Sabtu, 22 September 2018 | 11:16 WIB

Daftar | Login

kuping kiri paragames
emajels

UKM / Peluang

Dekatkan anak dengan agama melalui baju bertema Islam

Kamis, 13 September 2018 - 11:37 WIB    |    Penulis : Syahid    |    Editor : Dewi Rusiana
Sumber foto: https://bit.ly/2D2BcV5
Sumber foto: https://bit.ly/2D2BcV5

Elshinta.com - Pakaian merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Hal ini membuat pakaian menjadi peluang bisnis yang tidak akan ada matinya seperti bisnis kuliner. Bisnis pakaian memiliki segmentasi pasar yang sangat luas. Bila dilihat dari usia pemakainannya, ada pakaian untuk balita, anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Bila dilihat dari segi fungsinya, ada baju sekolah, baju kantor, kaos, dan masih banyak lainnya. 

Salah satu jenis pakaian yang bisa coba Anda bidik untuk usaha adalah bisnis pakaian muslim anak. Memang, segmentasi pasar untuk produk ini sempit sekali, hanya untuk anak-anak yang muslim. Namun, bila melihat mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam, bisnis pakaian muslim anak ini memiliki segmentasi yang tak kalah luasnya. 

Selain karena segmentasi pasar yang cukup luas bila dilihat dari mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam, besarnya peluang usaha ini pun terlihat dari semakin tingginya masyarakat untuk menjalankan syariat Islam. Media sosial turut memengaruhi hal ini di mana video-video dakwah menjadi konsumsi sehari-hari di lini masa. 

Salah satu brand pakaian muslim yang sudah cukup terkenal di Indonesia adalah Afrakids. Dengan produk pakaian bertema Islami yang didesain dengan gaya khas anak-anak, mereka berhasil meraih perhatian masyarakat. Bahkan, Afrakids juga mengembangkan bisnisnya ke tas dan lunch set namun tetap dalam lingkup pasar anak-anak muslim. 

Hal pertama dalam memulai bisnis tentu saja dengan melakukan riset pasar. Dalam kaitannya dengan produk muslim anak ini, riset diperlukan guna mengetahui produk muslim seperti apa yang disukai oleh konsumen. Dalam tahap ini mulai lakukan brainstorming untuk memikirkan  brand kaos muslim yang ingin Anda bangun. 

Setelah itu mulai buat konsep desain dengan beberapa tema pilihan. Adapaun tema kaos muslim yang bisa Anda jadikan referensi adalah tema ajakan untuk sholat, berpuasa, menunjukkan kebanggan sebagai seorang muslim, mengenalkan ilmuwan-ilmuwan muslim dan sebagainya. Tema-tema seperti ini, silakan diterjemahkan ke dalam sebuah desain untuk kaos atau baju anak-anak. 

Desain kaos pakaian bisa berupa typografi atau ilustrasi. Usahakan membuat variasi dari keduanya. Selain brand dan tema-tema yang diangkat dalam produk kaos muslim Anak, ada baiknya Anda juga memikirkan sebuah icon. Ini penting agar anak maupun orang tua dapat mengenal produk Anda dan mudah untuk mengingatnya. 

Proses riset dan brainstorming ini memang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, demi kuatnya pondasi bisnis Anda dikemudian hari, segala aspek memang harus dipikirkan, termasuk nantinya strategi pemasaran. 

Setelah itu, mulailah untuk mencari jasa konveksi yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Sebagai pengusaha yang sedang mencoba untuk membangun brand pakaian muslim anak, Anda tak perlu untuk memikirkan bagaimana punya mesin produksi sendiri. Cukup mempelajari dulu seluk beluk bahan pakaian yang cocok, dan jenis teknik sablon yang bagus. 

Mulailah dengan memasarkan produk secara offline dengan menyewa tempat di pasar, membuka  stan di pinggir jalan atau mengikuti event Islami. Cara ini dilakukan untuk memperkenalkan brand produk pakaian muslim Anda secara langsung ke masyarakat. 

Selain itu, lakukanlah pemasaran secara online dengan memanfaatkan semua platform yang bisa dijadikan media promosi. Buatlah sebuah website yang menampilkan katalog produk Anda. Bila sudah cukup bekembang, maka buatlah sistem kegaenan dan reseller untuk semakin memperluas jaringan pasar produk Anda.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Arestasi | 22 September 2018 - 11:12 WIB

Polisi ringkus perampok-pemerkosaan di rumah WN Jerman

Aktual Dalam Negeri | 22 September 2018 - 10:48 WIB

Anak Krakatau keluarkan 44 letusan

Musibah | 22 September 2018 - 10:24 WIB

Tim SAR gabungan hentikan pencarian turis Korsel di Lombok

Megapolitan | 22 September 2018 - 10:12 WIB

Trans Patriot siap beroperasi di Bekasi tahun ini

Musibah | 22 September 2018 - 09:48 WIB

BPBD: Api di Gunung Sumbing sudah padam

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
loading...
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com