Kiri Kanan
Peluang usaha menjanjikan dengan membuka usaha Pertamini
Elshinta
Senin, 26 November 2018 - 18:15 WIB | Penulis : Syahid | Editor : Sigit Kurniawan
Peluang usaha menjanjikan dengan membuka usaha Pertamini
Sumber foto: http://bit.ly/2P29595

Elshinta.com -  Kebutuhan terhadap bahan bakar minyak berupa bensin terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan semakin bertambahnya kendaraan bermotor. Hal tersebut membuat potensi bisnis bensin pun ikut mengalami imbas yang signifikan. Untuk mendapatkan bensin, masyarakat bisa mendatangi SPBU milik Pertamina atau SPBU milik perusahaan swasta atau membelinya secara eceran.

Penjual bensi eceran sejak dahulu memnang sudah banyak ditemui. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, penjual bensin eceran kini tampil berbeda dengan sebuah pom bensin mini yang disebut Pertamini. Sebenarnya, Pertamini hanyalah istilah yang diciptakan oleh masyarakat sendiri untuk menunjukkan media penyimpanan bensin yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mirip pom bensi dalam ukuran mini.

Dengan adanya pom bensin mini, masyarakat disuguhkan pilihan membeli bensin di tempat yang terkensan “lebih profesional” daripada penjual bensin eceran sebelumnya. Potensi bisnis dari Pertamini ini pun cukup besar, ditambah dengan pengelolaan yang mudah. Nah, bagi Anda yang berniat untuk membuka pom bensin mini di tempat Anda, ada baiknya menyimak langkah-langkahnya berikut ini.

Menyiapkan Modal

Bisnis Pertamini memerlukan modal yang cukup besar. Modal pertama yang harus Anda keluarkan tentu  saja untuk membeli bensin ke SPBU terdekat dalam jumlah besar. Modal kedua untuk membeli perlengkapan pertamini yang sudah banyak dijual di internet. Bila Anda menyewa tempat milik orang lain, maka perhitungkan juga hal tersebut sebagai modalnya.

Baca juga: Peluang usaha broker properti, modal minim untung besar

Menyiapkan Tempat

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tempat berjualan yang strategis. Usahakan berada di pinggir jalan yang cukup ramai sehingga akan banyak pembeli yang datang. Faktor tempat ini merupakan faktor yang krusial dalam membuka usaha bisnis bensin eceran karena pada umumnya Anda tidak bisa bermain di harga karena sudah ditetapkan pemerintah.

Membeli Pertamini

Setelah menyiapkan modal uang dan tempat, langkah selanjutnya adalah bergegas untuk mencari penjual perlengkapan pertamini. Sekarang ada beberapa jenis pertamini yang dijual di pasaran, mulai dari yang manual maupun digital. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp6.000 sampai Rp28.000. Pertamini manual masih menggunakan semacam kayuh yang diputar terus untuk mengisi bensi ke kendaraan.

Sementara itu, pertamini digital sudah lebih canggih di mana terdapat layar led yang menampilkan jumlah bensin yang dikeluarkan beserta uang yang dibayarkan oleh konsumen. Tentu ini memberikan kesan tersendiri bagi konsumen.  Berikut beberapa jenis pertamini yang dijual di pasaran beserta kisaran harganya.

Pertamini Manual

Gambar: http://bit.ly/2P28Xq0

Harga pertamini manual dijual pada kisaran harga Rp5.800.000 hingga Rp7.000.000. Jenis alat pertamini yang satu ini dibuat dari bahan stainless dan plat besi. Kapasitas penampungan bahan bakar mencapai 210 liter. Biasanya, pertamini manual juga dibedakan lagi dengan jenis standard an kios, namun perbedaanya hanya pada penutup tabung takar saja.

Pertamini Digital

Gambar: http://bit.ly/2AjkrQG

Alat pertamini ini memiliki keunggulan berupa tampilan LED yang dapat menunjukkan besaran bensin yang keluar dan nominal sesuai dengan nominal uang dari pembeli. Dari segi kapasitas, hanya bertambah sedikit lebih banyak daripad manual yakni di kisaran 220 liter. Harga yang dibandrol untuk alat pertamini jenis ini berkisar antara Rp14.000.000 hingga Rp15.000.000.

Pertaminan Digital Dobel

Gambar: http://bit.ly/2DYcsgb

Spesifikasi alat pertamini digital dobel hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja alat jenis ini memiliki 2 nozel sehingga Anda dapat menjual dua jenis bahan bakar sekaligus seperti bensin dan solar. Harga pertamini digital dobel ini berkisar antara Rp28.000.000 hingga Rp30.000.000.  

Mengurus Surat Perizinan

Untuk memulai bisnis bensin eceran ini Anda wajib mengantongi surat izin terlebih dahulu. Anda bisa mendatangi SPBU terdekat untuk mengurus surat ini. Biasanya, Anda akan mengisi formulir yang diberikan oleh petugas SPBU dengan biaya administrasi sekitar Rp200.000. Surat izin ini perlu karena bila Anda tidak mengantonginya, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan bensin dalam jumlah banyak di SPBU.

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemuda ini buka peluang usaha kuliner dari keripik pisang
Senin, 02 Desember 2019 - 08:39 WIB
Pisang adalah salah satu jenis buah kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin B6, magnesium serta kalor...
INDEF: KUMKM sebagai `juru selamat` perekonomian nasional
Rabu, 27 November 2019 - 09:48 WIB
Peran pemerintah dinilai vital untuk bisa menjadikan KUMKM (Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah)...
Suku bunga KUR turun, diharapkan dorong pertumbuhan koperasi dan UMKM
Jumat, 15 November 2019 - 09:09 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meyakini keputusan Pemerintah untuk menurunkan suku bunga Kre...
Dongkrak daya saing, Kemenperin fokus berikan KUR ke IKM penghasil substitusi impor
Kamis, 14 November 2019 - 12:58 WIB
Kementerian Perindustrian akan terus memfasilitasi lebih banyak program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ya...
Peluang di era disrupsi, ini tiga jurus Teten gairahkan UKM dan koperasi
Senin, 11 November 2019 - 10:25 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan di era disrupsi sebenarnya bisa menjadi peluang un...
Melihat potensi industri refraktori yang dipacu Kemenperin
Senin, 11 November 2019 - 09:31 WIB
Salah satu subsektor yang sedang dipacu, yakni industri refraktori. Hasil produknya digunakan sebaga...
Bisnis online gagal terus, apa harus ganti bisnis saja? Tenang dulu, ini jawabannya!
Kamis, 07 November 2019 - 11:37 WIB
Bisnis online boleh saja semarak. Banyak pelaku usaha yang sukses tapi tidak sedikit pula yang tidak...
Mau sukses bisnis kriya? Perhatikan tiga hal ini
Jumat, 18 Oktober 2019 - 10:55 WIB
Bisnis craft atau kriya memiliki potensi yang cukup besar. Pasarnya bukan hanya dalam negeri tetapi ...
SIIKMA dorong transformasi IKM goes digital
Kamis, 10 Oktober 2019 - 15:26 WIB
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus melakukan pemberdayaan Industri Kecil Menengah (IKM) di...
Pemuda ini lejitkan bisnis payung hingga ke Maldives. Seberapa besar prospeknya?
Senin, 07 Oktober 2019 - 12:10 WIB
Rolls-Royce adalah salah satu kendaraan yang memberikan kemewahan bagi para pemiliknya. Phantom, sal...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)