Sabtu, 18 Agustus 2018 | 03:37 WIB

Daftar | Login

Macro Ad

/ Konsultasi

Mengatur manajemen keuangan yang baik

Senin, 13 Agustus 2018 - 10:34 WIB    |    Penulis : Syahid    |    Editor : Dewi Rusiana
Sumber foto: https://bit.ly/2Mf1nM4
Sumber foto: https://bit.ly/2Mf1nM4

Elshinta.com - 

Pertanyaan pembaca

Bagaimana mengatur manajemen keungan yang baik? Apakah harus dimulai sejak usaha berdiri atau ketika usaha sudah mulai berjalan dengan baik? Mohon sarannya. Terima kasih.

Pranayan, Bekasi 

Jawaban

Untuk menjawab pertanyaan mengenai manajemen keuangan yang baik, kita bisa mencoba memahami prinsip pencacatan keuangan yang memiliki pakem sangat terkenal di dunia. Antara lain, antara penerimaan dan pengeluaran yang dipisahkan dan diperbandingkan secara waktu agar tidak saling berkejaran.

Demikianlah ketentuan dasar dalam manajemen keuangan, apabila Anda memiliki bahan baku dan memproduksi dalam periode satu bulan serta menjualnya dalam satu bulan berikutnya Anda tidak diharapkan untuk menerima pendapatan hasil penjualan dalam dua bulan berikutnya, karena hal itu berarti Anda melewati siklus proses produksi dan penerimaan selama empat bulan.

Apabila proses produksi kedua baru bisa dilakukan beberapa saat setelah produksi pertama akan diperlukan kekuatan modal selama sekurang-kurangnya lima bulan, mengingat yang produksi pertama (jika laku) diperoleh pada bulan keempat. Inilah yang dalam bahasa manajemen keuangan disebut mengatur dan mengelola cash flow. 
Apabila cash flow Anda berkejaran secara ketat maka Anda tidak memiliki keleluasaan sama sekali untuk bermanuver dalam bisnis Anda. Hal terakhir ini pula yang seringkali membuat pembisnis terantuk pada permodalan. 

Baca jugaBagaimana mengatasi perang harga?

Sebetulnya hal ini harus dihindari tapi jalannya tidak selalu dengan menyediakan modal itu sendiri karena solusi lainnya adalah mempersingkat siklus penjualan sehingga penerimaan Anda secara relatif sebutlah dalam proses tertentu sudah dapat kembali dalam jangka yang lebih singkat.

Jumlah dana yg lebih singkat inilah yang akan digunakan untuk modal berikutnya, dan sejalan dengan pertumbuhan bisnis maka perputaran yang semakin cepat dan berakumulasi dalam jumlah yang lebh besar membuat modal Anda semakin sehat dan keadaan keuangan lebih baik. Demikian jawaban atas pertanyaan Bapak Pranayan tentang mengatur manajemen keungan yang baik. Semoga bisa membantu. 

Niam Muiz

 

Niam Muiz adalah seorang inspirator handal dalam dunia bisnis, master trainer tamatan Amerika Serikat yang telah menelorkan lebih dari 8000 eksekutif pada berbagai level jabatan dan fungsi di berbagai wilayah di Indonesia. Ia sudah malang melintang di dunia training dan kini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Inspira Consulting Jakarta. Anda bisa mengirimkan pertanyaan seputar bisnis ke email majalahelshinta2@gmail.com. Tulis pertanyaanya pada bodi email dengan subject “Tanya eMajels” Kunjungi elshinta.com/majalah-elshinta untuk mendapatkan informasi seputar panduan dan inspirasi bisnis.

 

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 22:14 WIB

1.202 warga binaan Rutan Depok dapat remisi

Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 21:57 WIB

Kado HUT Kemerdekaan RI, 24 napi Lapas Lowokwaru hirup udara bebas

Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 21:47 WIB

200 napi Bojonegoro dapat remisi di HUT RI ke-73

Event | 17 Agustus 2018 - 21:21 WIB

Indonesia taklukkan Laos 3-0

Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 21:17 WIB

HUT RI ke-73, Indonesia belum merdeka dari narkoba

Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 20:53 WIB

Usai jadi inspektur upacara, Wali Kota Medan pesan hargai jasa pahlawan

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com