Senin, 24 September 2018 | 17:39 WIB

Daftar | Login

kuping kiri paragames kuping kanan paragames
emajels

Luar Negeri / Amerika

Trump anggap Putin `saingan`, bukan musuh

Jumat, 13 Juli 2018 - 08:44 WIB    |    Penulis : Angga Kusuma    |    Editor : Administrator
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sumber foto: https://bit.ly/2Jjg1M8
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sumber foto: https://bit.ly/2Jjg1M8

Elshinta.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Kamis, menggambarkan Presiden Rusia Vladimir Putin lebih sebagai "saingan" daripada "musuh".

Trump juga mengatakan ia berharap mereka bisa berhubungan dengan baik ketika keduanya melakukan pertemuan puncak untuk pertama kalinya pada pekan depan. Ketika berbicara sebelum meninggalkan Brussel setelah bertemu para pemimpin NATO, Trump mengulang pernyataan bahwa pertemuannya dengan Putin kemungkinan akan menjadi bagian termudah dari rangkaiannya kunjungannya.

Lawatan Trump termasuk menghadiri pertemuan puncak persekutuan militer negara-negara Barat itu serta kunjungan ke Inggris. "Menurut saya, kami akan berhubungan baik. Tapi pada akhirnya ia adalah saingan. Dia mewakili Rusia. Saya mewakili Amerika Serikat. Jadi sebenarnya kami merupakan saingan, bukan masalah teman atau musuh. Dia bukan musuh saya," kata Trump, seperti dilansir Reuters.

"Mudah-mudahan suatu hari, mungkin dia akan jadi teman. Itu bisa saja terjadi tapi saya tidak mengenal dia dengan baik."

Ketika diajukan pertanyaan, Trump menghindarkan diri dari mengkritik soal pencaplokan Krimea pada 2014 Rusia atau menyebut Putin sebagai ancaman. "Saya tidak mau dia seperti itu, dan, menurut saya, karena itu lah kita punya NATO."

Presiden AS itu dijadwalkan mengadakan pertemuan empat mata dengan Putin pada Senin di Helsinki. Beberapa diplomat NATO mengatakan pertemuan itu akan menjadi ujian sesungguhnya atas komitmen Trump kepada persekutuan Barat tersebut.

Tiga pejabat tinggi AS mengatakan kepada Reuters seperti dikutip Antara bahwa tidak ada seseorang pun di Pentagon, termasuk Menteri Pertahanan Jim Mattis, tahu apa yang kemungkinan akan dikatakan Trump di Helsinki.

Sejumlah pejabat Eropa mengatakan secara tertutup bahwa mereka khawatir Trump akan menyatakan keinginan untuk memangkas latihan militer di Eropa atau mengurangi jumlah pasukan, persis seperti ketika ia secara tiba-tiba menghentikan latihan di Korea setelah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bulan lalu.

Trump tidak membesar-besarkan harapan soal pembicaraannya dengan Putin. Trump mengatakan dirinya tidak mencari hasil kuat namun akan menyatakan ketidaksetujuannya soal Suriah, Ukraina serta tudingan bahwa Rusia mencampuri politik AS.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Pemilu | 24 September 2018 - 17:34 WIB

1.500 personel TNI/Polri ikuti apel gabungan pengamanan Pemilu 2019

Sosbud | 24 September 2018 - 17:23 WIB

Wakapolres Langkat lepas polisi santri gelombang XV

Aktual Pemilu | 24 September 2018 - 17:12 WIB

Kapolri akan tindak tegas pelaku `black campaign` Pemilu 2019

Timnas Indonesia | 24 September 2018 - 17:10 WIB

Ernando yakin bisa raih point penuh dari Vietnam

Hukum | 24 September 2018 - 16:50 WIB

Polda Metro Jaya periksa dua saksi terkait vandalisme MRT

Arestasi | 24 September 2018 - 16:38 WIB

10 tahanan kabur dari Kepulauan Seribu berhasil ditangkap

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...

Senin, 24 September 2018 - 07:18 WIB

Wapres JK di New York hadiri Sidang Majelis Umum PBB

Minggu, 23 September 2018 - 18:48 WIB

Komnas HAM Malaysia tolak perkawinan sejenis

Minggu, 23 September 2018 - 16:38 WIB

Ratusan ribu orang terjebak tanpa listrik di Ottawa

Sabtu, 22 September 2018 - 14:38 WIB

Permainkan harga, 34 manajer toko Venezuela dipenjara

elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com