Cara mendapatkan kepercayaan pelanggan di bisnis online
Elshinta
Rabu, 12 September 2018 - 09:55 WIB | Penulis : Syahid | Editor : Administrator
Cara mendapatkan kepercayaan pelanggan di bisnis online
Sumber foto; https://bit.ly/2ObfoYk

Elshinta.com - Kepercayaan dari pelanggan merupakan kunci kesuksesan untuk semua bisnis. Keputusan pelanggan untuk membeli atau tidak membeli sebuah produk salah satunya disebabkan karena kredibilitas penjualnya. Anda pun bila membeli sesuatu, apalagi yang harganya mahal tentu tidak sembarang bukan? 

Kepercayaan dari pelanggan itu sesuatu yang harus dibangun dan terus menerus dijaga. Sudah banyak contoh di mana sebuah perusahaan bisa mengalami penurunan omset yang tajam akibat suatu kasus yang terjadi di perusahaan tersebut, menyebabkan runtuhnya kepercayaan pelanggan. Pelanggan bahkan sudah kabur terlebih dahulu bila tahu bahwa reputasi penjualnya buruk. 

Ketika tren bisnis sudah merambah ke dunia digital, masalah kepercayaan merupakan faktor yang menghambat pertumbuhan bisnis ini. Banyaknya kasus penipuan, barang tak sampai di rumah, atau berbeda dengan spesifikasi yang ditawarkan di toko online membuat sebagian masyarakat masih enggan membeli sesuatu di internet. 

Hal tersebut secara langsung atau tidak langsung juga memengaruhi ke penjual lagi. Munculnya platform ecommerce seperti Tokopedia dan Bukalapak sedikit banyak menguatkan kepercayaan pelangan membeli barang di internet. Dengan teknologi sebagai perantara yang menjembatani pelanggan dan pembeli, menyebabkan kecurangan dapat ditekan. 

Hal itu ternyata menyebabkan persaingan antar toko online menjadi ketat. Di platform seperti Tokopedia dan Bukalapak misalnya, pembeli sudah lebih selektif dalam memilih pedagang. Mereka biasanya mencari pedagang-pedagang yang sudah memiliki rating cukup baik. Persoalannya, bagaimana jika kita sebagai pelapak atau pedagang baru di internet, dapat meraih kepercayaan pelanggan. Apa saja langkah-langkah yang bisa kita lakukan? Simak pembahasannya berikut ini. 

Tampilkan detail produk

Baik di platform ecommerce maupun toko online Anda sendiri, produk yang Anda jual sebaiknya ditampilkan secara detail baik pada foto maupun deskripsinya. Anda juga bisa belajar dasar-dasar fotografi untuk produk agar mampu menghasilkan foto produk yang baik. Usahakan agar foto produk yang diupload tak hanya menampilkan satu sisi saja, namun bisa terlihat dari berbagai sisi. Ini akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. 

Pada bagian deskripsi , tulis spesifikasi produk dengan sejelas-jelasnya. Terapkan juga teknik-teknik copywriting yang baik sehingga menggugah orang lain untuk membeli. Banyak sekali teknik-teknik menulis deskripsi produk yang bisa Anda pelajari di internet. 

Program bergaransi

Program bergaransi bisa Anda terapkan dengan memberikan paket pengiriman bergaransi untuk barang-barang yang tertentu, misalnya yang mudah rusak. Anda juga bisa menerpakan kebijakan uang kembali bila barang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Semua itu dilakukan sebagai upaya menguatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda. 

Sediakan kemudahan membayar

Memberikan beberapa pilihan pembayaran kepada konsumen bisa jadi menambah kepercayaan konsumen kepada Anda. Mereka akan menganggap bahwa toko online Anda benar-benar serius dalam menjual produk. Metode pembayaran sekarang bahkan sudah lebih dari transfer via ATM atau eBanking seperti biasanya, tetapi menggunakan platform dompet online seperti Doku dan Paypal. 

Lakukan Komunikasi yang Baik

Buatlah diskusi yang baik dengan pelanggan Anda. Mereka biasanya mencoba menanyakan dulu hal-hal yang kurang jelas sebelum membeli sesuatu. Ini jangan sampai Anda kehilangan momentum pada tahap ini. Konsumen yang sudah tertarik dengan produk Anda, malah tidak jadi membeli hanya karena kurang baik pelayannya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jika modal usaha habis, ini solusi yang bisa dilakukan
Selasa, 17 September 2019 - 09:46 WIB
Elshinta.com - Bisnis kadang tak sesuai dengan harapan. Salah strategi, bisa-bisa modal usaha mala...
Manajemen keuangan UKM, kapan sebaiknya diterapkan?
Jumat, 13 September 2019 - 10:38 WIB
Elshinta.com - Salah satu kelemahan UKM adalah terkait manajemen keuangan. Umumnya seringkali para...
Apresiasi Top Finance 2019: Perlu edukasi ke UMKM dalam mengelola keuangan
Kamis, 29 Agustus 2019 - 10:15 WIB
Elshinta.com - Penghargaan Top Bank, Insurance, and Multifinance 2019 kembali digelar. Sejumlah na...
Geber daya saing, pelaku ekraf didorong perhatikan desain produk
Selasa, 27 Agustus 2019 - 18:33 WIB
Elshinta.com - Salah satu faktor penentu daya saing suatu produk adalah inovasi dan kreativitas ya...
Kenali, ini tiga kelemahan terbesar UKM di Indonesia
Selasa, 27 Agustus 2019 - 15:35 WIB
Elshinta.com - Berwirausaha menjadi salah satu jalan dan jadi pilihan bagi banyak orang. Tapi, di ...
Faktor kegagalan bisnis, apa saja? Ini kata Rhenald Kasali
Senin, 26 Agustus 2019 - 11:58 WIB
Elshinta.com - Berbisnis saat ini menjadi pilihan bagi banyak orang. Beragam bidang bisnis terus b...
Integrasi GRC membangun bisnis berkelanjutan
Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:34 WIB
Elshinta.com - Kegiatan GRC Summit dan Penghargaan Top GRC (Governance, Risk, and Compliance) 2019 ...
5.000 warung di DKI Jakarta akan terima bantuan modal usaha
Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:07 WIB
Elshinta.com - Warung tradisional hadir di antara menjamurnya pasar-pasar moderen dan minimarket d...
Kenapa bisnis kafe bisa gagal? Ini tiga kesalahan utamanya
Rabu, 17 Juli 2019 - 14:15 WIB
Elshinta.com - Di kota-kota besar, pertumbuhan bisnis kafe terbilang massif. Banyak kafe-k...
Tips sukses bisnis fesyen ala Feny Mustafa
Kamis, 11 Juli 2019 - 12:41 WIB
Elshinta.com - Kesuksesannya dalam industri fesyen tak bisa diragukan lagi. Selama 30 tahu...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)