Founder startup, ini yang harus diketahui tentang karyawan Anda
Elshinta
Selasa, 27 November 2018 - 16:00 WIB | Penulis : Syahid | Editor : Administrator
Founder startup, ini yang harus diketahui tentang karyawan Anda
Sumber foto: https://bbva.info/2KAZaqy

Elshinta.com - Ketika sebuah startup sudah semakin besar, maka seorang founder startup patut memikirkan untuk segera merekrut karyawan. Tujuannya, agar proses produksi atau layanan dapat berjalan maksimal dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat dan tepat. Saat merekrut karyawan, kita harus hati-hati dalam memilihnya. 

Karyawan merupakan orang yang akan bersentuhan langsung dengan bisnis yang Anda jalani. Kehadirannya bukan satu dua hari saja, namun akan menjadi patner mengembangkan bisnis Anda dalam waktu yang lama. Karena bersentuhan langsung dengan bisnis yang kita jalani, karyawan setidaknya mengetahui seluk beluk perusahaan. Oleh karenanya, pertimbangan pertama dalam memilih karyawan adalah seberapa dapat dipercayakah orang tersebut. 

Banyak kasus-kasus yang menyebabkan kerugian yang diakibatkan oleh karyawan. Mulai dari ketidak pahaman karyawan dalam membantu bisnis kita, atau mengundurkan diri dan menjelma menjadi kompetitor, atau bahkan melakukan tindak kejahatan seperti melarikan uang perusahaan. Hal-hal tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, baik dari sifat dan perilaku karyawan sendiri, maupun dari kita sebagai atasannya. 

Memahami bagaimana caranya membina karyawan agar bisa loyal dan bekerja secara efektif untuk Anda sangat penting bagi seorang pengusaha. Berikut ini beberapa tips dalam membina karyawan dalam startup Anda.

Memastikan peran karyawan dalam perusahaan

Memastikan peran setiap karyawan merupakan langkah pertama dalam upaya membina mereka. Pastikan bahwa mereka mendapatkan hak dan kewajiban yang memang sesuai dengan tugas dan fungsinya di perusahaan. 

Dengan memahami tugas dan fungsi yang diterimanya, seorang karyawan dapat berfokus membantu kelangsungan perusahaan dengan pekerjaanya. Bagi perusahaan, Anda pun bisa menilai karyawan dengan objektif karena tugas dan fungsinya sudah sama-sama diketahui antara kedua belah pihak.

Berikan mereka harapan

Dengan masuknya seorang karyawan baru, seharusnya bisa memberikan perbedaan di dalam kegiatan perusahaan. Perbedaan tersebut tentu saja perubahan yang positif, yang memberikan perusahaan kesempatan untuk lebih berkembang lagi.  Berikan harapan Anda kepada karyawan mengenai apa yang ingin dicapai perusahaan dengan bantuannya. Yakinkan kepadanya bahwa Ia adalah orang yang tepat untuk tercapainya target tersebut. 

Dengan seperti itu, karyawan Anda akan merasa lebih dihargai dan diyakinkan bahwa ia dibutuhkan. Imbasnya, karyawan tersebut akan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugasnya. 

Beri kesempatan untuk mengembangkan diri

Ciptakanlah suasana di dalam perusahaan Anda dengan suasana yang memungkinkan setiap orang untuk mengesah sklill mereka setiap mereka. Dalam industri kreatif misalnya, setiap karyawan harus bisa belajar teknik-teknik atau teknologi terbaru dalam menciptakan sebuah karya. Di industri lain pun kurang lebih sama. Beri kesempatan kepada karyawan untuk belajar bahkan mencoba hal-hal baru yang belum ia pernah coba. 

Salah satu caranya dengan melakukan pelatihan internal untuk karyawan Anda. Pelatihan bisa dilakukan ketika karyawan baru masuk atau pada sesi-sesi tertentu untuk memperbarui keterampilan mereka. Selain hard skill yang berkaitan dengan tugas pokoknya, pelatihan soft skill juga penting dilakukan. Hal itu untuk membantu mereka mengatasi permasalahan yang mungkin saja muncul dan harus ditangani sendiri. 

Pemberian bonus dan hukuman

Pada perkembangannya, aka nada karyawan yang bisa bekerja dengan baik ada pula yang tidak. Demi memberikan rasa keadilan kepada mereka yang sudah bekerja dengan baik, maka bonus atau hadiah dan hukuman penting untuk dilakukan. Karyawan yang terbukti memberikan kinerja yang positif sebaiknya diberikan insentif gaji atau bonus-bonus tertentu. Sementara untuk yang tidak memberikan kinerja yang positif sebaiknya diberikan teguran atau hukuman. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Mau bisnis minuman segar yang hits di kalangan milenial? Yuk, intip prospek dan jurus jitunya
Jumat, 23 Agustus 2019 - 15:01 WIB
Elshinta.com - Seiring dengan semakin menggeliatnya entrepreneurship di Tanah Air, kian banyak ana...
Bisnis food truck: Pilih tempat, menu lengkap, keuntungan berlipat
Rabu, 14 Agustus 2019 - 11:50 WIB
Elshinta.com - Peluang bisnis food truck ini masih terbuka lebar dan pangsa pasar yang bisa digara...
Food truck, bisnis kekinian yang digemari milenial. Berapa modalnya?
Rabu, 14 Agustus 2019 - 09:15 WIB
Elshinta.com - Anda berencana ingin berbisnis kuliner dengan menggunakan truk atau yang lebih dike...
Masuk era digital, ini 7 pilihan bisnis yang makin semarak, apa saja?
Kamis, 08 Agustus 2019 - 14:05 WIB
Elshinta.com - Di era digital seperti sekarang, banyak bidang bisnis yang terus bertumbuh....
Ekonomi digital dongkrak bidang logistik jadi bisnis yang `seksi`
Selasa, 30 Juli 2019 - 15:52 WIB
Elshinta.com - Menjamurnya bisnis online dan bertahannya bisnis offline tak bisa disangkal...
Hai milenial! Inilah 7 bisnis menjanjikan untuk mendulang rupiah
Senin, 15 Juli 2019 - 11:08 WIB
Elshinta.com - Berbisnis bagi kalangan milenial, saat ini bukan sesuatu yang asing. Banyak...
Bikin`huh hah`, ini rahasia sukses bisnis ayam geprek
Kamis, 11 Juli 2019 - 12:02 WIB
Elshinta.com - Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang memiliki daya tarik tinggi. B...
Laba bisnis laundry bisa capai 30% dari omzet, tertarik?
Rabu, 10 Juli 2019 - 12:58 WIB
Elshinta.com - Bisnis laundry masih empuk dengan potensi pasar yang besar. Sebab, kebutuha...
Ragam bisnis rumahan, mana yang lebih berpeluang?
Senin, 08 Juli 2019 - 14:35 WIB
Elshinta.com - Menjadi pelaku usaha harus jeli dalam melihat setiap peluang yang hadir. Te...
Dear UKM! Ini 7 bidang bisnis yang paling tahan krisis menurut Yeheskiel Zebua
Jumat, 05 Juli 2019 - 09:00 WIB
Elshinta.com - Yeheskiel Zebua adalah pelaku usaha yang sukses mengembangkan bisnis travel...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)