KPU berharap relawan demokrasi tumbuhkan kesadaran pentingnya pemilu
Sabtu, 12 Januari 2019 - 10:25 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Administrator
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2KEz30b

Elshinta.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan relawan demokrasi yang sedang dibentuk lembaga penyelenggara pemilu bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Pemilu 2019.

"Relawan demokrasi yang akan mulai bekerja di akhir Januari sampai dengan April diharapkan dapat menumbuhkan kembali kesadaran positif masyarakat akan pentingnya Pemilu," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Sabtu (12/1).

Dengan demikian, kata dia, pada akhirnya nanti relawan demokrasi KPU Bantul yang pendaftarannya dibuka sejak 10 sampai 15 Januari 2019 tersebut dapat menggerakkan masyarakat untuk aktif dalam setiap tahapan Pemilu.

Didik mengatakan, relawan demokrasi yang berjumlah 55 orang itu akan menjadi mitra strategis KPU Bantul dalam hal pendidikan pemilih dan sosialisasi kepada masyarakat sehingga terwujud pemilih yang cerdas di Bantul.

"Keberadaan relawan demokrasi ini akan bersinergi dengan penyelenggara pemilu yang sudah ada baik itu panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) serta relawan sadar pemilu yang ada di masing-masing dusun," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, relawan demokrasi yang akan dibentuk oleh KPU Bantul ini akan melakukan pendidikan pemilih dan sosialisasi tahapan pemilu di sebelas basis pemilih se-Bantul.

"Yaitu, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan, warga internet dan basis relawan demokrasi," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Bantul Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Musnif Istiqomah mengatakan bahwa pendaftaran relawan demokrasi dibuka dari 10-15 Januari di KPU Bantul dengan tes wawancara 16 Januari dan diumumkan pada 17 Januari 2019.

Dia menjelaskan, salah satu syarat relawan demokrasi adalah umur minimal 17 tahun dan sudah tercatat sebagai pemilih Pemilu 2019 yang dibuktikan dengan surat keterangan sebagai pemilih dari PPS setempat.

"Untuk persyaratan dan informasi terkait relawan demokrasi dapat diakses melalui website KPU Bantul di www.kab-bantul.kpu.go.id. Selanjutnya untuk berkas lamaran diterima pada hari kerja pukul 08.00-16.00 WIB," katanya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Selasa, 23 April 2019 - 12:03 WIB
Elshinta.com - Munculnya dugaan kecurangan pasca pencoblosan di Pemilu 2019, tidak hanya m...
Selasa, 23 April 2019 - 11:53 WIB
Elshinta.com - Wakil Presiden, Jusuf Kalla pada Senin (22/4) malam, menemui sejumlah tokoh...
Selasa, 23 April 2019 - 11:15 WIB
Elshinta.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut jika Panwaslu dan Panitia Pemilihan Lu...
Selasa, 23 April 2019 - 10:43 WIB
Elshinta.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku menyatakan keprihatinan dengan Ketua Kel...
Selasa, 23 April 2019 - 10:37 WIB
Elshinta.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku menegaskan tidak ada pemungutan suara ulang d...
Selasa, 23 April 2019 - 10:28 WIB
Elshinta.com - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, merekomendasikan un...
Selasa, 23 April 2019 - 09:49 WIB
Elshinta.com - Ketua Komisi A DPRD Kalimantan Tengah Freddy Ering menyarankan kepada pemer...
Selasa, 23 April 2019 - 09:38 WIB
Elshinta.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo masih menunggu usulan penyel...
Selasa, 23 April 2019 - 09:20 WIB
Elshinta.com - Pengelola Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, s...
Selasa, 23 April 2019 - 08:42 WIB
Elshinta.com - Dukungan masyarakat agar KPU dan Bawaslu tetap bekerja secara profesional s...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)