Khofifah ajak warga Jatim tinggalkan penggunaan plastik sekali pakai
Elshinta
Kamis, 02 Mei 2019 - 07:31 WIB | Penulis : Dody Handoko | Editor : Administrator
Khofifah ajak warga Jatim tinggalkan penggunaan plastik sekali pakai
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Jawa Timur 2019, di Lapangan Rampal, Kota Malang. Foto: Dody Handoko/elshinta.com

Elshinta.com - Banjir menjadi potensi bencana tertinggi di Jawa Timur. Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggalakkan gerakan stop penggunaan plastik sekali pakai bagi warga Jawa Timur. 

Gerakan itu ia canangkan di acara Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Jawa Timur 2019, di Lapangan Rampal, Kota Malang.

Dengan langkah kecil menjaga alam dengan dimulai dari diri sendiri tersebut, Khofifah meyakini alam juga akan berbalik menjaga manusia sehingga Jawa Timur bisa terhindar dari bencana.

"Hari ini saya ingin mengajak warga bangsa Jawa Timur bagaimana menumbuhkan rasa cinta ke alam. Salah satunya dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai. Kalau kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita," kata Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima Reporter elshinta.com, Dody Handoko, Rabu (1/5). 

Di tengah acara yang juga dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, serta mantan Gubernur Jawa Timur Imam Utomo, Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, dan sejumlah kepala daerah yang hadir, Khofifah memimpin gerakan simbolis mengisi air ke dalam botol tumbler dan meminumnya bersama-sama. 

Gerakan ini menunjukkan simbol untuk meninggalkan penggunaan plastik sekali pakai dan menggantinya dengan botol tumbler yang bisa digunakan berkali-kali. 

Selain banjir, plastik dikatakan Khofifah, juga banyak membuat masalah lingkungan dan merusak ekosistem. Sebut saja yang sempat ramai di media sosial tentang pantai yang tercemar sampah plastik. 

Kemudian juga adanya temuan sampah plastik di perut ikan Hiu yang terdampar di pinggiran laut Vietnam beberapa waktu lalu, serta temuan sampah plastik di perut Jerapah Kebun Binatang Surabaya tempo hari. 

Menurut Khofifah, jika tidak ada action, sekecil apapun, maka fenomena semacam ini akan terus ada dan bermunculan. 

"Hari ini cinta kita ke alam akan ditunjukkan dengan menghentikan plastik sekali pakai. Atas nama kita semua hari ini juga mari kita deklarasikan bersama untuk tak lagi gunakan plastik sekali pakai," tegasnya. 

Wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini mengajak masyarakat untuk ikut memberikan pencerdasan tentang penggunaan plastik pada warga masyarakat di Jawa Timur, terutama untuk emak-emak yang kerap belanja di pasar menggunakan plastik. 

"Emak-emak yang biasa belanja menggunakan plastik, gunakan plastik yang sama hari dengan besok, dan besoknya lagi, dan besoknya lagi. Hindari gunakan plastik sekali pakai," pungkas Khofifah. 

Di sisi lain, Kepala BNPB Doni Monardo sebelumnya sempat mengatakan, tren bencana di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Selama tahun 2018 lalu di Indonesia setidaknya terjadi 2.572 kali bencana yang menelan korban jiwa sebanyak 4.814 orang, sebanyak 264 ribu korban luka, dan sebanyak 10,2 juta orang mengungsi. Dan total kerugian akibat bencana selama tahun 2018 mencapai Rp100 trilliun. 

Mulai awal tahun 2019 hingga bulan April 2019, setidaknya sudah ada sebanyak 438 orang di Indonesia yang meninggal karena adanya bencana. Karenanya, Kepala BNPB Doni neminta seluruh pihak harus semakin siap dan meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana. 

"Dengan pahami risiko bencana kita bisa pahami apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana," ucap Doni. 

Di depan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Jawa Timur, ia menyebutkan bahwa konsep pentahelix adalah solusi menjawab tren bencana yang kian meningikat. Dimana lima pihak dalam konsep pentahelix harus dilibatkan maksimal dalam menanggulangi bencana. 

"Pakar, dunia usaha, komunitas, media dan pemerintah, ini kata kuncinya adalah gotong royong yang harus diimplementasikan," kata Doni. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Dongkrak hasil produksi, petani bawang tanam demplot ramah lingkungan
Senin, 19 Agustus 2019 - 20:59 WIB
Elshinta.com - Petani bawang merah binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kediri memiliki pola ta...
Menteri LHK siapkan imbauan kemasan plastik sekali pakai
Senin, 19 Agustus 2019 - 19:10 WIB
Elshinta.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan saat ...
Siti Nurbaya: Karhutla masih bisa dikendalikan
Senin, 19 Agustus 2019 - 18:35 WIB
Elshinta.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyebutkan dari fl...
Tak pakai air PDAM, bisnis besar di Depok marak eksploitasi air tanah
Senin, 19 Agustus 2019 - 16:25 WIB
Elshinta.com - Manajer Marketing dan Juru Bicara Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta, ...
Jonan minta lahan reklamasi Freeport ditanami tanaman keras
Senin, 19 Agustus 2019 - 11:27 WIB
Elshinta.com - Menutup rangkaian kunjungan kerjanya di PT Freeport Indonesia (PT FI) usai menjadi In...
Wali Kota Ambon ajak masyarakat sadar akan kebersihan laut
Senin, 19 Agustus 2019 - 06:52 WIB
Elshinta.com - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengajak seluruh masyarakat untuk lebih meningk...
Ekowisata Mangrove tingkatkan perekonomian masyarakat Pasir Putih
Minggu, 18 Agustus 2019 - 13:11 WIB
Elshinta.com - PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) memiliki berbagai prog...
Condro Kirono: Kementerian dan lembaga yang tangani karhutla akan ditambah
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 10:40 WIB
Elshinta.com - Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Condro Kirono mengatakan kementer...
Lansia dan anak-anak rawan terdampak kabut asap
Jumat, 16 Agustus 2019 - 16:25 WIB
Elshinta.com - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Riau menyampaikan, meski kualitas udara yang diselimu...
Sinergi ESDM dan Pertamina tangani peristiwa YYA-1
Jumat, 16 Agustus 2019 - 08:37 WIB
Elshinta.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Pertamina bersinergi  dala...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)