Khofifah ajak warga Jatim tinggalkan penggunaan plastik sekali pakai
Elshinta
Kamis, 02 Mei 2019 - 07:31 WIB | Penulis : Dody Handoko | Editor : Administrator
Khofifah ajak warga Jatim tinggalkan penggunaan plastik sekali pakai
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Jawa Timur 2019, di Lapangan Rampal, Kota Malang. Foto: Dody Handoko/elshinta.com

Elshinta.com - Banjir menjadi potensi bencana tertinggi di Jawa Timur. Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggalakkan gerakan stop penggunaan plastik sekali pakai bagi warga Jawa Timur. 

Gerakan itu ia canangkan di acara Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Jawa Timur 2019, di Lapangan Rampal, Kota Malang.

Dengan langkah kecil menjaga alam dengan dimulai dari diri sendiri tersebut, Khofifah meyakini alam juga akan berbalik menjaga manusia sehingga Jawa Timur bisa terhindar dari bencana.

"Hari ini saya ingin mengajak warga bangsa Jawa Timur bagaimana menumbuhkan rasa cinta ke alam. Salah satunya dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai. Kalau kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita," kata Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima Reporter elshinta.com, Dody Handoko, Rabu (1/5). 

Di tengah acara yang juga dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, serta mantan Gubernur Jawa Timur Imam Utomo, Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, dan sejumlah kepala daerah yang hadir, Khofifah memimpin gerakan simbolis mengisi air ke dalam botol tumbler dan meminumnya bersama-sama. 

Gerakan ini menunjukkan simbol untuk meninggalkan penggunaan plastik sekali pakai dan menggantinya dengan botol tumbler yang bisa digunakan berkali-kali. 

Selain banjir, plastik dikatakan Khofifah, juga banyak membuat masalah lingkungan dan merusak ekosistem. Sebut saja yang sempat ramai di media sosial tentang pantai yang tercemar sampah plastik. 

Kemudian juga adanya temuan sampah plastik di perut ikan Hiu yang terdampar di pinggiran laut Vietnam beberapa waktu lalu, serta temuan sampah plastik di perut Jerapah Kebun Binatang Surabaya tempo hari. 

Menurut Khofifah, jika tidak ada action, sekecil apapun, maka fenomena semacam ini akan terus ada dan bermunculan. 

"Hari ini cinta kita ke alam akan ditunjukkan dengan menghentikan plastik sekali pakai. Atas nama kita semua hari ini juga mari kita deklarasikan bersama untuk tak lagi gunakan plastik sekali pakai," tegasnya. 

Wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini mengajak masyarakat untuk ikut memberikan pencerdasan tentang penggunaan plastik pada warga masyarakat di Jawa Timur, terutama untuk emak-emak yang kerap belanja di pasar menggunakan plastik. 

"Emak-emak yang biasa belanja menggunakan plastik, gunakan plastik yang sama hari dengan besok, dan besoknya lagi, dan besoknya lagi. Hindari gunakan plastik sekali pakai," pungkas Khofifah. 

Di sisi lain, Kepala BNPB Doni Monardo sebelumnya sempat mengatakan, tren bencana di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Selama tahun 2018 lalu di Indonesia setidaknya terjadi 2.572 kali bencana yang menelan korban jiwa sebanyak 4.814 orang, sebanyak 264 ribu korban luka, dan sebanyak 10,2 juta orang mengungsi. Dan total kerugian akibat bencana selama tahun 2018 mencapai Rp100 trilliun. 

Mulai awal tahun 2019 hingga bulan April 2019, setidaknya sudah ada sebanyak 438 orang di Indonesia yang meninggal karena adanya bencana. Karenanya, Kepala BNPB Doni neminta seluruh pihak harus semakin siap dan meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana. 

"Dengan pahami risiko bencana kita bisa pahami apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana," ucap Doni. 

Di depan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Jawa Timur, ia menyebutkan bahwa konsep pentahelix adalah solusi menjawab tren bencana yang kian meningikat. Dimana lima pihak dalam konsep pentahelix harus dilibatkan maksimal dalam menanggulangi bencana. 

"Pakar, dunia usaha, komunitas, media dan pemerintah, ini kata kuncinya adalah gotong royong yang harus diimplementasikan," kata Doni. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pontianak raih peringkat pertama kualitas udara terbersih tahun 2019
Jumat, 11 September 2020 - 09:16 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menempatkan Kota Pontianak pada peringkat pertama ...
 Penangkapan penambang liar oleh KLHK diapresiasi
Jumat, 04 September 2020 - 07:36 WIB
Penangkapan para penambang liar yang menggali lahan hutan lindung dengan menggunakan alat berat dan ...
 Dinas LH Majalengka terima 1 unit mobil damkar untuk penyemprotan taman
Senin, 31 Agustus 2020 - 20:56 WIB
Bupati Majalengka, Jawa Barat, Karna Sobahi menyerahkan 1 unit mobil damkar kepada Dinas Lingkungan ...
KKP kembangkan kemasan dari rumput laut guna kurangi sampah plastik
Sabtu, 29 Agustus 2020 - 13:50 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan kemasan dari rumput laut sebagai upaya menduk...
Kelurahan Syamsudin Noor raih juara 3 umum Kampung Tangguh Banua 
Selasa, 18 Agustus 2020 - 15:26 WIB
Penyerahan Hadiah kepada para pemenang lomba Kampung tangguh Banua (KTB) oleh Gubernur Kalimantan Se...
KSJ tanam 1.000 pohon mangrove bantuan kapolda di Pantai Naga Jaya
Senin, 17 Agustus 2020 - 10:39 WIB
Ketua Umum Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), Saharuddin bersama Ketua Dewan Pembina AKBP Ikhwan Lubis S...
 Sambut HUT ke-75 RI, Personel Yonif 125 dan warga Bupul bersihkan jalan kampung
Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:38 WIB
Personel Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa bersama warga Kampung Bupul bergotong royong membersihkan j...
Gorontalo usulkan sejumlah kawasan menjadi geopark nasional
Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:48 WIB
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan pihaknya akan mengusulkan sejumlah kawasan di daerah ter...
Kemen LHK nyatakan 19 persen hutan mangrove kritis
Senin, 03 Agustus 2020 - 20:25 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat saat ini tiga juta hektare kawasan hutan mangrov...
Menteri Edhy: Pelestarian karang selaras pertumbuhan ekonomi pesisir
Jumat, 31 Juli 2020 - 13:39 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan program pelestarian dan pengelolaan terumbu k...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV