Seberapa besar peran keluarga dalam memberikan pengaruh pada usaha kita?
Elshinta
Jumat, 31 Agustus 2018 - 12:25 WIB | Penulis : Syahid | Editor : Dewi Rusiana
Seberapa besar peran keluarga dalam memberikan pengaruh pada usaha kita?
Sumber foto: https://bit.ly/2LKAHOe

Elshinta.com - 

Pertanyaan pembaca

Pak Niam,
Tanpa mengabaikan arti keluarga, sebenarnya seberapa besar peran keluarga memberikan pengaruh pada usaha yang kita jalani? Apakah harus mendapat dukungan dari mereka baru kita membuka usaha? Terima kasih atas penjelasannya.
Audy, Jakarta Barat

Jawaban

Jawab:
Pertanyaan Pak Audy sangat signifikan menyangkut urusan keluarga. Bisnis sebetulnya sangat dipengaruhi oleh apakah seseorang itu menjalankan bisnisnya sesuai profil kepribadiannya atau tidak. 

Kalau ini dikaitkan dengan pertanyaan Anda, saya kira sangat relevan untuk melihat apakah Anda jenis family man atau orang yang independen sama sekali dari keluarga sehingga tidak mencampurkan keluarga dalam dukungan bisnis. 

Sebetulnya apakah keluarga memberikan dukungan bisnis atau tidak jawabannya pada dasarnya netral dalam artian apakah Anda melibatkan keluarga dalam bisnis Anda atau Anda menjadikan keluarga sebagai pihak yang berjarak sebagai bisnis Anda.

Kalau berjarak, Anda akan lebih independen dan tidak ada efek pengaruh dari dukungan keluarga sementara sebaliknya mereka yang mempunyai bisnis yang mendapatkan dukungan keluarga kalau ada masalah, Anda mengobrol dengan keluarga kalau ada keberhasilan Anda merayakannya bersama keluarga dan sebagainya sehingga keterlibatan keluarga demikian intensif pada bisnis Anda maka dengan sendirinya efek keluarga menjadi suatu yang sangat berpengaruh. 

Saya bisa mengambil contoh seorang pedagang pecel lele yang pegawainya terdiri dari satu keluarga besar, mulai dari nenek yang menjadi kasir sampai kepada adik dan kakak yang menjadi pelaksana bisnis itu dan keponakan-keponakan pada dasarnya menjadi pihak yang saling mendukung. 

Hal ini cukup ideal namun tetap harus diingatkan apabila pihak keluarga terlibat dalam bisnis maka dia harus diperhitungkan secara finansial artinya Anda bayar berapa keluarga tersebut kalau tidak maka sebetulnya bisnis yang anda punyai menjadi bisnis yang semu saja hasilnya hanya gara-gara keluarga terlibat secara gratis disana.

Hal lain yang menyangkut urusan support keluarga adalah pemahaman mengenai konsumen Anda bisa peroleh dari interaksi Anda dengan keluarga atau dari masukan-masukan keluarga terhadap bisnis yang Anda punya. ini merupakan bagian dari survei gratis untuk Anda bisa mengetahui bagaimana profil konsumen yang Anda hendak jumpai dan dengan demikian ini memberikan efek positif.

Dengan kata lain perlakukan tempatkan keluarga itu bukan sebagai pendukung yang hanya bentu-bantu dalam bisnis Anda tetapi menjadi orang yang juga membuat Anda lebih dekat dengan konsumen dan ini akan sangat memengaruhi secara positif.

Hal lain yang memberikan pengaruh lebih jauh berkaitan dengan urusan kehadiran keluarga adalah keluarga pihak yang anda percayai karena keluarga menjadi pihak yang Anda percayai maka Anda juga bisa menitipkan beberapa urusan sensitif bisnis Anda pada keluarga, tapi itu sangat dipengaruhi oleh keberadaan SDM secara keseluruhan. 

Jadi bisa saja ada salah satu anggota keluarga Anda terlibat dalam bisnis dan dia ditempatkan sebagai orang yang dipercayai tapi pada satu aspek strategis misalnya keuangan dan sebagainya. Pola ini menjadi pola yang sangat menolong bagi keadilan keluarga. 

Hal lain dalam kaitan dengan keluarga adalah kesempatan anda untuk memastikan pertumbuhan bisnis ini sejalan dengan aspirasi ataupun cita-cita keluarga. Kalau dalam kaitan hal ini maka keluarga menjadi pihak yang memberi arah masa depan dari sebuah bisnis dan biasanya ini menolong banyak.

Saya ambilkan contoh misalnya seseorang pebisnis yang ingin membuat orang tuanya umroh bersama-sama lalu menjadikan itu sebagai tujuan kehadiran si keluarga tidak memberi efek apa-apa tetapi secara psikis keluarga itu memberi pengaruh terhadap keberhasilan atau arah tujuan dari bisnis yang mau dijalankan. 

Apabila ini sukses akan langsung terlihat efeknya kepada hal yang sangat menjadi reward keluarga atau sebaliknya, apabila tidak terlalu sukses Anda akan menyesalkan karena tujuan yang diharapkan untuk keluarga menjadi lebih lama lagi dan untuk itu anda bisa secara positif melibatkan keluarga dalam bisnis.

Niam Muiz adalah seorang inspirator handal dalam dunia bisnis, master trainer tamatan Amerika Serikat yang telah menelorkan lebih dari 8000 eksekutif pada berbagai level jabatan dan fungsi di berbagai wilayah di Indonesia. Ia sudah malang melintang di dunia training dan kini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Inspira Consulting Jakarta. Anda bisa mengirimkan pertanyaan seputar bisnis ke email majalahelshinta2@gmail.com. Tulis pertanyaanya pada bodi email dengan subject “Tanya eMajels” Kunjungi elshinta.com/majalah-elshinta untuk mendapatkan informasi seputar panduan dan inspirasi bisnis.

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Survei: Sepertiga UKM di Asia Tenggara akui hadapi ancaman siber
Senin, 23 November 2020 - 11:55 WIB
Berdasarkan survei IT Security Economics 2020 yang dilakukan oleh Kaspersky, lebih dari sepertiga at...
Pelaku ekonomi kreatif keluhkan HAKI belum keluar sejak 2015
Rabu, 18 November 2020 - 09:50 WIB
Seorang pelaku ekonomi kreatif yang membuat tikar dari batang kelapa di Kota Pariaman, Sumatera Bara...
Jangan salah kaprah! Ini tafsir `bisnis tanpa modal`
Jumat, 06 Maret 2020 - 09:58 WIB
Pengertian tanpa modal itu maksudnya bisnis awal dijalani dengan biaya yang sangat minim. Demikian m...
Menjalankan bisnis teman, tapi masih ragu? Jangan, ini tips mengatasinya…
Kamis, 20 Februari 2020 - 10:25 WIB
Berbisnis itu adalah soal kepercayaan baik pada diri Anda maupun pada bisnis tersebut. Jadi Anda mem...
Mau sukses jalankan bisnis franchise? Baca dulu tips ini…
Jumat, 14 Februari 2020 - 10:46 WIB
Bisnis franchise menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang. Untuk bisa sukses di bisnis ini, baga...
Dibanding bisnis sendiri, berapa persen tingkat keberhasilan bisnis franchising?
Rabu, 12 Februari 2020 - 11:30 WIB
Apakah sebuah bisnis yang dipasarkan secara sistem franchise bisa meraih kesuksesan seperti membuka ...
4 tips menjadi franchisor sukses, apa saja?
Selasa, 11 Februari 2020 - 15:33 WIB
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila usaha Anda hendak di-franchise-kan sehingga tidak m...
Apa sih pertanda bisnis Anda maju? Ini jawabannya...
Jumat, 31 Januari 2020 - 09:55 WIB
Bisnis yang maju dan besar sebenarnya berasal dari kecepatan mengelola pasar yang memungkinkan baik ...
2020, bagaimana prospek bisnis pakaian?
Rabu, 22 Januari 2020 - 13:48 WIB
Bisnis pakaian memang tak pernah lesu. Para pelaku di industry ini selalu bertumbuh, terlebih di mus...
Jangan waralabakan bisnis, bila Anda belum penuhi syarat ini
Kamis, 16 Januari 2020 - 14:26 WIB
Syarat bila ingin mewaralabakan usaha adalah bisnis Anda telah “sukses.” Artinya Anda telah paha...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV