Wapres koordinasikan pihak terkait untuk integrasi transportasi di Jabodetabek
Rabu, 09 Januari 2019 - 07:26 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Administrator
Mendagri Tjahjo Kumolo menjawab wartawan usai mengikuti rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (8/1) sore. Sumber foto: https://bit.ly/2Cbn4VP

Elshinta.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla ditunjuk untuk mengkoordinasikan pihak-pihak terkait dalam masalah integrasi transportasi di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Dalam keterangannya usai Rapat Terbatas Kabinet yang membahas tentang Pengelolaan Transportasi Jabodetabek di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (8/1), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, belum diketahui bentuk badan atau lembaga yang akan menangani masalah integrasi transportasi di Jabodetabek itu. Namun ada kesepakatan tiga gubernur, yakni Gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, dan kemudian nantinya akan dikomunikasikan oleh Kemendagri bagaimana satu manajemen, satu pengorganisasian.

Mendagri menyebutkan, di pusat ada PUPR, ada Perhubungan, ada BUMN, ada Pemda DKI, ada Pemda masuk ke Bekasi sedikit saja sudah masuk ke Pemda Jawa Barat, masuk ke Tangerang wilayah yang bandara saja ada yang masuk ke wilayah Banten.

“Nah ini yang harus kompak dulu. Tadi ada 3 gubernur, yang penting masing-masing pemda diberikan otoritas. Soal bentuknya bagaimana, bentuk organisasinya bagaimana, manajemen yang bagaimana akan diputuskan dalam rapat yang dipimpin oleh Bapak Wapres,” kata Mendagri kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo itu.

Intinya, lanjut Mendagri, daerah harus ada kata sepakat dan nanti Kemendagri akan mencoba untuk mengkoordinir. Untuk pusatnya nanti akan langsung oleh Presiden dan Wapres yang mengkoordinir. Tapi yang intinya adalah satu tahun itu sudah mencapai kerugian karena kemacetan itu hampir Rp100 triliun.

“Sekarang ini bagaimana membangun jaringan antara Jakarta-Bekasi sampai ke Jakarta-Bogor, Jakarta-Tangerang Selatan, Jakarta lewat Tangerang dari airport karena ada bisnya, ada LRT-nya, ada MRT-nya ini harus terintegrasi,” terang Mendagri.

Soal kemungkinan pembentukan badan baru, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, arahan Presiden justru karena banyak instansi, banyak badan sehingga menimbulkan manajemennya tidak bagus.

“Sekarang bagaimana mempersingkat manajemen, mempersingkat urusan organisasinya,” ujar Mendagri seraya menunjuk contoh urusan jembatan Suramadu itu ada Pemda Kotamadya Sumenep, ada Pemda Provinsi, dibangun lagi badan otoritas Jembatan Suramadu.

Langsung di bawah presiden?

“Oo belum tahu. Nanti sudah… tadi diputuskan, ditunjuk Bapak Wapres untuk segera memutuskan ini,” pungkas Mendagri, seperti diinformasikan melalui laman resmi Setkab.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kamis, 25 April 2019 - 15:24 WIB
Elshinta.com - Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutus empat perkara pengujian aturan terkait den...
Kamis, 25 April 2019 - 06:29 WIB
Elshinta.com - Polisi akhirnya menetapkan AB, rekan seorang pengacara, Denny Supari (DS), ...
Rabu, 24 April 2019 - 12:37 WIB
Elshinta.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pembebasan Pajak Bumi dan ...
Rabu, 24 April 2019 - 11:04 WIB
Elshinta.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengibaratkan prajurit Komando Pas...
Rabu, 24 April 2019 - 10:21 WIB
Elshinta.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali membuka seleksi gelombang ketiga...
Rabu, 24 April 2019 - 10:04 WIB
Elshinta.com - Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Purn Prabowo Subianto, mantan Panglima TN...
Rabu, 24 April 2019 - 09:07 WIB
Elshinta.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah DK...
Rabu, 24 April 2019 - 07:39 WIB
Elshinta.com - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin berupaya memperkuat dan mengop...
Selasa, 23 April 2019 - 19:46 WIB
Elshinta.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karna...
Selasa, 23 April 2019 - 13:10 WIB
Elshinta.com - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) menyayangkan masih terjadi konflik s...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)