Pejabat PBB desak donor tingkatkan bantuan buat Gaza
Elshinta
Jumat, 24 Agustus 2018 - 07:44 WIB |
Pejabat PBB desak donor tingkatkan bantuan buat Gaza
Warga Palestina duduk di luar rumah mereka di kamp pengungsi Khan Younis di selatan Jalur Gaza. Sumber foto: https://bit.ly/2wnfEf5

Elshinta.com - Seorang pejabat senior PBB pada Rabu (22/8) mendesak donor internasional agar meningkatkan pengiriman bantuan mereka buat Jalur Gaza, dan memperingatkan pasokan obat serta bahan bakar di wilayah tersebut "dengan cepat habis".

Rosemary DiCarlo Wakil Sekretaris jenderal bagi Urusan Politik, yang menyeru Israel dan Palestina agar "menghentikan provokasi dan sekuat mungkin melakukan penahanan diri", menyampaikan keprihatinan dengan rangkaian kerusuhan baru-baru ini dan beberapa babak permusuhan di wilayah tersebut. Ia menyoroti penembakan rudal oleh HAMAS ke dalam wilayah Israel dan tindakan Israel menyerang pemrotes di Jalur Gaza.

Israel telah menewaskan 13 warga sipil Palestina dalam beberapa bulan belakangan, kata wanita pejabat itu selama penjelasannya dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di Timur Tengah, termasuk masalah Palestina. Meskipun Israel memiliki kewajiban melindungi warga sipilnya, negara Yahudi tersebut juga "haruga menahan diri", kata DiCarlo, sebagaimana dilaporan Xinhua yang dikutip Antara di Jakarta, Kamis pagi. Ia menambahkan, "Anak-anak tak pernah boleh dijadikan sasaran dalam kondisi apapun."

Ia juga mendesak HAMAS agar sepenuhnya menyediakan keterangan mengenai orang Israel yang ditahan di Jalur Gaza. Meskipun menyambut baik berbagai perkembangan berkaitan dengan pencabutan blokade dan penutupan atas Jalur Gaza, DiCarlo menekankan perlunya menjamin pengiriman bantuan tepat pada waktunya buat rakyat yang memerlukan. "Saat kami bekerja ke arah pencabutan penuh penutupan atas Jalur Gaza ... saya menyerukan pengiriman segera pasokan yang diperlukan ke Jalur Gaza," katanya.

DiCarlo, yang mendesak semua donor dan organisasi internasional agar meningkatkan alokasi dana mereka buat Jalur Gaza, menyampaikan dukungan bagi bantuan dan program bantuan yang dipelopori oleh Bank Dunia dan Program Pembangunan PBB (UNDP). Banyak bantuan dipusatkan untuk menyediakan lapangan kerja yang layak buat perempuan. "Peningkatan status ekonomi perempuran Palestina mendasar bagi kestabilan," kata wanita pejabat tersebut.

DiCarlo juga kembali menyampaikan peringatan sekretaris jenderal mengenai konsekuensi kemanusiaan akibat kegagalan untuk menangani kekurangan dana yang dialami Badan Pekerjaan dan Bantuan PBB buat Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA). Ia juga menyampaikan posisi lama PBB bahwa "semua permukiman tidak sah berdasarkan hukum internasional dan harus dihentikan", dan mendesak Israel agar menghentikan penghancuran harga warga Badui sebagai bagian dari upaya untuk mengusir mereka.

DiCarlo juga mendesak Israel dan Palestina agar menghindari provokasi terhadap semua tempat di Jerusalem. "Status quo harus dipelihara di Tempat Suci," kata wanita pejabat itu yang menekankan perlunya untuk mengakhiri pendudukan Israel dan mewujudkan dua negara tempat bangsa Israel dan Palestina hidup berdampingan dalam kedamaian.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
IMF revisi proyeksi ekonomi Asia, terkontraksi 1,6 persen tahun ini
Rabu, 01 Juli 2020 - 12:36 WIB
Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (30/6) merevisi turun proyeksi ekonomi Asia di tengah m...
Jenazah 33 WNI tertahan di Kuala Lumpur segera diterbangkan
Jumat, 19 Juni 2020 - 14:59 WIB
Sebanyak 33 jenazah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertahan di Kuala Lumpur karena kendala penerb...
Tiongkok laporkan 11 kasus baru COVID-19, tujuh kasus OTG
Sabtu, 13 Juni 2020 - 12:12 WIB
Tiongkok melaporkan 11 kasus baru COVID-19 dan tujuh kasus orang tanpa gejala (OTG) pada 12 Juni, me...
Korut: AS tak punya kedudukan untuk komentari masalah antar-Korea
Kamis, 11 Juni 2020 - 11:26 WIB
Korea Utara pada Kamis (11/6) menyebutkan bahwa Amerika Serikat tidak memiliki posisi untuk mengomen...
Indonesia dan menteri ekonomi ASEAN sepakat hadapi pandemi COVID-19
Jumat, 05 Juni 2020 - 20:27 WIB
Indonesia dan menteri ekonomi negara ASEAN sepakat menghadapi pandemi COVID-19 melalui pertemuan The...
Korsel kembali berlakukan karantina, Dubes RI keluarkan imbauan
Sabtu, 30 Mei 2020 - 13:39 WIB
Setelah otoritas Korea Selatan mengumumkan pemberlakuan kembali langkah-langkah karantina di area Se...
Bar dan restauran di Jepang kembali dibuka pascapelonggaran pembatasan
Rabu, 20 Mei 2020 - 14:11 WIB
Ketika restoran dan bar Jepang perlahan-lahan mulai dibuka kembali pascapelonggaran pembatasan akiba...
Sebagian wilayah Pantai Bondi di Sydney kembali buka
Selasa, 28 April 2020 - 21:11 WIB
Otoritas di Australia membuka sebagian wilayah Pantai Bondi di Sydney, Selasa, setelah tutup beberap...
325 petugas kesehatan di Malaysia positif COVID-19
Jumat, 24 April 2020 - 07:46 WIB
Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) melaporkan hingga Kamis (23/4) terdapat sebanyak 325 petugasnya...
Irak longgarkan `lockdown` menjelang Ramadan
Rabu, 22 April 2020 - 18:57 WIB
Irak pada Selasa (21/4) mengurangi aturan `lockdown` (karantina wilayah) terkait COVID-19 dengan men...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV