Inilah beberapa aplikasi teknologi yang bermanfaat bagi para petani
Elshinta
Selasa, 25 September 2018 - 16:23 WIB | Penulis : Syahid | Editor : Administrator
Inilah beberapa aplikasi teknologi yang bermanfaat bagi para petani
Sumber foto: https://bit.ly/2IdnrSa

Elshinta.com - Sektor pertanian merupakan salah satu sektor usaha yang menjadi pilar perekonomian Indonesia. Sebagai sebuah negara agraris, Indonesia dikaruniai oleh sumber daya alam yang melimpah. Sayangnya, sektor pertanian masih mengalami cukup banyak permasalahan klasik seperti akses permodalan yang sulit bagi petani, cuaca yang memengaruhi hasil panen, sampai belum diterapkannya metode pertanian terbaru sehingga hasil pertaniannya belum bisa dimaksimalkan. 

Seiring dengan semakin majunya teknologi informasi, muncul startup-startup pertanian yang digagas oleh anak muda tanah air untuk membantu menyelesaikan permasalahan pertanian. Startup tersebut meluncurkan aplikasi atau layanan yang bisa dimanfaatkan oleh petani untuk bisa meningkatkan produktivitasnya sehingga kesejahteraan mereka meningkat. 

Berikut lima aplikasi yang bermanfaat bagi para petani. 

PETANI

PETANI adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai tempat bertukar informasi seputar pertanian. Aplikasi PETANI dibuat oleh 8villages agar para petani bisa mendapatkan informasi yang membantu dalam mereka membuat keputusan berdasarkan informasi yang tepat. 

Dalam aplikasi ini, petani bisa memperoleh informasi seputar dunia pertanian, cara budidaya tanaman yang baik, sampai kepada cara mengatasi dan menanggulangi berbagai jenis penyakit tanaman. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi penyuluhan pertanian yang memungkinkan para pakar menjawab pertanyaan dari petani. 

Sayurbox

Sayurbox adalah aplikasi yang membantu mempersingkat rantai distribusi produk pertanian sehingga konsumen bisa mendapatkan buah-buahan atau sayuran segar yang mereka inginkan. Sayurbox menjadi penyalur hasil pertanian dari petani yang langsung diantarkan ke rumah konsumen setiap harinya. 

Bagi para petani, mereka bisa memperoleh harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan menjualnya ke tengkulak yang akan dikirim lagi ke pedagang pasar. Saat ini, Sayurbox baru melayani konsumen yang ada di Jabodetabek. Selain Sayurbox, ada beberapa aplikasi serupa lainnya seperti Kecipir, Tanihub, Limakilo, dan Sikumis. 

Crowde

Crowde merupakan aplikasi pertanian yang berfokus pada pemberian akses pemodalan bagi para petani. Crowde pada dasarnya adalah aplikasi peer to peer lending di mana mereka mempertemukan investor dan kelompok petani yang memiliki proyek-proyek pertanian. Aplikasi ini membantu petani mendapatkan dana segar yang selama ini sulit mereka akses melalui lemabaga pemberi pinjaman konvesional seperti bank. 

Pada proses pemberian modal kepada petani, Crowde lebih banyak melakukannya dalam bentuk barang seperti bibit, pupuk, maupun alat-alat pertanian. Hasil pertanian yang didapatkan dari proyek-proyek yang didanai, akan dibagi dengan sistem bagi hasil kepada investor, petani dan Crowde. Selain Crowde, ada pula aplikasi serupa yaitu iGrow. 

Habibi Garden

Habibi Garden adalah perangkat pertanian yang membantu petani untuk memberi makan tanaman dengan jumlah dan dosis yang tepat berdasarkan data real time lingkungan tanah yang diambil.  Habibi Garden menggunakan teknologi Internet of Things yang memanfaatkan sensor realtime terhadap intensitas cahaya, kelembaban, kelembaban, dan tanaman nutrisi. 

Hal ini berguna untuk meningkatkan produktivitas petani dengan pemberian makan tanaman yang tepat. Perangkat yang dipasang nantinya akan terkoneksi dengan smartphone sehingga bisa bisa dengan mudah dianalisis. 

Anda bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar pertanian pada eMajels edisi Agustus 2018. Klik di sini untuk membaca atau kunjungi elshinta.com/majalah-elshinta untuk edisi lainnya. 
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Survei: Sepertiga UKM di Asia Tenggara akui hadapi ancaman siber
Senin, 23 November 2020 - 11:55 WIB
Berdasarkan survei IT Security Economics 2020 yang dilakukan oleh Kaspersky, lebih dari sepertiga at...
Pelaku ekonomi kreatif keluhkan HAKI belum keluar sejak 2015
Rabu, 18 November 2020 - 09:50 WIB
Seorang pelaku ekonomi kreatif yang membuat tikar dari batang kelapa di Kota Pariaman, Sumatera Bara...
Jangan salah kaprah! Ini tafsir `bisnis tanpa modal`
Jumat, 06 Maret 2020 - 09:58 WIB
Pengertian tanpa modal itu maksudnya bisnis awal dijalani dengan biaya yang sangat minim. Demikian m...
Menjalankan bisnis teman, tapi masih ragu? Jangan, ini tips mengatasinya…
Kamis, 20 Februari 2020 - 10:25 WIB
Berbisnis itu adalah soal kepercayaan baik pada diri Anda maupun pada bisnis tersebut. Jadi Anda mem...
Mau sukses jalankan bisnis franchise? Baca dulu tips ini…
Jumat, 14 Februari 2020 - 10:46 WIB
Bisnis franchise menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang. Untuk bisa sukses di bisnis ini, baga...
Dibanding bisnis sendiri, berapa persen tingkat keberhasilan bisnis franchising?
Rabu, 12 Februari 2020 - 11:30 WIB
Apakah sebuah bisnis yang dipasarkan secara sistem franchise bisa meraih kesuksesan seperti membuka ...
4 tips menjadi franchisor sukses, apa saja?
Selasa, 11 Februari 2020 - 15:33 WIB
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila usaha Anda hendak di-franchise-kan sehingga tidak m...
Apa sih pertanda bisnis Anda maju? Ini jawabannya...
Jumat, 31 Januari 2020 - 09:55 WIB
Bisnis yang maju dan besar sebenarnya berasal dari kecepatan mengelola pasar yang memungkinkan baik ...
2020, bagaimana prospek bisnis pakaian?
Rabu, 22 Januari 2020 - 13:48 WIB
Bisnis pakaian memang tak pernah lesu. Para pelaku di industry ini selalu bertumbuh, terlebih di mus...
Jangan waralabakan bisnis, bila Anda belum penuhi syarat ini
Kamis, 16 Januari 2020 - 14:26 WIB
Syarat bila ingin mewaralabakan usaha adalah bisnis Anda telah “sukses.” Artinya Anda telah paha...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV