Satu orang cedera dalam protes Rompi Kuning Prancis
Minggu, 06 Januari 2019 - 14:49 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Administrator
Polisi antihuru-hara berlari di dekat kobaran api saat unjuk rasa oleh para peserta gerakan "rompi kuning" di Boulevard Saint Germain in Paris, Prancis, 5 Januari 2019. Sumber foto: https://bit.ly/2C2Fk3n

Elshinta.com - Para pengunjuk rasa Rompi Kuning turun ke jalan di Ibu Kota Prancis, Paris, dan kota-kota besar lain pada Sabtu (5/1), selama delapan pekan berturut-turut untuk memprotes biaya hidup yang tinggi serta menentang Presiden Emmanuel Macron.

Pawai jalanan tersebut yang dimulai secara damai di Paris-- berubah rusuh pada siang hari, saat pemrotes melemparkan batu ke arah polisi antihuru-hara yang menghadang jembatan di atas Sungai Seine. Polisi menggunakan gas air mata guna mencegah para demonstran yang berusaha mencapai gedung Majelis Nasional. Satu perahu sungai, serta beberapa kendaraan serta barikade di Boulevard Saint-Germain, terbakar.

Bentrokan juga terjadi antara polisi dan demonstran di Kota Nantes di bagian barat negeri tersebut, menurut laporan Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad. Satu orang menderita luka serius selama protes itu, saat polisi menggunakan gas air mata. Menurut polisi, 25.000 orang ikut dalam demonstrasi di seluruh negeri tersebut, yang 3.500 orang di antaranya berunjuk-rasa di Paris. Sebanyak 18 orang juga ditangkap.

Protes Rompi Kuning, yang dimulai sebagai reaksi terhadap kenaikan pajak bahan bakar dan berkembang menjadi protes terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron, terus berlanjut kendati pemerintah menyeru mereka agar menghentikan protes. Sejak 17 November, ribuan pemrotes yang memakai rompi kuning yang dijuluki Rompi Kuning berkumpul di berbagai kota besar Prancis, termasuk di ibu kotanya, Paris, untuk memprotes kenaikan pajak bahan bakar Macron yang kontroversial serta situasi ekonomi yang memburuk.

Demonstran menggelar protes dengan menghalangi jalan dan lalu-lintas, dan juga menghalangi jalan masuk dan ke luar ke banyak stasiun pompa bensin serta pabrik di seluruh negeri tersebut. Pemrotes, yang pada umumnya tinggal di daerah pinggir kota akibat tingginya harga sewa apartemen atau rumah di kota besar, telah menyeru Macron untuk memangkas pajak bahan bakar dan meringankan kesulitan ekonomi mereka, dikutip Antara.

Macron, yang berada di bawah tekanan, mengumumkan kenaikan upah minimum dan juga membatalkan kenaikan pajak bahan bakar. Sepuluh orang telah tewas, lebih dari 4.000 orang ditahan, dan lebih dari 1.000 orang lagi cedera dalam protes itu.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Senin, 22 April 2019 - 14:25 WIB
Elshinta.com - Ukraina pada Minggu (21/4) memasuki peta politik baru, setelah survei di la...
Kamis, 18 April 2019 - 10:35 WIB
Elshinta.com - Protes Rompi Kuning di Prancis untuk menentang kebijakan Presiden Emmanuel ...
Selasa, 16 April 2019 - 18:13 WIB
Elshinta.com - Menteri muda Dalam Negeri Perancis, Laurent Nunez mengatakan, pemicu kebaka...
Minggu, 14 April 2019 - 10:50 WIB
Elshinta.com - Para pengunjuk rasa `rompi kuning` terlibat bentrokan dengan polisi anti hu...
Jumat, 12 April 2019 - 07:56 WIB
Elshinta.com - Parlemen Rusia pada Kamis (11/4) menyetujui rancangan undang-undang yang akan me...
Rabu, 10 April 2019 - 09:14 WIB
Elshinta.com - Menteri luar negeri Turki pada Selasa (9/4) mengatakan peningkatan konflik ...
Senin, 08 April 2019 - 21:32 WIB
Elshinta.com - Pihak berwenang Rusia memutuskan untuk membebaskan hampir seratus ikan paus yang...
Minggu, 07 April 2019 - 20:15 WIB
Elshinta.com -Duke and Duchess of Sussex tak perlu khawatir kekurangan mainan untuk calon buah ...
Sabtu, 06 April 2019 - 08:37 WIB
Elshinta.com -Kepala BKPM, Thomas Lembong mengatakan, `Making Indonesia 4,0` merupakan ini...
Sabtu, 06 April 2019 - 07:49 WIB
Elshinta.com -Dubes RI untuk Belgia merangkap Uni Eropa (UE) dan Luksemburg, Yuri O Thamrin men...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)