Ini isu yang akan dibahas Indonesia di KTT ASEAN dan KTT APEC
Jumat, 09 November 2018 - 07:21 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Administrator
Menlu Retno Marsudi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (8/11). Foto via Twitter Sekretariat Kabinet @setkabgoid

Elshinta.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengatakan, ada dua isu yang akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam KTT ASEAN di Singapura, 13-15 November 2018. 

Yang pertama adalah dalam pertemuan KTT ASEAN kali ini terutama di dalam konteks East Asia Summit (EAS), Presiden akan mempresentasikan konsep mengenai masalah Indo Pacific. Yang kedua adalah isu masalah RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership), dimana Indonesia menjadi ketua tim negosiasi. 

“Kita akan menyampaikan pentingnya dan akan ada KTT mengenai RCEP sendiri yang intinya nanti para leaders akan memberikan komitmen lebih agar negosiasi RCEP ini dapat segera diselesaikan, karena kalau 10+6 atau 16 negara ini akan menjadi satu building block perdagangan yang akan sangat besar,” ungkap Menlu usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (8/11). Ia menyebut, pesan untuk melanjutkan negosiasi ini juga akan disampaikan oleh Presiden Jokowi pada saat KTT RCEP nanti.

Baca juga: Menlu ajak peserta WCCE kolaborasi kembangkan ekonomi kreatif

Isu-isu lain yang juga diperkirakan akan mendapatkan pembahasan dalam KTT di Singapura, menurut Menlu Retno Marsudi, adalah isu Palestina, kemudian juga isu yang terkait dengan Rakhine State juga akan menjadi topik pembahasan.

Sementara itu, mengenai KTT APEC 17-18 November 2018, Menlu menjelaskan, yang akan masuk di dalam pertemuan tingkat menteri nanti adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, karena Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan konsentrasi untuk RCEP, sedangkan dirinya akan konsentrasi untuk isu KTT ASEAN.

Menurut Menlu, proses pertemuan menteri untuk APEC itu sudah dilakukan pada tanggal 15, sementara KTT ASEAN belum selesai. Oleh karena itu Kepala BKPM Thomas Lembong akan masuk duluan ke PNG, ke Port Moresby untuk mewakili Indonesia dalam pertemuan tingkat menteri untuk APEC.

KTT APEC itu sendiri akan membahas mengenai masalah digital economy, the future of APEC terutama bagaimana APEC Pasca 2020. Demikian seperti diinformasikan melalui laman resmi Setkab.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Senin, 21 Januari 2019 - 21:18 WIB
Elshinta.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wir...
Senin, 21 Januari 2019 - 20:16 WIB
Elshinta.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan mulai Selasa (22/1) sesuai...
Senin, 21 Januari 2019 - 19:56 WIB
Elshinta.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara...
Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB
Elshinta.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan bah...
Senin, 21 Januari 2019 - 19:14 WIB
Elshinta.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPUU) memulai penelitian terkait dugaan a...
Senin, 21 Januari 2019 - 18:15 WIB
Elshinta.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menya...
Senin, 21 Januari 2019 - 17:32 WIB
Elshinta.com - Menjelang pemulangan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba`asyir, pihak ke...
Senin, 21 Januari 2019 - 17:25 WIB
Elshinta.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakart...
Senin, 21 Januari 2019 - 16:46 WIB
Elshinta.com - Direktur Pembangunan Kapal PT PAL Indonesia, Turitan Indaryo mengungkapkan ...
Senin, 21 Januari 2019 - 16:22 WIB
Elshinta.com - TNI Angkatan Laut berencana memesan kembali kapal rumah sakit ke PT PAL Ind...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20151012/apc.so' - /usr/lib/php/20151012/apc.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: