Pilih franchise atau bisnis sendiri? Ini aspek yang harus dipertimbangkan
Elshinta
Selasa, 09 Juli 2019 - 13:06 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Administrator
Pilih franchise atau bisnis sendiri? Ini aspek yang harus dipertimbangkan
Ilustrasi/Sumber: https://bit.ly/2XtZgFf

Elshinta.com - Pilih franchise atau buka usaha sendiri? Menjawab pertanyaan ini tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan. Terkait hal ini, pakar bisnis franchise Royandi Yunus  dari International Franchise Business Management (IFBM) menjelaskan, salah satu kelebihan yang akan Anda dapat bila mengambil bisnis yang dipasarkan secara franchising dibandingkan dengan membuka usaha sendiri adalah Anda akan menjalankan bisnis yang sudah teruji keberhasilannya.

“Anda akan dipandu oleh franchisor agar tidak mengalami salah jalan. Sedangkan mengenai modal usaha, Anda membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan bila Anda membuka usaha sendiri,” ucapnya.

Lebih lanjut, Roy menjabarkan, dengan menjalankan sebuah bisnis model yang sudah teruji milik franchisor, kemungkinan keberhasilan Anda akan jauh lebih besar dari pada menjalankan usaha sendiri. Pemilihan lokasi tempat anda berusaha akan dievaluasi oleh franchisor. Bila cocok untuk menjalankan bisnis model milik franchisor, maka akan disetujui. Dan sebaliknya, bila tidak cocok, maka akan ditolak. Kalaupun terjadi kendala setelah lokasi disetujui dan bisnis sudah berjalan, Anda akan mendapat prioritas untuk relokasi ke tempat yang lebih baik.

Dalam melakukan investasi peralatan dan menyiapkan ruang usaha, Anda akan dipandu sesuai pengalaman sukses dari franchisor. Kecil kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengadaan/ investasi alat-alat kerja dan interior/ eksterior tempat usaha. Demikian juga dalam mempersiapkan tenaga kerja, jumlah karyawan berikut susunan organisasinya tidak perlu lagi coba-coba.

Dalam hal produk yang akan dijual, mulai dari tata cara pengadaan, pemajangan, perletakan, penyimpanan, pemesanan ulang, semua sudah diatur dan difasilitasi. Anda tidak perlu lagi bernegosiasi mengenai harga dan kualitas terhadap supplier. Anda tinggal memakai network milik franchisor yang sudah teruji dan terpercaya.

Bagaimana bila Anda membuka usaha sendiri? Maka semua hal yang tersebut diatas harus Anda laksanakan sendiri. Melakukan trial and error atau coba-coba. Bila Anda menyatakan pernah bekerja dan memiliki pengalaman pada usaha tersebut, akan sangat membantu. Hanya perlu Anda ingat, bahwa pengalaman tersebut apakah benar-benar Anda alami sendiri semuanya. Biasanya pengalaman tersebut tidak berdiri sendiri karena Anda bekerja dalam sebuah team work.

“Tentang nilai besaran investasi, bahwa mengambil bisnis yang dipasarkan secara franchising akan lebih besar modalnya. Mengapa? Pertama karena Anda wajib membayar franchise fee. Kedua, karena semua barang yang Anda adakan harus sesuai dengan ketentuan franchisor,” jelas Roy.

Kelebihan bila Anda berusaha sendiri, Anda dapat mengacu kepada modal awal dan biaya operasional yang rendah. Anda dapat melakukan banyak hal yang menurut Anda adalah sebuah efisiensi.

Kelebihan lain dalam berusaha sendiri adalah apa yang Anda pikirkan mau dijual, maka pada saat itu juga dapat Anda jual. Hal ini tidak akan terjadi dalam franchising. Ide cemerlang Anda bila tidak ditolak, akan memerlukan birokrasi dan waktu yang lama untuk kemudian disetujui.

Bila Anda adalah tipe kreatif seperti tersebut pada alinea terakhir diatas, maka jalankanlah usaha Anda sendiri. Anda mungkin tidak cocok dengan franchisor karena inisiatif Anda yang terlalu besar. Atau dengan kata lain anda adalah tipe entrepreneur yang secara karakter tidak cocok untuk menjadi franchisee. Franchisor pun tidak akan memilih Anda. Franchisor membutuhkan orang yang mau “mendengarkan” saran mereka, dimana dengan demikian mudah terjadi kolaborasi. Inisiatif yang dibutuhkan oleh Franchisor dari para Franchisee-nya adalah yang sesuai dengan arahan franchisor, terutama dalam hal selling.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jangan waralabakan bisnis, bila Anda belum penuhi syarat ini
Kamis, 16 Januari 2020 - 14:26 WIB
Syarat bila ingin mewaralabakan usaha adalah bisnis Anda telah “sukses.” Artinya Anda telah paha...
Brand franchise yang Anda pilih baik atau buruk? Selidiki tiga hal ini…
Jumat, 10 Januari 2020 - 11:14 WIB
Konsultan franchise Royandi Junus menjelaskan soal ini. Pertama, pastikan bahwa Anda memang memiliki...
Menjual franchise ke pihak ketiga, bisakah? Ini penjelasannya
Senin, 06 Januari 2020 - 11:06 WIB
Umumnya, bila seorang franchisee ingin menjual bisnis yang sudah dimiliki kepada pihak ketiga, tidak...
Tips sukses bisnis franchise: Jangan jadikan sampingan!
Senin, 23 Desember 2019 - 10:59 WIB
Berbisnis dengan sistem franchise hampir sama dengan berbisnis sendiri. Yaitu Anda perlu bekerja den...
`Kejeblos`, cara lain belajar dari pengalaman untuk pebisnis pemula
Senin, 02 Desember 2019 - 12:05 WIB
Dalam dunia bisnis, pemula juga sebenarnya memiliki pengalaman yang cukup untuk menjadi aset dalam m...
Dear pelaku usaha! Ingat, bisnis itu didikte oleh selera pasar
Jumat, 01 November 2019 - 09:34 WIB
Dalam posisi keseimbangan sebetulnya dalam bisnis, permodalan itu diimbangi dengan seberapa dekat An...
Buka cabang franchise, kapan sebaiknya dilakukan?
Senin, 21 Oktober 2019 - 12:33 WIB
Sebagai pemilik bisnis franchise atau franchisor, saat yang paling tepat membuka cabang baru (outlet...
Plus minus bisnis kreatif, apa saja? Ini jawaban pakar
Jumat, 18 Oktober 2019 - 15:03 WIB
Selain keunggulan industri kreatif mengenai kemudahan mendapatkan bahan baku dan kesesuaian minat da...
Mengenal beragam kendala dalam bisnis franchise, apa saja?
Senin, 14 Oktober 2019 - 15:07 WIB
Dalam setiap bisnis kendala pasti hadir, termasuk dalam bisnis franchise atau waralaba. Di bisnis fr...
Jangan cuma ikut tren bisnis, lakukan ini agar bisa sukses
Kamis, 10 Oktober 2019 - 10:47 WIB
Tren dalam bisnis itu penting, karena hal itu menunjukkan arah orientasi kegandrungan konsumen kalau...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV