RUU Daerah Kepulauan masuk tahap pembentukan Pansus di DPR RI
Sabtu, 11 Agustus 2018 - 16:28 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Administrator
Istimewa. Foto: Redaksi

Elshinta.com - DPR RI bersama DPD RI dan Badan Kerjasama 8 Provinsi Kepulauan, telah membahas, percepatan pembahasan dan pengesahan Rancangan Undang-Undang Daerah Kepulauan untuk segera dapat menjadi undang-undang yang definitif. Adapun rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Dalam kesempatan itu, anggota DPR RI Fraksi PDIP Mercy Chriesty Barends mengatakan, platform RUU Daerah Kepulauan harus dipandang setara dengan UU Otsus Papua. Karena, lanjut dia, tujuannya untuk mengatasi kesenjangan pembangunan akut antara wilayah yang berbasis kontinental dengan yang berbasis kepulauan. 

"RUU ini mestinya dipandang sebagai kebijakan afirmasi dalam kurun waktu tertentu untuk mengatasi ketertinggalan dan kemiskinan di wilayah kepulauan akibat kebijakan anggaran yang tidak adil," ucap Mercy dalam keterangannya, Sabtu (11/8), seperti dalam rilis yang diterima Redaksi Elshinta.

Selain itu, masih kata wanita dari Dapil Maluku itu, dengan mempertimbangkan Prinsip Kelautan, maka laut harus dihitung sebagai wilayah penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Sehingga membutuhkan stimulus anggaran khusus untuk mengatasi kesenjangan pembangunan. Misalnya 1 persen dari total dana transfer DAU nasional ke masing-masing provinsi kepulauan.

"Jadi diperkirakan masing-masing provinsi bisa mendapat tambahan anggaran. Sebagai contoh dana otsus Papua dan Papua Barat berasal dari 2 persen DAU secara nasional, maka tahun 2018 dengan DAU naik. Selain itu pengelolaan SDA laut di atas 30 mil laut, seluruh penerimaannya menjadi milik negara. Maka urusan pengelolaan hasil laut patut diperhitungkan kembali, agar memberi dampak kesejahteraan bagi daerah-daerah kepulauan," ungkap Mercy.

Selain itu, lanjut dia, asas penerimaan beban dan dampak, terutama dari eksploitasi SDA laut sudah pasti yang menerima duluan beban dan dampak terbesar adalah daerah-daerah kepulaua. Misalnya hancurnya wilayah pesisir, over fishing, pengembangan kawasan industri di pulau-pulau kecil tanpa mempertimbangkan daya dukung pulau. 

"Terhadap RUU Daerah Kepulauan, Fraksi PDI Perjuangan memberi dukungan dan mengawal terus lewat lobby lintas fraksi dan ke pemerintah," tukasnya.

Sebelum menutup, pimpinan Fahri Hamzah, menegaskan, DPR RI sementara ini memproses dan akan menetapkan Pansus RUU Daerah Kepulauan segera. 4 fraksi sudah menyampaikan nama nama anggota pansus (Fraksi PDIP, Fraksi PPP, Fraksi Hanura dan Fraksi Nasdem) selanjutnya masih menunggu 6 fraksi lagi. Dalam Rapat Pimpinan DPR beberapa hari kedepan, hasil pertemuan hari ini akan diangkat untuk diteruskan ke Bamus. Dan diharapkan, sebelum berakhirnya masa tugas DPR RI periode 2014-2019 RUU Daerah Kepulauan telah disahkan dan ditetapkan sebagai Undang Undang yang definitif.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Selasa, 18 Desember 2018 - 18:42 WIB
Elshinta.com - Sebanyak 23.572 keping KTP elektronik dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan d...
Selasa, 18 Desember 2018 - 18:35 WIB
Elshinta.com - Ketua Umum Asosiasi Pedagang dan Petani Tanaman Pangan Dan Hortikultura Ind...
Selasa, 18 Desember 2018 - 17:35 WIB
Elshinta.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kasad Jenderal TNI Andi...
Selasa, 18 Desember 2018 - 17:24 WIB
Elshinta.com - Bandara Syamsudin Noor menggelar event tahunan sebagai program untuk menutu...
Selasa, 18 Desember 2018 - 17:05 WIB
Elshinta.com - Guna mengantisipasi kemacetan di jalur wisata Surabaya - Malang pada libur ...
Selasa, 18 Desember 2018 - 16:27 WIB
Elshinta.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII Maluku–Papua m...
Selasa, 18 Desember 2018 - 16:07 WIB
Elshinta.com - Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2017 menunjukkan bahwa angka perkawinan an...
Selasa, 18 Desember 2018 - 15:27 WIB
Elshinta.com - Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Rerpublik Indonesia (PMKRI) Cabang Jay...
Selasa, 18 Desember 2018 - 15:15 WIB
Elshinta.com - Ketua KPU Arief Budiman, mengatakan KPU  telah  siap menyelenggar...
Selasa, 18 Desember 2018 - 14:23 WIB
Elshinta.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meluncurkan Geraka...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)