Hindari kanker dengan menghindari barang ini di ruangan Anda
Jumat, 14 Desember 2018 - 15:45 WIB | Penulis : Fajar Nugraha | Editor : Administrator
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2QPNiXe

Elshinta.com - Kanker merupakan penyebab kematian terbesar kedua, di mana berdasarkan data World Health Organization (WHO), sekitar 9,6 juta kematian di tahun 2018 disebabkan kanker.

Terdapat berbagai penyebab yang dapat memicu kanker, beberapa di antaranya terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat. Merokok adalah salah satu penyebab terbesar penyakit ini, kemudian juga akibat tidak diet secara sehat, gaya hidup yang tidak aktif, kebersihan tubuh, konsumsi alkohol, genetika, dan lain sebagainya.

Namun, ada juga beberapa penyebab kanker lain akibat barang-barang di sekitar Anda, khususnya di kamar tidur. Berikut merupakan barang di kamar tidur yang harus Anda hindari, seperti dilansir Boldsky, Jumat (14/12).

1. Bantal dan seprai kapas

Kita semua menggunakan bantal, tetapi memakai bantal kapas dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena kanker. Hal itu dikarenakan tanaman kapas telah terpapar banyak insektisida dan pestisida, serta penyemprotan herbisida untuk melindungi kapas. Cara terbaik untuk menurunkan risiko ini adalah dengan menggantinya menggunakan kapas organik.

Baca juga: Deteksi dini untuk pencegahan kanker usus besar

2. Cat

Cat yang mengandung senyawa organik yang mudah menguap (volatile organic compound/VOC) yang bersifat menyebabkan kanker. Berdasarkan sebuah penelitian, paparan dari cat membuat para pelukis, artis, dan pekerja lainnya cenderung berisiko terkena penyakit kanker paru-paru, kandung kemih, mulut, dan pankreas. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan cat non-VOC untuk menghindari risiko.

3. Pengharum ruangan

Kebanyakan dari kita menyukai wangi dari pengharum ruangan, dan tak jarang kita menyemprotkannya ke tempat tidur, kamar mandi, bahkan di mobil dan ruang kerja, namun hal itu cukup berbahaya dan bisa berpotensi menyebabkan kanker. Maka, hindari penggunaan pengharum ruangan dan bisa diganti dengan bunga seperti melati atau mawar, atau bahkan bisa membuat pengharum ruangan sendiri dengan menggunakan minyak esensial dan air.

4. Perabotan dengan kulit sintetis

Plastik polimer yang disebut PVC biasanya digunakan untuk mempersiapkan kulit sintetis yang berbahaya. Hal ini mengandung berbagai zat kimia yang berpotensi berbahaya bagi tubuh. Sehingga, Anda harus menghindari penggunaannya, bersamaan dengan perabotan lain yang menggunakan melamin, papan partikel, dan sebagainya yang mengandung bahan beracun.

5. Gawai dan barang elektronik

Perangkat elektronik yang berada di sekitar kita saat beristirahat dapat memaparkan radiasi elektromagnetik yang bersifat karsinogenik dan dalam jangka panjang dapat membuat kita cenderung terkena kanker. Cara mudah untuk meminimalisir hal ini adalah dengan mengaktifkan mode pesawat di hp ketika tidur atau mematikan semua perangkat dan menjauhkannya. Tidak hanya menjauhkan dari kanker, kegiatan tersebut juga dapat membantu Anda tidur lebih baik.

6. Kasur dan tirai

Tirai dan kasur yang selama ini membuat kita nyaman memiliki berbagai zat kimia yang dapat membuat kita cenderung memiliki masalah kesehatan, salah satunya kanker. Cara terbaik untuk menghindari hal itu adalah dengan menggunakan kasur dan bahan tirai yang organik.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Minggu, 14 April 2019 - 13:13 WIB
Elshinta.com - Seorang spesialis penyakit retina dan direktur Ophthalmic Research at the L...
Jumat, 12 April 2019 - 16:14 WIB
Elshinta.com - Perbaikan gizi adalah salah satu upaya nyata untuk mengakhiri kemiskinan di Indo...
Kamis, 11 April 2019 - 19:58 WIB
Elshinta.com - Pemerintah kabupaten Kudus Jawa Tengah meluncurkan layanan kegawatdaruratan dan ...
Selasa, 09 April 2019 - 14:16 WIB
Elshinta.com - Indonesia perlu meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman penyak...
Senin, 08 April 2019 - 13:49 WIB
Elshinta.com - Sebuah studi para peneliti Jepang menyatakan jika Anda sering buang air kec...
Sabtu, 06 April 2019 - 17:16 WIB
Elshinta.com - Dokter spesialis anak Dr Setia Budi Salekede Sp.A(K) mengatakan penyakit in...
Sabtu, 30 Maret 2019 - 20:16 WIB
Elshinta.com -Pasien kanker punya risiko merasakan sakit fisik lebih tinggi karena menanggung b...
Sabtu, 30 Maret 2019 - 15:19 WIB
Elshinta.com -Sebanyak 150 anak Sekolah Dasar dibersihkan telinganya di Rumah Sakit Umum Daerah...
Rabu, 27 Maret 2019 - 17:18 WIB
Elshinta.com -Ahli dermatologi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) J...
Kamis, 21 Maret 2019 - 16:38 WIB
Elshinta.com - Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatra Utara melalui Kantor Imigrasi Kelas I Khusus ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)