Kementerian PPN/Bappenas susun `roadmap` pembangunan kelautan berkelanjutan
Senin, 03 Desember 2018 - 12:45 WIB | Penulis : Fajar Nugraha | Editor : Administrator
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2PhXyT4

Elshinta.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas tengah menyusun roadmap atau peta jalan pembangunan kelautan Indonesia berkelanjutan yang terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

"Amanat SDGs, kita diminta untuk menyusun roadmap SDGs Tujuan 14 terkait pembangunan kelautan berkelanjutan. Kita akan menyusun roadmap perikanan bertanggung jawab atau responsible fisheries, roadmap riset samudera, dan skema pendanaan untuk capai SDGs 14," Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Arifin Rudiyanto dalam Workshop Nasional: Pembangunan Kelautan Indonesia Berkelanjutan di Bali, Senin (3/12).

Rudi menjelaskan penyusunan roadmap perikanan bertanggungjawab diperlukan untuk menyelaraskan keseimbangan konservasi perairan melalui Marine Protected Area (MPA) dan kegiatan produksi perikanan melalui Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP).

"Ke depan, kita ingin memfungsikan WPP. Kita bisa kelola dari hulu sampai hilirnya," ujar Rudi, seperti dikutip Antara.

Sementara itu, roadmap riset samudera dibutuhkan untuk memetakan pembagian tugas dan tanggungjawab para pemangku kepentingan yang berbasis hasil penelitian serta pengembangan sains dan teknologi di sektor kelautan dan perikanan.

Sedangkan yang terakhir, diperlukan skema pendanaan yang dapat mendukung pencapaian target SDGs Tujuan 14, yang tidak hanya berasal dari pemerintah.

"Inisiatif skema pendanaan ini yaitu blended finance. Pembiayaan dari pemerintah dikombinasikan dengan sektor swasta, NGO, dan sebagainya, untuk mencapai tujuan yang disepakati bersama. Ini sudah jalan. Sekarang kita punya Zakat for SDGs," pungkasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Senin, 03 Desember 2018 - 12:45 WIB
Elshinta.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas tengah menyusun roadm...
Rabu, 02 Mei 2018 - 11:23 WIB
Elshinta.com - Kemiskinan yang selalu ada di setiap negara menjadi salah satu fokus bagi S...
Minggu, 17 Desember 2017 - 21:14 WIB
Elshinta.com Kepeloporan Indonesia dengan kepemimpinan yang kuat dan inkusif menjalankan Tujuan ...
Senin, 27 November 2017 - 19:15 WIB
Elshinta.com -  Pada tanggal 25 September 2015, negara-negara anggota PBB mengangk...
Sabtu, 19 Maret 2016 - 20:09 WIB
Elshinta.com - Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) disingkat ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)