BI manfaatkan lahan tidur dijadikan ruang pangan lestari di Banjarbaru
Kamis, 20 Desember 2018 - 18:35 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Sigit Kurniawan
Istimewa. Foto: Syahri Ruslan/Radio Elshinta

Elshinta.com - Dalam Inflasi kerap muncul karena faktor ketidakseimbangan antara supply dengan demand. Untuk itulah, peningkatan supply menjadi hal krusial untuk mencapai keseimbangan tersebut. TPID dalam hal ini telah memberikan rekomendasi untuk mengatasi kendala pada sisi supply melalui pemberdayaan Rumah Pangan Lestari (RPL) dengan terobosan baru. 

Sebagai informasi, RPL merupakan implementasi rekomendasi pengendalian inflasi dari TPID yang dimasukan dalam Roadmap Pengendalian Inflasi Inflasi Tahun 2015-2018 dengan tagline ”Kita Kendalikan Inflasi melalui RPL".

"RPL tidak sekedar memanfaatkan lahan tidur di pekarangan sekitar rumah, namun juga memberdayakan lahan milik instansi/korporasi. RPL ini juga tidak hanya membudidayakan tanaman sayur-sayuran, namun juga ikan dan ternak yang dibutuhkan untuk konsumsi sehari-hari," kata Kepala Bank Indonesia Pwk Kalsel Herawanto di acara Panen Perdana RPL Bumi Tangi belakang Musium Tungku Jalan Ahmad Yani Km.23 Banjarbaru, Kamis, (20/12).

Kata Herawanto Inovasi RPL tersebut telah diterapkan di lahan milik BI Kalsel, yang selanjutnya disebut RPL Bumi Tangi. Selanjutnya tanaman yang di kembangkan yakni tomat, cabai, dan sawi. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengembangkan ikan lele di kolam terpal. Alasan kami menginisiasi program ini yaitu lahan ini adalah lahan produktif tetapi belum dioptimalkan. 

"Selanjutnya, komoditas yang kami tanam adalah komoditas sayur yang menjadi konsumsi pokok sehari-hari. Terkait pemilihan jenis ikan, kami mempertimbangkan bahwa ikan lele dapat menjadi barang substitusi ikan tawar yang persisten menyumbang inflasi, seperti ikan gabus. Pemeliharaan ikan jenis tersebut juga mudah dan dapat dilakukan siapa saja," katanya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Syahri Ruslan.

"Di samping aspek pemberdayaan lahan, RPL ini juga menjadi wadah pemberdayaan karyawan outsourcing yang bertindak sebagai pengelola. Dengan pembinaan teknis dari BI Kalsel, para messenger, satpam, pengemudi, dan cleaning service mampu mengelola RPL ini dengan baik," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, BI Kalsel akan menyelenggarakan pelatihan budidaya tanaman dalam polybag dan hidroponik kepada PKK dan pesantren selama dua hari di RPL Bumi Tangi ini dari tanggal 20 sampai 21/2018.

Wakil Wali Kota Banjar Baru  H. Darmawan Jaya Setiawan merasa bangga atas keberhasilan BI pwk Kalsel membuahkan hasil, karena kehadiran Ruang Pangan Lestari Bumi Tangi milik BI ini sangat menguntungkan Kota Banjar Baru yang RPL nya terbatas cuma lahan lahan di pekarangan untuk ketahanan pangan. "RPL ini menambah semangat dan ini bisa tempat pembelajaran untuk memajukan RPL di Kota Banjar baru," ujarnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Senin, 14 Januari 2019 - 18:31 WIB
Elshinta.com - Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dianugerahi Piala Adipura untuk ketiga kal...
Senin, 14 Januari 2019 - 17:41 WIB
Elshinta.com - Prestasi penghargaan kota terbersih kembali diraih Kabupaten Kudus, Jawa Te...
Minggu, 13 Januari 2019 - 21:55 WIB
Elshinta.com - Kota Surabaya, Jawa Timur, akan menerima tiga penghargaan dari Kementerian ...
Kamis, 10 Januari 2019 - 21:26 WIB
Elshinta.com - Dalam memperingati Hari Sejuta Pohon, pengelola Bandara Internasional Soeka...
Selasa, 08 Januari 2019 - 17:16 WIB
Elshinta.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menggalakkan pengurangan sampah plastik d...
Selasa, 08 Januari 2019 - 13:42 WIB
Elshinta.com - Kepala Distrik Sentani, Budi Yokhu meninjau saluran drainase, yang ada...
Senin, 07 Januari 2019 - 09:04 WIB
Elshinta.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mulai mengantisipasi terj...
Kamis, 03 Januari 2019 - 21:13 WIB
Elshinta.com - Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah akan memperluas dan menyiapkan ...
Kamis, 03 Januari 2019 - 19:25 WIB
Elshinta.com - Pemerintah Indonesia optimis kesepakatan mengenai upaya penurunan emisi den...
Selasa, 01 Januari 2019 - 21:52 WIB
Elshinta.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengungkapkan aka...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)