Mitrarenov, sentuhan teknologi digital untuk dapatkan tukang bangunan secara online
Elshinta
Senin, 12 November 2018 - 09:35 WIB | Penulis : Syahid | Editor : Administrator
Mitrarenov, sentuhan teknologi digital untuk dapatkan tukang bangunan secara online
Dok. Mitrarenov

Elshinta.com - Inovasi teknologi telah merambah ke hampir semua jenis bisnis, tak terkecuali dengan bisnis jasa konstruksi. Mitrarenov menangkap propek dari bisnis tersebut sekaligus menjawab tantangan era digital dengan membuka jasa renovasi rumah dan bangunan lainnya yang bisa dipesan dan diawasi secara online.

“Serba Online”. Istilah tersebut mungkin sering kita dengar dalam beberapa tahun terakhir ketika teknologi digital telah masuk ke lini-lini kehidupan manusia. Mulai dari membeli barang, makanan, memesan tiket, memesan ojek dan sebagainya bisa dilakukan dengan membuka web atau aplikasi. Tak terkecuali dengan mencari tukang bangunan untuk merenovasi rumah atau bangunan lainnya. 

Mitrarenov sebuah platform website yang didirikan oleh Aria Perbancan yang telah lama berkecimpung di dunia arsitek dan Andrian Eka Putra di bidang konstruksi. Sejak diluncurkan tahun 2014, mereka konsisten menyediakan layanan jasa konstruksi untuk membangun atau merenovasi bangunan dengan penggunaan teknologi web untuk membantu perencanaan hingga pengawasannya. Menurut Aria, sampai saat ini aktivitas mencari kontraktor untuk membangun atau merenovasi bangunan masih dilakukan dari mulut ke mulut saja. Sementara ketika orang mencoba mencarinya di internet, mereka harus menelan kekecewaan karena tak banyak kontraktor yang secara serius menampilkan informasi dan jasanya di situs mereka. 

“Mungkin mereka (masyarakat) bisa searching sendiri, cari sendiri. Tapi kontraktor yang buka halaman web tidak terlalu banyak. Kadang tidak jelas, halaman webnya asal ada aja,” ujar Aria yang saat ini menjabat sebagai Project Director Mitrarenov. Karena itulah, Aria dan Andrian terdorong untuk menciptakan layanan jasa konstruksi yang pemasarannya murni berbasis digital. 

Memantau progres pengerjaan secara online

Aria mengungkapkan, sebelum ia membangun mitrarenov memang telah ada layanan serupa dari sebuah perusahaan semen yang mempertemukan orang dengan pihak kontraktor. Namun, layanan tersebut hanya sebatas menghubungkan klien dengan pihak kontraktor saja sementara mutu dan waktu pengerjaannya tidak dijamin oleh layanan tersebut. Hal ini cukup riskan mengingat ada saja kontraktor nakal tidak bertanggung jawab yang merugikan klien seperti kabur membawa uang padahal pekerjaan belum selesai.  

Berbekal permasalah tersebut, Mitrarenov yang sekilas mirip dengan marketplace tersebut memiliki layanan yang tak hanya berhenti sampai pada menghubungkan klien dengan kontraktor. Mitrarenov lebih dekat dikatakan sebagai perusahaan manajemen konstruksi berbasis IT yang mencari klien dan menyediakan layanan berbasis digital.

Pada pelaksanaannya, mereka bekerjasama dengan kontraktor berpengalaman yang bertanggung jawab secara langsung ke Mitrarenov.  Mitrarenov memanfaatkan teknologi web nya untuk memberikan data progres pengerjaan proyek kepada klien. Ketika proyek sudah disepakati, klien bisa memantau data proyek, schedule pelaksanaan, data tukang, dan foto progres setiap minggu pada akun mereka di website milik Mitrarenov. “Semua klien mendapatkan personal account, jadi mereka bisa mereview progres pengerjaannya secara online,” ujar Aria. 

Baca juga: Fithor Muhammad, lulus kuliah sukses bangun perusahaan developer properti

Implementasi teknologi digital juga diterapkan untuk menghubungkan mitra kontraktor yang terdekat dengan lokasi mitra. Kontraktor terpilih lalu akan menghubungi klien untuk proses survei dan langkah selanjutnya. Sentuhan teknologi juga digunakan untuk membuat sistem perkiraan rancangan anggaran biaya (RAB) yang dibutuhkan untuk suatu proyek. Namun, besaran fix budget nya ditentukan setelah mitra kontraktor melakukan survei secara langsung. 

Dalam seminggu, ada sekitar 7-10 permintaan proyek klien. Dari jumlah tersebut, tak semuanya akan langsung disurvei mengingat ada pula user yang masih sebatas coba-coba atau bertanya. Tidak hanya renovasi, duet Aria dan Andrian ini juga mengerjakan proyek untuk membangun rumah dari nol. Peminatnya dari masyarakat umum yang ingin membangun tempat tinggal maupun korporat yang ingin membangun kantor atau tempat usaha. 

Sampai saat ini, layanannya tersebut sudah tersedia untuk seluruh wilayah Jabodetabek. Mulai merambah pula ke wilayah lain seperti Bandung, Cirebon dan Surabaya. “Karena kita web based, mau seluruh Indonesia juga sebenarnya bisa. Tapi kita kan ada sistem pengawasan, mencari mitra terpercaya. Mencari rekanan di kota lain yang sesuai standar kita, aturan main kita, itu yang cukup susah,” keluhnya. 

Inovasi untuk berkembang

Menurut Aria, ide membangun layanan jasa konstruksi berbasis digital ini sebenarnya merupakan salah upaya dari Andrian Eka Putra, untuk mengembangkan bisnis konstruksi menara BTS yang diakuinya sudah mulai menurun. Ia lantas menemukan peluang bisnis konstruksi yang tidak pernah mati, yaitu rumah. “Tidak akan pernah mati. Mau lebaran, mau natal, minimal ada lah yang mengecat rumah. Mau musim hujan ganti genteng, betul kan? Artinya tidak ada habisnya,” kata Aria. 

Andrian lantas mengajak Aria untuk mengembangkan mitrarenov hingga seperti sekarang ini. Aria yang seorang arsitek, membawa pengalamannya menggunakan sistem perencanaan hingga pengawasan proyek-proyek besar pada platform digital ini. “Layanannya itu saya bikin sama, saya bawa pengalaman dari sisi konstruksinya,” ujar Aria. 

Kolaborasi keduanya mampu menciptakan produk inovatif, membantu pemilik rumah yang memiliki kesibukan sehingga tidak bisa mengurus dan mengawasi renovasi rumah secara langsung. Kedepannya, Aria mengungkapkan bahwa layanannya ini akan dibuat versi aplikasi mobile nya sehingga klien bisa memantau pengerjaan proyek melalui smartphone mereka.

***

Anda bisa membaca informasi lengkap seputar bisnis properti pada eMajels edisi November 2018. Klik di sini untuk membaca atau kunjungi elshinta.com/majalah-elshinta untuk edisi lainya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pengusaha muda ini sukses perusahaannya raih Best Choice in Industry Awards 2020
Kamis, 10 September 2020 - 18:00 WIB
Adanya peningkatan pesat pada pembangunan infrastruktur, bangunan komersil, dan perumahan di Indones...
Jejak sukses BeaconCream, Youtuber gaming dengan 2,57 juta subscriber
Kamis, 25 Juni 2020 - 06:42 WIB
Namanya Nelson Wijaya Putra. Ia adalah pemilik channel YouTube gaming populer BeaconCream. Milenial ...
Ramadan brand berbagi tebarkan virus kebaikan di tengah pandemi
Rabu, 20 Mei 2020 - 08:02 WIB
Meski Ramadan tahun ini diwarnai dengan wabah pandemi, tapi semangat berbagi kebaikan kepada mereka ...
Angkat produk lokal, Kemenkop UKM gandeng artis Raffi Ahmad
Rabu, 04 Maret 2020 - 11:24 WIB
Raffi ingin mengajak pelaku UMKM khususnya yang muda-muda ini mengikuti dan menggunakan digital seb...
Dear UKM! Ini pentingnya mendefinisikan bisnis Anda
Rabu, 12 Februari 2020 - 14:15 WIB
Mendefinisikan bisnis Anda itu penting karena hal itu mencakup gerak langkah yang akan Anda lakukan ...
Cari nama brand yang jitu untuk memikat pasar, bagaimana caranya?
Jumat, 07 Februari 2020 - 10:32 WIB
Brand adalah sebuah identitas penting bagi sebuah produk. Namun tak jarang para pelaku usaha seringk...
Trik bisnis kuliner, kedepankan variasi hidangan atau suasana?
Kamis, 06 Februari 2020 - 15:15 WIB
Bisnis kuliner adalah bisnis selera. Atas dasar itu, sangat disarankan, sekalipun menu kuliner Anda ...
Soal modal dan SDM yang sering jadi masalah dalam bisnis
Selasa, 28 Januari 2020 - 12:33 WIB
Dalam bisnis, peranan SDM cukup berpengaruh karena pemahaman SDM-lah yang menjadi scrub dan gigi unt...
Pengusaha Asep Sulaeman: Doa bersama di lokasi tambang akan jadi agenda rutin
Minggu, 26 Januari 2020 - 09:51 WIB
SEAM Group menggelar sebuah acara di salah satu site milik mereka yaitu site MP (Marwan Putra). Mena...
Santripreneur, program Kemenperin cetak wirausaha muda baru di lingkungan pesantren
Kamis, 23 Januari 2020 - 10:06 WIB
Kementerian Perindustrian berhasil mencetak wirausaha industri baru dari lingkungan pondok pesantre...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV