Kepala Distrik Sentani tinjau saluran drainase di pusat kota
Selasa, 08 Januari 2019 - 13:42 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Administrator
Kepala Distrik Sentani, Budi Yokhu. Foto: Aman Hasibuan/Radio Elshinta

Elshinta.com - Kepala Distrik Sentani, Budi Yokhu meninjau saluran drainase, yang ada di wilayah Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (07/01). Rencananya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan melakukan perbaikan saluran drainase, untuk mengantisipasi tingginya volume air pada musim hujan. Sehingga tidak meluap dan menggenangi jalan protokol di pusat kota.

Budi Yokhu tampak serius mengamati beberapa sudut drainase, dengan ditemani stafnya. Ia berharap setelah peninjauan drainase ini bisa diperbaiki, sehingga debit air yang saat ini besar melonjat akibat pengaruh musim hujan yang saat ini terjadi.

“Minggu (06/01) malam hampir semua jalan protokol ini tergenang banjir, pasca hujan yang berkepanjangan. Kami memastikan bahwa genangan yang terjadi adalah murni akibat tingginya intensitas hujan, bukan dari permasalahan drainase yang tidak tertata dengan baik, ataupun akibat dari degradasi hutan cyclop,” kata Budi, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan.

Menurut Budi Yokhu, tingginya volume air hujan, hingga mengakibatkan banjir dan menggenangi sejumlah jalan di Sentani itu diakibatkan kiriman air dari wilayah dataran tinggi cyclop, namun demikian hal itu tidak berlangsung lama, sebab beberapa jam kemudian banjir tersebut surut.

“Banjir di Kota Sentani terjadi Minggu kemarin itu adalah akibat kiriman air dari cyclop, bukan karena drainase. Tadi saya cek semua drainase bagus, masih mamadai, hanya memang intensitas hujan yang tinggi jadi meluap, namun itu lama, langsung surut,” ujar Budi Yokhu.

Dikatakan, khusus untuk genangan air yang terjadi disekitar Yonif 751 Raider, itu adalah akibat adanya sejumlah bangunan yang di dirikan disekitar daerah aliran sungai yang berada tak jauh di belakang Bataliyon. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pengecekan terkait dengan keberadaan bangunan tersebut, jika memang tidak memiliki IMB ataupun memiliki IMB tapi tidak sesuai dengan peruntukannya, maka pihaknya tidak segan-segan untuk melakukan penertiban.

Budi Yokhu mengimbau pada masyarakat agar bisa lebih peduli terhadap lingkungan mereka masing-masing, dan tidak melakukan aktivitas yang dapat menganggu kelancaran drainase air, ataupun daerah aliran sungai yang ada di sekitar Sentani. Selain itu, masyakat wajib menerapkan pola hidup bersih, dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, sebab jika itu masih dilakukan maka tidak menutup kemungkinan bencana alam bisa melanda Distrik Sentani dan sekitarnya.

“Kita minta mulai sekarang masyarakat harus bisa peduli terhadap lingkungannya, wajib menjaga drainase dan tidak membuang sampah, sebab kita tahu sekarang ini musih hujan jika drainase tersumbat, nanti akan berakibat pada banjir, kalau banjir terjadi yang repot kan masyakat juga,” ungkapnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kamis, 25 April 2019 - 13:35 WIB
Elshinta.com - Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan...
Sabtu, 20 April 2019 - 21:37 WIB
Elshinta.com - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) bersama Balai Prasarana Permu...
Sabtu, 20 April 2019 - 07:38 WIB
Elshinta.com - Kementerian Pertanian terus memacu peningkatan produksi komoditas pertanian...
Senin, 15 April 2019 - 21:59 WIB
Elshinta.com - Wali Kota Malang, Jawa Timur, Sutiaji mengungkapkan terkait banjir yang ter...
Sabtu, 13 April 2019 - 21:59 WIB
Elshinta.com - Sebanyak 1.264 karung berisi limbah minyak, kembali dikumpulkan Dinas Lingkungan...
Rabu, 10 April 2019 - 20:37 WIB
Elshinta.com - Direktur Utama Perum Jasa Tirta (PJT) II, U Saefudin Noer mengajak HydroGen...
Rabu, 10 April 2019 - 07:21 WIB
Elshinta.com - Pulau Ambon merupakan pulau indah dengan kekayaan alam melimpah. Pantai Pin...
Selasa, 09 April 2019 - 17:35 WIB
Elshinta.com - Penemuan sampah plastik di pesisir pantai yang telah berusia 19 tahun laman...
Minggu, 07 April 2019 - 11:17 WIB
Elshinta.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta mengungkapkan wilayahnya sudah...
Jumat, 05 April 2019 - 07:56 WIB
Elshinta.com - Perhutanan Sosial di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang hingga Maret 2019 c...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)