Selasa, 18 September 2018 | 23:27 WIB

Daftar | Login

kuping kiri paragames kuping kanan paragames
emajels

/ Peluang

Inilah potensi bisnis di kawasan wisata yang patut anda coba

Kamis, 09 Agustus 2018 - 09:17 WIB    |    Penulis : Syahid    |    Editor : Administrator
Sumber foto: https://bit.ly/2OUjOUg
Sumber foto: https://bit.ly/2OUjOUg

Elshinta.com -  Industri pariwisata merupakan salah satu sektor industri yang berperan cukup besar bagi penerimaan devisa negara. Selain menyumbang devisa, industri pariwisata juga mampu menyerap tenaga kerja dan pelaku usaha yang terkait dengannya.  Beruntungnya, Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam yang banyak digemari sebagai tujuan wisata. Selain itu, negara kita juga memiliki sejumlah bangunan berserjarah seperti Candi Borobudur yang menarik wisatawan baik di dalam maupun di luar negeri. 

Sementara itu, tempat-tempat pariwisata menyimpan potensi bisnis yang beragam yang bisa kita manfaatkan. Apabila Anda berniat untuk membuka usaha di tempat wisata, ada baiknya Anda menyimak beberapa peluang bisnis berikut ini. 

Bisnis tour guide

Untuk Anda yang mempunyai keterampilan berbahasa asing, bisa mencoba peluang usaha menjadi penerjemah untuk wisatawan dari luar negeri. Keberadaan profesi ini sangat dibutuhkan bagi wisatawan yang datang dari mancanegara. 

Tidak hanya bahasa Inggris, bagi Anda yang mempunyai keterampilan dalam bahasa lain seperti bahasa Mandarin pun bisa mencoba peruntungan mengingat wisatawan dari negara-negara berbahasa Mandarin juga cukup tinggi. 

Baca jugaTips usaha restoran berkonsep tradisional

Untuk menjajalankan bisnis ini, ada baiknya bila Anda juga mempelajari seluk beluk daerah wisata yang ingin Anda garap sebagai lahan bisnis. Misalnya Anda mau fokus untuk memandu wisatawan luar negeri yang ke Borobudur, maka Anda pun harus memahami seluk belum Candi Borobudur.

Bisnis penginapan

Bisnis penginapan menjadi bisnis yang sangat dicari bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Untuk bisnis ini tak melulu soal hotel kelas melati atau hotel mewah. Rumah pribadi pun sekarang bisa menjadi lahan bisnis bila itu berada di lokasi yang dekat dengan daerah wisata. 

Anda bisa memulainya dengan membuat blog atau website yang berisikan informasi tentang luas, fasilitas, lokasi dan jarak dengan tempat wisata di sana. Selain itu, Anda bisa mendaftar di website marketplace untuk sewa penginapan seperti Airbnb. Di website tersebut, orang-orang dari seluruh dunia bisa melihat rumah yang Anda sewakan dengan mudah.

Bisnis oleh-oleh khas daerah

Oleh-oleh menjadi potensi bisnis lain yang bisa digarap dari sektor pariwisata. Oleh-oleh tersebut dapat berupa aneka makanan tradisional, kerajinan tangan, kaos bertema ikon daerah atau aneka cindermata lainnya. 

Dalam bisnis ini, ada dua opsi yang dipilih. Anda bertindak sebagai produsen, atau membuka toko yang menjual oleh-oleh dari beragam UKM di daerah tersebut. Potensi bisnis oleh-oleh khas daerah wisata ini menarik untuk dijalani karena itu sudah seperti kebutuhan bagi wisatawan. 

Bisnis Sewa Kendaraan

Sewa kendaraan menjadi bisnis yang cukup menggiurkan untuk dijalani. Keberadaan sarana transportasi dibutuhkan wisatawan untuk berpindah-pindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata yang lainnya. Mobil pribadi atau motor bisa Anda tawarkan kepada wisatawan dengan tarif tertentu. 

Sama seperti halnya pada bisnis sewa penginapan, bisnis ini cukup efektif bila dipromosikan melalui internet. Selain itu, Anda pun bisa bekerjasama dengan pihak hotel yang dapat membantu wisatawan yang datang ke hotelnya mencari kendaraan. 

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Hukum | 18 September 2018 - 21:50 WIB

Farhat Abbas dilaporkan ke Bareskrim dugaan ujaran kebencian

Lingkungan | 18 September 2018 - 21:38 WIB

Pertamina kembangkan transplantasi terumbu karang buatan

Pembangunan | 18 September 2018 - 21:27 WIB

Bursa Inovasi Desa jadi alternatif pembangunan

Sosbud | 18 September 2018 - 21:16 WIB

Pangdam I/BB serahkan piagam ke peserta lomba HUT TNI

Aktual Dalam Negeri | 18 September 2018 - 20:58 WIB

Tanggapi keluhan warga, Ridwan Kamil luncurkan JabarQR

Aktual Dalam Negeri | 18 September 2018 - 20:45 WIB

Pansus LPj 2017 endus maraknya papan reklame bodong di Medan

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...

Senin, 17 September 2018 - 18:45 WIB

Bagaimana orang sukses mengatur uang mereka

Jumat, 14 September 2018 - 11:38 WIB

Ini cara yang baik hadapi komplain dari konsumen

Jumat, 14 September 2018 - 10:37 WIB

Bagaimana membuat advertorial untuk produk?

elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com