Komitmen Kemenpora dalam pembinaan cabang olahraga pencak silat go internasional
Sabtu, 15 Desember 2018 - 19:39 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Administrator
Istimewa. Foto: Fendi Lesmana/Radio Elshinta

Elshinta.com - Pengurus Wilayah Pagar Nusa (PWPN) Jawa Timur menggelar pelatihan bagi para pelatih pencak silat. Gelar pelatihan ini sebagai bentuk komitmen pengembangan olah ragah pencak silat. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan nantinya dapat memunculkan atlet yang mampu berkiprah di ajang internasional.

Pelatihan ini digelar selama dua hari, bertempat di Aula Kampus Universitas Islam Kadiri (UNISKA) yang diikuti ratusan pelatih Pagar Nusa se-Karisidenan Kediri. Pelatihan tersebut dibuka  secara langsung oleh Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga Bidang Komunikasi dan Kemitraan, Anggia Ermarini.

Ditemui disela sela usai pembukaan acara, Sekertaris PWPN Jawa Timur Sholahuddin Fathurrohman mengatakan, diharapkannya para pendekar Pagar Nusa mampu merambah ke jalur prestasi.

"Ini merupakan embrio awal membina atlet berprestasi untuk Pagar Nusa (PN). Kalau sebelumnya PN hanya identik dengan Pencak Dor karena memang tradisi, tapi sekarang kami merambah ke jalur prestasi. Dan ternyata kami punya banyak atlet yang sanggup menciptakan itu. Mental tarung kita sudah punya, tinggal kita tata dan atur untuk maju merebut prestasi. Nah sebelum itu, maka kita ciptakan para pelatih," kata Sholahuddin, Sabtu (15/12).

Selama ini, dirinya menyebut baru dua atlet dari Pagar Nusa yang lolos di dalam kancah kompetisi internasional. Seperti Malaysia Competition dan Bangkok Competition atlet Pagar Nusa berhasil memperoleh juara. 

Seusai pelatihan ini diselenggarakan, para pelatih akan ditempatkan di berbagai tempat. Seperti pondok pesantren, sekolah-sekolah, dan tempat lain yang berpotensi untuk mengembangkan cabang olah raga Pagar Nusa.

"Kita akan tentukan dan kirimkan para pelatih ini ke tempat-tempat tertentu, bahwa ini adalah pelatih dari kita. Mereka adalah yang memiliki sertifikasi dan standarisasi atlet pencak silat. Sehingga kita tidak khawatir lagi kehabisan pelatih," ungkapnya kepada Kontributor Elshinta, Fendi Lesmana.

Sementara itu, usai membuka secara resmi pelatihan tersebut Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga Bidang Komunikasi dan Kemitraan Anggia Ermarini memberi apresiasi penuh. 

Dirinya menyebut bahwa pemerintah akan memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan cabang olahraga pencak silat seperti Pagar Nusa sampai go internasional.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sabtu, 20 April 2019 - 10:56 WIB
Elshinta.com - Daniil Medvedev sukses mengklaim kemenangan terbesarnya di turnamen Rolex M...
Sabtu, 20 April 2019 - 10:44 WIB
Elshinta.com - Kerja keras petenis Rafael Nadal di perempat final Rolex Monte-Carlo Master...
Sabtu, 20 April 2019 - 09:53 WIB
Elshinta.com - Petinju Inggris pemegang sabuk juara dunia kelas berat versi WBA, IBF, WBO ...
Jumat, 19 April 2019 - 13:14 WIB
Elshinta.com - Petenis asal Rusia Daniil Medvedev mengalahkan Stefanos Tsitsipas 6-2, 1-6,...
Jumat, 19 April 2019 - 11:53 WIB
Elshinta.com - Petenis Fabio Fognini berhasil melalui Alexander Zverev 7-6 (6), 6-1 dalam ...
Jumat, 19 April 2019 - 10:30 WIB
Elshinta.com - Untuk ketiga kalinya di Rolex Monte-Carlo Masters, Rafael Nadal mengalahkan...
Kamis, 18 April 2019 - 15:58 WIB
Elshinta.com - Nadal memastikan kemenangan komprehensif 6-1, 6-1 atas Roberto Bautista Agu...
Kamis, 18 April 2019 - 12:12 WIB
Elshinta.com - Hasil cukup bagus pebalap BMX Indonesia di Asian BMX Cycling Championship (ACC) ...
Rabu, 17 April 2019 - 07:24 WIB
Elshinta.com - Pebasket yang baru saja pensiun, Dirk Nowitzki, mengaku terbuka dengan kemungkin...
Minggu, 14 April 2019 - 21:33 WIB
Elshinta.com - Pebalap timnas BMX Indonesia membuka peluang lolos Olimpiade 2020 di Tokyo,...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)