SMAN 1 Cibatu Purwakarta kembangkan robot Avoider
Senin, 07 Januari 2019 - 21:59 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Administrator
Foto: Tita Sopandy/Radio Elshinta

Elshinta.com - SMAN 1 Cibatu Purwakarta Jawa Barat, akan mengembangkan robot temuanya, setelah sebelumnya masuk rengking sepuluh besar pada lomba robot Avoider tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diselenggarakan oleh Polytechnic Enjinering Indorama.

Kontributor Elshinta, Tita Sopandy, Senin (07/01) melaporkan, robot temuan SMAN 1 Cibatu tersebut adalah jenis robot Avoider wallfollower atau robot halang rintang, yang mampu secara otomatis berhenti apabila mendapat penghalang.

Kepala Sekolah SMAN 1 Cibatu Asep Sundu Mulyana mengatakan, dengan temuan sensor otomatis karya siswa dan telah masuk peringkat sepuluh besar dari 42 peserta tingkat SLTA se-Jawa Barat, berharap bisa dikembangkan dan bisa digunakan sehari-hari, karena robotik tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan industri atau troli pengangkut barang apabila dibuat dengan dimensi serta didesain dengan ukuran lebih besar lagi.

Menurut Asep meskipun anak didiknya berasal dari kecamatan, namun mereka mampu dan bisa bersaing ditingkat Jawa Barat khusus dalam robotik.
Robotik di SMAN 1 telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir dengan tenaga pembimbing di sekolah tersebut, dengan tujuan agar para pelajar dapat mengenal IT dan teknologi sejak dini, karena dimasa depan generasi bangsa harus memiliki wawasan teknologi dan tenaga siap pakai dalam bidang teknologi.

Pelajaran robotik di SMAN 1 Cibatu telah dimasukan pada program ekstrakurikuler, sehingga kedepan lulusanya dapat memiliki skill robotika dan elektronika, karena seiring dengan perkembangan jaman bahwa perusahaan akan menggantikan manusia bekerja dengan menggunakan mesin.

"Ke depan teknologi para pelajar harus mampu berkompetisi dan bersaing secara nasional, setelah itu mereka dipersiapkan untuk mampu bersaing teknologi secara global," kata Asep.

Salah satu guru pembimbing pembuat robot SMAN 1 Cibatu Hernanda Najmudin mengatakan, hasil karya robotik tersebut tidak saja bisa dibuat dan ditemukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan saja, akan tetapi pelajar SMA juga bisa dan membuktikanya dengan memenangkan perlombaan robot Avoider, sehingga para pelajar tersebut bisa menambah skill seperti di SMK. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Selasa, 26 Maret 2019 - 09:53 WIB
Elshinta.com - Para ilmuwan di Jepang kini berusaha menjembati fiksi ilmiah dan sains, sal...
Senin, 04 Maret 2019 - 17:46 WIB
Elshinta.com - Siswa SMP Negeri 1 Tasikmalaya, Alwan Hanif Ramadhan berhasil mengembangkan...
Jumat, 01 Februari 2019 - 19:55 WIB
Elshinta.com - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nas...
Senin, 14 Januari 2019 - 12:02 WIB
Elshinta.com - Produsen pesawat tanpa awak (drone), DJI, memperkenalkan pengendalian jarak...
Senin, 07 Januari 2019 - 21:59 WIB
Elshinta.com - SMAN 1 Cibatu Purwakarta Jawa Barat, akan mengembangkan robot temuanya, set...
Kamis, 03 Januari 2019 - 15:54 WIB
Elshinta.com - Pesawat Udara Nirawak (PUNA) tipe Alap-Alap PA-06D rancangan Badan Pengkaji...
Sabtu, 15 Desember 2018 - 17:44 WIB
Elshinta.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berpendapat, suka atau tidak ...
Selasa, 20 November 2018 - 15:37 WIB
Elshinta.com - Seorang pemuda tuna wicara asal Purwakarta, Jawa barat, mampu bikin robot m...
Minggu, 15 Juli 2018 - 09:19 WIB
Elshinta.com - Robot Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang meraih juara pertama ...
Jumat, 08 Juni 2018 - 16:36 WIB
Elshinta.com - Google mengumumkan, Kamis (7/6/2018), tidak akan menggunakan kecerdasan bua...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)