Setelah pemilu selesai, Darmin yakin investasi lebih banyak masuk
Rabu, 17 April 2019 - 13:39 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Administrator
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memberikan keterangan kepada awak media usai menggunakan hak pilihnya dalam gelaran Pemilu 2019 di TPS 20, Pancoran, Jakarta Timur, Rabu (17/4). Sumber foto: https://bit.ly/2Im5CDz

Elshinta.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini investasi asing akan lebih banyak masuk ke Indonesia setelah gelaran pemilu selesai dan sudah dipastikan siapa presiden dan wakil presiden Indonesia terpilih untuk periode 2019-2024.

"Kalau investasi iya, tentu akan membuat menjadi lebih pasti dan lebih jelas. Tapi ya itu harus selesai dulu pemilunya, benar-benar hasilnya maksud saya. Itu kemudian tentu saja akan membuat orang mengambil keputusan ya," usai menggunakan hak pilihnya di TPS 20, Pancoran, Jakarta Timur, Rabu (17/4).

Sejauh ini, lanjut Darmin, kontribusi investasi bagi pertumbuhan ekonomi masih relatif baik di mana pertumbuhannya di kisaran 6,7 hingga 7 persen, yang diiringi dengan pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang masih di kisaran 5-5,1 persen. "Jadi dilihat dari situ, asal ekspor impornya tidak menarik ke bawah, ya kita akan bisa bertahan di 5,2, di 5,3, akan ada di situ. Jadi keuntungan kita sebagai negara dengan penduduk yang besar adalah dunia boleh melambat, kita belum tentu ikut," kata Darmin.

Menurut pria yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia itu, lima tahun ke depan, situasi ekonomi domestik akan sangat terpengaruh oleh kondisi global saat ini. Ia menuturkan, apa yang direncanakan dan sudah dipersiapkan oleh pemerintah dua atau tiga tahun lalu, tiba-tiba dikejutkan dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

"Tadinya Amerika terutama Donald Trump optimistis bahwa dia pasti menang perang dagang. Sekarang semuanya kena ya kan. Sekarang semuanya kena, melambat, ekonomi dunia sedang melambat. Perhatikan bahwa ekspor kita itu ambil empat terbesar tujuan ekspor, China, Amerika, Jepang, Eropa, itu semua ekspor kita menurun sudah dua bulan. Artinya apa? Ada hal-hal baru yang berkembang yang juga harus dijawab," ujar Darmin, dikutip Antara.

Ia menambahkan, di tengah kondisi ekonomi global yang masih dilimuti ketidakpastian, pemerintah berupaya agar kinerja ekspor dalam neraca perdagangan dapat dipertahankan tetap positif agar Indonesit tidak dianggap sebagai negara yang berisiko. "Jadi, selain kebijakan kebijakan jangka menengah yang dulu kita susun, yang namanya selain infrastruktur ada "tax holiday" dan fasilitas macam macam ada OSS, kita juga sedang menyiapkan pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi. Kita juga sedang mempercepat reforma agraria dan macam macam, itu tetap penting. Tetapi ada yang lebih mendesak sekarang, yaitu ekspor," ujar Darmin.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sabtu, 25 Mei 2019 - 16:17 WIB
Elshinta.com - Direktur Jaringan dan Ritel BNI 46, Catur Budi Harto mengatakan akan terus membe...
Sabtu, 25 Mei 2019 - 09:26 WIB
Elshinta.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengklaim hasil Pemilihan Umum ...
Jumat, 24 Mei 2019 - 19:24 WIB
Elshinta.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pertumbuhan konsumsi ru...
Jumat, 24 Mei 2019 - 18:32 WIB
Elshinta.com - Pemain baru di industri transportasi daring Bonceng menilai perang tarif oj...
Jumat, 24 Mei 2019 - 17:43 WIB
Elshinta.com - Kementerian Perindustrian berkolaborasi dengan lembaga penelitian dan penge...
Jumat, 24 Mei 2019 - 10:08 WIB
Elshinta.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat dibuka me...
Kamis, 23 Mei 2019 - 09:45 WIB
Elshinta.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (23/5) di...
Rabu, 22 Mei 2019 - 13:48 WIB
Elshinta.com - Bank Indonesia (BI) menghentikan sementara layanan kas keliling penukaran u...
Rabu, 22 Mei 2019 - 07:36 WIB
Elshinta.com - Pertamina akan siapkan agen dan pangkalan LPG siaga pada H-7 Lebaran untuk ...
Rabu, 22 Mei 2019 - 06:37 WIB
Elshinta.com - Pertamina EP Cepu (PEPC) kembali mencatat milestones guna mencapai target p...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)
ElshintaBandung