Bojonegoro berpotensi gempa karena dilewati sesar
Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:42 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Dewi Rusiana
Ilustrasi. Sumber foto: http://bit.ly/2h9cFA4

Elshinta.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan daerah itu memiliki potensi gempa karena dilewati sesar di zona Kendeng di wilayah selatan, dan sesar di zona Rembang wilayah utara yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban dan Blora, Jawa Tengah.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Nadif Ulfia, di Bojonegoro, Kamis (11/10) menjelaskan wilayahnya diketahui memiliki potensi gempa berdasarkan dokumen kajian risiko bencana 2017-2012 yang dikeluarkan BNPB. "Dokumen kajian risiko bencana yang dikeluarkan BNPB kami terima awal 2018," kata dia.

Berdasarkan dokumen itu, wilayah yang dilewati sesar zona Kendeng yaitu memanjang mulai Kecamatan Margomulyo, Tambakrejo, Ngambon, Sekar, Gondang, Bubulan dan Temayang, hingga kemudian ke arah Kabupaten Nganjuk dan Jombang.

Selain itu, wilayah yang dilewati sesar adalah zona Rembang, yaitu di Kecamatan Kedewan dan Malo, yang berbatasan dengan Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kemudian ke arah Tuban.

Berdasarkan kajian yang ada bahwa potensi gempa disebabkan keberadaan dua sesar itu tidak sebesar gempa di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), karena sesar di zona Kendeng dan Rembang, pergeserannya kecil dibandingkan sesar Koro Palu. "Kalau pergeseran sesar besar maka potensi gempa juga besar, begitu sebaliknya," katanya.

Meski demikian, BPBD akan mengabarkan potensi gempa di daerahnya kepada masyarakat, disamping memasukkan potensi gempa dalam daftar potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu di wilayahnya.

Paling tidak,  masyarakat yang membangun di garis kedua sesar harus waspada, karena di wilayahnya memiliki potensi gempa. "BPBD akan memasukkan potensi bencana gempa dalam daftar bencana yang bisa terjadi, meskipun kejadian gempa tidak bisa diprediksi," ujarnya, seperti dikutip Antara.

Sebelum ini, kata dia, BPBD mencatat ada sembilan bencana yang masuk daftar ancaman bencana di wilayahnya, antara lain, banjir luapan Bengawan Solo, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, selain juga bencana kegagalan industri karena adanya industri migas.

Dari data yang diperoleh Antara menyebutkan gempa berkekuatan 4 skala richter pernah terjadi di Kecamatan Gondang, pada awal 2016.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nganjuk, memperkirakan pusat gempa di Desa Jari, Kecamatan Gondang, berada di lokasi dangkal berkedalaman berkisar 1-30 kilometer. Ketika itu, gempa dirasakan warga di Desa Jari dan sekitarnya, dan di Desa Jari, kemudian muncul semburan lumpur bercampur air dan gas.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Minggu, 16 Desember 2018 - 16:13 WIB
Elshinta.com - Tindak pidana SIM swap fraud atau peretasan kartu SIM ponsel yang berhasil ...
Sabtu, 15 Desember 2018 - 21:27 WIB
Elshinta.com - Dalam rangkaian peringatan Hari Menanam Nasional dan Bulan Menanam Nasional...
Sabtu, 15 Desember 2018 - 21:19 WIB
Elshinta.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Sela...
Jumat, 14 Desember 2018 - 17:56 WIB
Elshinta.com - Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat sore (14/12) berdialog dengan pelaku ...
Jumat, 14 Desember 2018 - 15:58 WIB
Elshinta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengajak agar semua pihak menjaga per...
Jumat, 14 Desember 2018 - 12:16 WIB
Elshinta.com - Hari bebas kendaraan bermotor atau yang dalam Bahasa Inggris disebut Car Fr...
Kamis, 13 Desember 2018 - 15:54 WIB
Elshinta.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyatakan sebanya...
Kamis, 13 Desember 2018 - 10:51 WIB
Elshinta.com - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan, ...
Rabu, 12 Desember 2018 - 13:29 WIB
Elshinta.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf mengatakan, Bekraf tah...
Rabu, 12 Desember 2018 - 06:25 WIB
Elshinta.com - Mantan diplomat Kanada ditahan di China, kata dua sumber pada Selasa (11/12...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)