, Kamis (12/7) malam.

Zulkifli Hasan pada kesempatan tersebut mengajak seluruh komponen bangsa Indoneia untuk beratu, menjunung tinggi persatuan, serta mengutamakan keadilan. Bangsa Indoneia, kata dia, setelah bersatu akan tercipta keadilan dan setelah adil baru kemudian, bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya yang maju. "Dari semua itu, maka keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia otomatis akan tercipta," tambahnya.

Zulkifli menegaskan, untuk mewujudkan persatuan, kedaulatan, dan keadilan, ada empat syarat yang harus dijadikan landasan operasional. "Jika empat hal itu dijalani maka Indonesia akan aman", tuturnya.

Keempat syarat tersebut, pertama, bangsa ini bersumpah untuk melindungi seluruh tumpah darahnya. Kedua, bangsa ini harus berpihak kepada rakyatnya. "Dengan bersatu maka rakyat akan berdaulat. Kedaulatan itu tidak bisa ditawar tawar,"katanya.

Ketiga, bangsa ini harus mencerdaskan kehidupan bangsanya. Dalam konteks ini, kata dia, seluruh rakyat Indoneia harus mendapatkan pendidikan. "Tidak boleh ada anak Indonesia yang tidak sekolah. Kalau bangsa ini cerdas maka tidak kalah dengan bangsa lain," katanya. 

Keempat, bangsa ini harus mensejahterakan rakyatnya dan ikut menjaga ketertiban dunia. "Jika bangsa Indonesia melaksanakan keempat landasan operasional tersebut maka Indonesia akan maju dan jaya," katanya optimistis.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan mengajak kepada LDII untuk ikut menjaga persatuan bangsa di tahun politik agar tepat aman dan damai. "Pilihan boleh berbeda tapi seluruh komponen bangsa Indonesia harus tetap bersaudara," katanya, demikian Antara.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Selasa, 23 April 2019 - 09:57 WIB
Elshinta.com - Kementerian Agama Sumatera Selatan masih menunggu keputusan pusat terkait a...
Selasa, 23 April 2019 - 08:59 WIB
Elshinta.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan persiapan seluruh moda transpo...
Selasa, 23 April 2019 - 07:31 WIB
Elshinta.com - Bersamaan dengan peringatan Hari Bumi yang jatuh pada Senin, 22 April 2019,...
Selasa, 23 April 2019 - 06:37 WIB
Elshinta.com - Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Desa Belambangan, Kecamatan Pengan...
Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB
Elshinta.com - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menjenguk Aiptu Martin Semb...
Senin, 22 April 2019 - 18:16 WIB
Elshinta.com - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengimbau seluruh...
Senin, 22 April 2019 - 17:32 WIB
Elshinta.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, moda darat dan ...
Senin, 22 April 2019 - 16:35 WIB
Elshinta.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh pemangku kep...
Senin, 22 April 2019 - 16:24 WIB
Elshinta.com - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menunggu hasil investigasi di lapan...
Senin, 22 April 2019 - 14:36 WIB
Elshinta.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar rapat koordinasi kesiapan angk...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)