Lawan hoax, alumni SMPN 2 Kota Tangerang sumbang buku ke perpustakaan
Kamis, 11 April 2019 - 15:06 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Dewi Rusiana
Alumni SMPN 2 Kota Tangerang sumbang buku ke Perpustakaan Kota Tangerang. Foto: Istimewa/Elshinta.

Elshinta.com - Derasnya informasi hoax di sejumlah media sosial saat ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan dunia pendidikan. Karena itu, untuk melawan hoax alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 KotaTangerang (Duta 88) menyumbangkan ratusan buku ke perpustakaan.

Sumbangan buku, baik baru dan bekas itu dikemas dalam 'Program Literasi Duta 88' dikumpulkan dari sejumlah alumni sekolah yang terletak di Jalan Siswa, Kota Tangerang ini. Selain itu, program tersebut merupakan bagian untuk mengisi Hari Ulang Tahun Kota Tangerang ke-26 yang jatuh pada 28 Februari 2019 lalu. 

Penyerahan sumbangan buku itu secara simbolik diserahkan dalam upacara pagi di halaman Gedung Windu Karya, Dinas Perpustakaan Kota Tangerang di Jalan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Rabu (10/4/2019). Hadir dalam acara itu Kepala Bagian Perpustakaan Kota Tangerang Zaelani SH beserta jajarannya. Juga dihadiri Rudy Saputra selaku Ketua Umum Alumni Duta 88, Ketua Panitia Program Literasi Duta 88 Sandy Prihandono dan beberapa perwakilan alumni lainnya. 

"Kami berterimakasih dan menyambut baik adanya buku-buku sumbangan dari alumni Duta 88, karena ini sesuai dengan program Kota Tangerang yang ingin mencerdaskan masyarakat," kata Zaelani saat menerima penyerahan sumbangan buku tersebut. 

Zaelani mengatakan, Pemkot Tangerang melalui Dinas Perpustakaan sudah membuat 62 perpustakaan di 13 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Rencananya, akan membuat 1.004 Rumah Baca sampai tingkat Rukun Warga (RW) se-Kota Tangerang. 

"Saat ini telah ada sekitar 60.000 eksemplar buku yang ada di perpustakaan dan ada 4 unit Mobil Perpustakaan yang setiap hari keliling ke sekeloh di Tangerang," jelas Zaelani lagi.

Sementara Ketua Panitia Program Literasi Duta 88 Sandy Prihandono mengatakan, program ini sebagai bentuk perlawanan terhadap derasnya informasi hoax. "Itu dasar kami mengadakan program ini. Selain itu, didasari keinginan kami ikut dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat, selain melawan hoax," ungkap Sandy dalam rilisnya yang diterima redaksi elshinta.com, di Tangerang, Kamis (11/4). 

Kegiatan pengumpulan buku dimulai sejak bulan Februari hingga awal April 2019 ini. Buku yang terkumpul dari sesama alumni sebanyak 304 buku. 254 buku disumbangkan ke Dinas Perpustakaan Kota Tangerang. Sisanya 50 buku disumbangkan ke Perpustakaan SMP Negeri 2 Kota Tangerang. 

"Tidak banyak, tapi setidaknya ini menjadi kontribusi kami buat kota dan adik-adik kita nanti. Buku itu bertema sastra, sejarah, biografi, ekonomi, politik hingga keterampilan lainnya," kata Sandy yang kini menjadi pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta itu

Alumni SMP Negeri 2 Tangerang yang merupakan angkatan 1988 yang berjumlah 120 orang ini membentuk wadah bernama Duta 88 sejak bulan Juli 2017 lalu. Hingga kini sudah beberapa kali mengadakan kegiatan bhakti sosial di Kota Tangerang.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kamis, 23 Mei 2019 - 18:22 WIB
Elshinta.com - Empat program pendidikan (Prodi) Universitas Negeri Malang ikuti sertifikas...
Rabu, 22 Mei 2019 - 14:06 WIB
Elshinta.com - Syahmi Kafin Fahreza, Dita Fomara Tuasikal dan Muhammad Fitrah Ashary Bangun tig...
Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB
Elshinta.com - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok menggandeng Atase Kedutaan Besar P...
Senin, 20 Mei 2019 - 22:08 WIB
Elshinta.com - Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan P...
Minggu, 19 Mei 2019 - 17:02 WIB
Elshinta.com - Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan mengatakan, pen...
Jumat, 17 Mei 2019 - 20:47 WIB
Elshinta.com - Mobil Kamis Membaca (KaCa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selalu men...
Jumat, 17 Mei 2019 - 12:48 WIB
Elshinta.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pem...
Jumat, 17 Mei 2019 - 10:48 WIB
Elshinta.com - Guna memperkuat link and match antara dunia pendidikan dengan dunia industr...
Selasa, 14 Mei 2019 - 10:34 WIB
Elshinta.com - Sebanyak 378 murid dari sekolah SD YPK Onomi Flavouw Sentani, Jayapura, Pap...
Minggu, 12 Mei 2019 - 17:17 WIB
Elshinta.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan k...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)