Ketua DPR minta tindakan preventif terhadap kasus Papua
Rabu, 05 Desember 2018 - 13:24 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Dewi Rusiana
Ketua DPR Bambang Soesatyo memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/12). Sumber foto: https://bit.ly/2E0n51b

Elshinta.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah melakukan tindakan preventif dalam menangani kasus kasus kekerasan di wilayah Papua termasuk kasus pembunuhan pekerja pembangunan infrastruktur jalan. 

"Kita semua harus waspada dan harus melakukan tindakan-tindakan preventif dan langkah-langkah yang membuat mereka jera," kata Bambang usai pertemuan Pengurus FKPPI dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/12). 

Ia tidak bisa mengatakan kejadian pembunuhan puluhan pekerja infrastruktur itu sebagai kecolongan karena setiap awal Desember pasti ada peringatan organisasi tertentu di daerah itu. "Saya tidak bisa mengatakan itu suatu kecolongan. Tapi kita semua harus waspada dan harus melakukan tindakan preventif dan langkah langkah membuat mereka jera," tegasnya. 

Baca juga: KSP kutuk teror terhadap pekerja pembangunan Papua

Ia menyebutkan sikap pimpinan DPR terhadap kasus itu adalah mengutuk keras tindak kekerasan dan kekejaman yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. "Kami mendesak dan mendorong seluruh pasukan yang ada untuk segera memburu pelakunya dan menyeret ke pengadilan," katanya. 

Ia juga mendorong Panglima TNI dan Kapolri  mengirim pasukan-pasukan elite yang ada di kesatuan-kesatuannya karena kasus itu tidak bisa dianggap remeh dan harus dituntaskan secepatnya. "Kami di DPR mendorong aparat hukum dan keamanan tidak bertindak tanggung-tanggung," katanya, dikutip Antara.

Ia juga meminta Komisi I DPR mengundang Panglima TNI untuk menjelaskan bagaimana langkah-langkah penanggulangannya, juga Komisi III mengundang Kapolri untuk menjelaskan langkah untuk menumpas kelompok bersenjata itu. "Sekali lagi kita memang harus memperhatikan HAM, tapi untuk urusan keamanan negara dan keselamatan masyarakat, penegak hukum dan pasukan kita harus bertindak tegas dan keras," kata Bamsoet yang juga Ketua Badan Bela Negara FKPPI. 

Ketika ditanya apakah DPR setuju dengan langkah represif,  Bamsoet mengatakan apapun yang bisa dilakukan untuk menuntaskan masalah itu, DPR pasti setuju. "Yang dipentingkan DPR adalah menyelamatkan bangsa ini, menyelamatkan rakyat kita. Jangan sampai ada lagi korban yang jatuh. Berapa pun ongkosnya," katanya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sabtu, 23 Februari 2019 - 14:17 WIB
Elshinta.com - Pakar Hukum Pidana Universitas Riau, Dr Erdianto Effendi mengatakan pelaku ...
Jumat, 22 Februari 2019 - 17:55 WIB
Elshinta.com - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta masih melakukan penyelidikan terhadap dugaan ke...
Jumat, 22 Februari 2019 - 06:58 WIB
Elshinta.com - Mabes Polri menyatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, T...
Rabu, 20 Februari 2019 - 20:39 WIB
Elshinta.com - Satgas Gakkum Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) akan menangani dan meny...
Rabu, 20 Februari 2019 - 19:25 WIB
Elshinta.com - MC (13) warga Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo yang merup...
Selasa, 19 Februari 2019 - 21:28 WIB
Elshinta.com -Satu keluarga terdiri atas enam orang dibacok oleh tetangganya sendiri karena mot...
Selasa, 19 Februari 2019 - 12:55 WIB
Elshinta.com - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengapresiasi polisi yang berhasil me...
Selasa, 19 Februari 2019 - 07:31 WIB
Elshinta.com - Dua sepeda motor milik Sungkono (53) warga Dusun Kalisalam, Desa Ketitang, ...
Senin, 18 Februari 2019 - 20:56 WIB
Elshinta.com -Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Papua, T.E.A Hery Dosinaen dikenakan pasal ...
Senin, 18 Februari 2019 - 19:38 WIB
Elshinta.com -Polres Purwakarta Jawa Barat, telah melokalisir ladang ganja di Kampung Parang Go...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)