Asita: Harga tiket pesawat tinggi pengaruhi kunjungan wisatawan
Sabtu, 12 Januari 2019 - 13:51 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Administrator
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2FnzUEj

Elshinta.com - Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Kalimantan Barat, Nugroho Henray Ekasaputra, mengatakan harga tiket pesawat yang saat ini dinilai mulai tinggi tentu akan mempengaruhi jumlah kunjungan wisatan baik lokal maupun internasional.

"Sejak awal tahun ini harga tiket memang mulai dirasakan tinggi. Maskapai kita lihat dalam menjual tiket memaksimalkan harga batas atas. Itu tentu mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai daerah di Nusantara atau wisatawan asing ke pejuru wilayah negara kita," ujarnya di Pontianak, Sabtu (12/1).

Menurut Henray, 60 persen aktivitas orang ingin berwisata dipengaruhi oleh harga tiket pesawat. Jika harga tiket tinggi tentu orang akan berpikir ulang atau akan sedikit memperhatikan untuk kegiatan berwisatanya. "Apalagi ke Kalbar ini, saat hari kegiataan keagamaan dan hari besar sebelumnya saja tinggi. Jika dengan kondisi sekarang tentu akan jauh lebih tinggi. Pada Cap Go Meh saja di Singkawang, sudah ada tamu kita yang membatalkan ke sana. Sebab untuk transportasi sangat tinggi," jelas dia.

Ia berpendapat bahwa dengan kondisi ini juga akan mempengaruhi target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia maupun kunjungan wisatawan Nusantara ke berbagai daerah.

Ketua Asita Kalbar juga mempertanyakan dengan tingginya harga tiket, apakah juga akan bisa mewujudkan target kunjungan wisata nusantara dan wisatawan mancanegara yang telah ditetapkan pemerintah. Ia memaparkan seharusnya antar kementerian saling mendukung, Kementerian Perwisata juga didukung oleh Kementerian Perhubungan. "Bagaimana maskapai milik BUMN mendukung kebijakan pemerintah. Maskapai lainnya didorong oleh Kemenhub juga demikian. Semua harus sinkron dan saling mendukung baru bisa mencapai target," ujarnya, dikutip Antara.

Ia menambahkan belum lagi saat ini satu di antara maskapai yaitu Lion Air, tidak lagi menggratiskan bagasi. Hal itu, kata dia, akan mempengaruhi minat wisatawan membeli produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, sebagai pemberi jasa perjalanan, pihaknya meminta pemerintah mempertimbangkan dan memperhatikan hal-hal tersebut terkait peningkatan kunjungan wisatawan. "Kami promosi ke sana kemari tidak akan berdampak maksimal tanpa didukung kebijakan yang memudahkan," ujarnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Senin, 21 Januari 2019 - 11:39 WIB
Elshinta.com - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (...
Senin, 21 Januari 2019 - 10:43 WIB
Elshinta.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (21/1)...
Senin, 21 Januari 2019 - 09:18 WIB
Elshinta.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menin...
Senin, 21 Januari 2019 - 07:25 WIB
Elshinta.com - Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebutkan Kemenpar akan yang melancarkan ...
Sabtu, 19 Januari 2019 - 18:26 WIB
Elshinta.com -Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi strategi GOJEK mengak...
Sabtu, 19 Januari 2019 - 15:42 WIB
Elshinta.com -PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melakukan penandatangan...
Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:41 WIB
Elshinta.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun pada akhi...
Jumat, 18 Januari 2019 - 16:58 WIB
Elshinta.com - Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan nasabah program Membina Ekonomi Kelu...
Jumat, 18 Januari 2019 - 12:47 WIB
Elshinta.com - PT Pertamina (Persero) mengembangkan berbagai jenis bahan bakar minyak (BBM...
Jumat, 18 Januari 2019 - 11:50 WIB
Elshinta.com -Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (18...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)