Crutchlow incar podium, Ducati hadapi ujian berat di GP Argentina
Elshinta
Kamis, 28 Maret 2019 - 12:04 WIB |
Crutchlow incar podium, Ducati hadapi ujian berat di GP Argentina
Pebalap LCR Honda Cal Crutchlow di GP Qatar. Sumber foto: https://bit.ly/2JUPABQ

Elshinta.com - Pebalap LCR Honda Castrol Cal Crutchlow akan berusaha mengulangi kesuksesannya pada musim lalu di balapan GP Argentina yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo akhir pekan ini.

Usai pulih dari cedera pergelangan kaki yang ia dapat di Australia pada akhir musim lalu, pebalap asal Inggris itu kembali dengan kejutan dengan finis ketiga, menjadi podium ke-17 selama karirnya, di seri pembuka di Qatar.

Kemudian di Rio Hondo, Crutchlow meraih kemenangan dramatis setelah start dari P10 di balapan dengan cuaca yang tidak menentu tahun lalu. Dari lima kali balapan di sana, pebalap berusia 33 tahun itu mengenal baik aspal trek Rio Hondo setelah tiga kali naik podium. Dua podium lainnya didapatnya ketika finis ketiga pada 2015 dan 2017.

Sementara itu, pebalap Mission Winnow Ducati Andrea Dovizioso menuju ke Argentina berbekal kepercayaan diri usai memenangi duel klasik dengan Marc Marquez (Repsol Honda) di Qatar. Namun pebalap asal Italia itu tidak mau terlena karena pengalaman mengajarkan jika motor Ducati kurang begitu cocok dengan sirkuit Termas de Rio Hondo. "Kami mengawali kejuaraan dunia ini dengan sebaik mungkin dengan kemenangan di Qatar," kata Dovizioso seperti dikutip Antara dari laman resmi MotoGP pada Kamis.

"Tapi musim masih panjang dan pengalaman mengajari kami jika kami tidak boleh lengah."

Dovi cukup berjuang keras di Argentina sejak balapan itu kembali menjadi kalender tetap Moto GP pada 2014. Pebalap berusia 33 tahun itu hanya sekali finis di dalam peringkat lima besar, kala itu dia finis runner-up di belakang Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) pada 2015.

"Basis kami bagus, kami bekerja baik dan di Losail kami bisa mengeluarkan hampir seluruh kekuatan kami, khususnya di kecepatan puncak dan akselerasi, tapi kami masih harus meningkatkan performa tengah kami di tikungan," kata Dovi.

"Argentina, dan tentunya balapan di sana, akan menjadi ujian bagus bagi kami dan memungkinkan kami mencari solusi baru. Tujuan kami adalah podium, khususnya di trek di mana kami akan mengalami kesulitan, untuk terus berjuang demi gelar juara hingga akhir."

GP Argentina menampilkan start yang teraneh musim lalu. Mengawali balapan dengan ban basah, para pebalap sebelum start mengganti motor mereka dengan ban kering (slick). Setelah pebalap kembali ke grid, race director mengharuskan semua pebalap yang berganti motor untuk start lima grid di belakang Jack Miller (Ducati), satu-satunya pebalap yang tidak mengganti motornya, yang meraih pole position tahun lalu.

Start semakin aneh ketika Marc Marquez mendapati mesin motornya mati menjelang start dan berusaha menyalakannya kembali dengan mendorongnya ke depan grid sementara pebalap lain sudah bersiap dari posisi startnya masing-masing. Dari 2014 hingga 2017, Marquez selalu start terdepan di Argentina dan meraih podium juara di sana pada 2014 dan 2016.

Pada 2015 dia terjatuh setelah bersenggolan dengan Rossi, kemudian dua tahun berikutnya pada 2017 dia kembali terjatuh ketika memimpin balapan. Musim lalu menjadi semakin drama bagi pebalap asal Spanyol itu. Walaupun memiliki kecepatan di balapan, namun Marquez gagal meraih poin karena mendapat tiga kali penalti dan juga bersenggolan kembali dengan Rossi, kali ini "the Doctor" yang terjatuh di trek.

Rekan satu tim Marquez, Jorge Lorenzo, memastikan diri akan tampil di GP Argentina walaupun masih dalam masa pemulihan paska operasi pergelangan tangan dan juga usai mengalami retak tulang rusuk akibat terjatuh di Losail. Setelah balapan di gurun Qatar, tim rival Yamaha akan memperbaiki diri di Argentina. Rossi memenangi balapan di sana pada 2015, sementara Maverick Vinales meraih trofi juara GP Argentina dua tahun lalu.

Pabrikan asal Iwata itu juga menyediakan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan rekan satu timnya Fabio Quartararo dengan mesin 2019. Quartararo, yang harus start dari pit karena motornya mati di grid, adalah salah satu pebalap tercepat di trek Losail terutama di saat sesi latihan bebas. Pebalap Prancis itu tentunya masih memiliki banyak ruang untuk menunjukkan potensinya.

Walaupun baru turun dua kali di Argentina di kelas MotoGP, Alex Rins (Suzuki Ecstar) bisa menjadi ancaman nyata bagi pebalap lainnya di Argentina. Balapan tahun lalu di Sirkuit Termas menjadi tempat pebalap Suzuki itu meraih podium pertamanya di kelas premier.

Finis di dalam peringkat enam besar di delapan balapan terakhir, Rins akan menawarkan tontonan menarik sebagai penantang para pebalap terdepan bersama rekan satu timnya, pebalap rookie Joan Mir, yang juga bersinar ketika turun di balapan perdana di kelas MotoGP di Qatar.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) yang finis di peringkat 10 besar di Qatar akan berusaha menjinakkan trek Termas untuk meraih poin lebih banyak dari yang ia raih di Losail bersama rekannya, Andrea Ianonne, yang hampir naik podium pada 2015 walaupun ketika itu dengan motor yang berbeda.

Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) meraih satu poin di Qatar dan akan berusaha lebih keras untuk mengamankan poin kembali dengan rekannya Pol Espargaro, yang finis P11 di Argentina tahun lalu.

Balapan seri kedua MotoGP 2019 di Sirkuit Termas de Rio Hondo akan digelar pada Minggu 31 Maret pukul 15:00 waktu setempat atau Senin, 1 April pukul 01:00 WIB.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Alberto Puig berharap Lorenzo bisa kembali membalap di Silverstone
Rabu, 14 Agustus 2019 - 11:04 WIB
Elshinta.com - Tim Repsol Honda berharap Jorge Lorenzo bisa kembali membalap di GP Inggris kurang ...
Adik Marc Marquez tunda kepindahannya ke MotoGP
Rabu, 14 Agustus 2019 - 10:55 WIB
Elshinta.com - Pemuncak klasemen Moto2 Alex Marquez menunda debutnya di MotoGP setelah menandatang...
Rossi dan Vinales ungkap kemajuan tunggangannya di Austria
Minggu, 11 Agustus 2019 - 12:39 WIB
Elshinta.com - Valentino Rossi dan Maverick Vinales merasakan motor Yamaha yang mereka tun...
Akan tampil habis-habisan, Dovizioso waspadai Marquez di Austria
Minggu, 11 Agustus 2019 - 10:27 WIB
Elshinta.com - Pebalap Ducati Andrea Dovizioso akan mewaspadai rivalnya, Marc Marquez (Rep...
Rumor Lorenzo balik ke Ducati ramai ditanggapi para pebalap
Jumat, 09 Agustus 2019 - 07:59 WIB
Elshinta.com - Rumor tentang kemungkinan Jorge Lorenzo (Repsol Honda) akan kembali ke Duca...
Marquez raih kemenangan kesepuluh beruntun di Jerman
Minggu, 07 Juli 2019 - 20:54 WIB
Elshinta.com - Marc Marquez (Repsol Honda) menjuarai GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (...
Alex Marquez juarai GP Jerman, Dimas Ekky absen
Minggu, 07 Juli 2019 - 20:32 WIB
Elshinta.com - Alex Marquez (EG 0,0 Marc VDS) meraih kemenangan keempatnya musim ini pada Moto2...
Marquez ungguli Quartararo raih pole position GP Jerman
Minggu, 07 Juli 2019 - 06:52 WIB
Elshinta.com - Pebalap MotoGP dari Tim Repsol Honda, Marc Marquez meraih pole position kes...
Yamaha siap tebar ancaman di GP Jerman
Jumat, 05 Juli 2019 - 06:13 WIB
Elshinta.com - Pabrikan Yamaha siap menebar ancaman kepada pebalap favorit juara pada GP Jerman...
Atasi Marquez, Vinales juarai GP Belanda
Minggu, 30 Juni 2019 - 20:43 WIB
Pebalap dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP Maverick Vinales memenangi balapan seri kedelapan Moto...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: widget/infodarianda.php

Line Number: 24

Backtrace:

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/application/views/elshinta/widget/infodarianda.php
Line: 24
Function: _error_handler

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/application/views/elshinta/view_berita_detail.php
Line: 207
Function: include

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/application/libraries/Template.php
Line: 16
Function: view

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/application/controllers/Berita.php
Line: 144
Function: load

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/index.php
Line: 294
Function: require_once