Penting, ketahui masa kedaluwarsa produk kecantikan
Elshinta
Selasa, 09 Juli 2019 - 15:31 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Penting, ketahui masa kedaluwarsa produk kecantikan
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2LI9Shj

Elshinta.com - Seperti makanan, produk kecantikan juga ada masa kedaluwarsa. Oleh karenanya jangan terlalu lama menyimpannya. Masa kedaluwarsa dan masa pemakaian produk itu berbeda. Dikutip dari Antara, seorang makeup artist profesional, Philip Kwok mengatakan banyak orang salah sangka perihal masalah ini dengan hanya melihat pada tanggal yang tertulis pada produk saja.

“Jangan hanya terpaku dengan tulisan expired itu, karena kadang hal itu dibuat ketika produk didaftarkan. Expired yang sebenarnya itu, pas kita buka tutupnya. Misalnya lipstik. Ketika kita buka tutup lipstik karena akan digunakan, hal itu menandakan masa expired-nya berlaku.”
 
Menurutnya, produk kecantikan biasanya tidak akan bertahan lama ketika sudah dibuka. Makanya, setiap orang perlu memberi label pada produk mereka agar tidak lupa kapan pertama kali dibuka. Philip juga menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam membeli produk kosmetik atau kecantikan. “Kalau mau beli kosmetik lebih baik langsung, jangan online. Karena kita tidak tahu itu kapan kedaluwarsanya. Efeknya bisa jamuran, gatal dan bahaya.”
 
Dihimpun dari berbagai sumber, masa kedaluwarsa adalah batas jaminan produsen terhadap kualitas sebuah produk. Beberapa perusahaan besar kini telah mencantumkan beragam informasi seputar masa produksi beserta tanggal kedaluwarsa di setiap kemasan produk.
 
Simbol Period After Opening (PAO) merupakan panduan seberapa lama sebaiknya menggunakan sebuah produk. Simbol  dengan huruf kapital ‘M’ berarti month dan ‘Y’ artinya year. Misalnya tertulis ’12M’ berarti ketika membuka produk, tidak disarankan menggunakan produk (dalam kemasan tersebut) melebihi 12 bulan walaupun tanggal kedaluwarsanya masih panjang.
 
Namun kualitas sebuah produk tergantung cara penyimpanan serta seberapa besar kontaminasi bakteri saat produk pertama dibuka.
Ada baiknya mengetahui berapa lama produk kosmetik layak pakai. Hal tersebut untuk menghindari kontaminasi produk yang dapat menyebabkan iritasi bagi kulit.
 
Berikut ini adalah panduan untuk mengetahui seberapa lama produk kosmetik sebaiknya digunakan:
 
Bedak
Memiliki masa simpan produk selama 2 tahun. Bedak dan segala macam produk padat akan berubah tekstur menjadi lebih kering dan serbuk kasar karena mengandung sedikit kadar air.
 
Alas bedak, concealer, blush on cair
Memiliki masa simpan produk selama 6 hingga 12 bulan. Produk kosmetik cair umumnya menggunakan bahan dasar air, tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Segera ganti/buang  jika komponen cairan menjadi terpisah atau jika warna memudar.
 
Lipstik
Memiliki masa simpan produk selama 2 tahun. Kandungan air dalam lipstik terbilang rendah, namun kontaminasi bakteri tetap mungkin terjadi karena penggunaan produk yang rutin di area bibir. Jika lipstik mengering dan terasa kesat saat diaplikasikan, segera ganti atau buang. Lipstik mengandung minyak yang akan mulai berbau seiring waktu.
 
Pelembab bibir
Memiliki masa simpan produk selama satu tahun. Sama seperti lipstick, lipgloss atau pelembab bibir juga mengandung minyak yang akan mulai berbau seiring waktu. Segera singkirkan jika lipgloss terasa sangat lengket tidak biasa.
 
Lip Liner
Memiliki masa simpan produk lebih dari dua tahun. Karena berbentuk pensil, produk ini dapat diserut sehingga menggantikan permukaannya.
 
Eyeshadow padat
Memiliki masa simpan produk selama tiga bulan. Untuk eyeshadow dalam bentuk krim harus diganti setiap satu tahun. Produk eyeshadow rentan sebagai tempat bakteri tumbuh.
 
Maskara
Memiliki masa simpan produk selama 2 hingga 3 bulan. Pemakaian maskara yang buka tutup menjadi sarang tempat bakteri berkumpul. Sebab setiap kali pemakaian, terdapat risiko bakteri yang masuk ke dalam kemasan. Segera buang bila maskara mulai keras, menggumpal, atau berbau aneh.
 
Kuas makeup
Untuk kuas sebenarnya memiliki masa simpan produk cukup awet hingga bertahun-tahun dan tidak perlu sering menggantinya asalkan kuas tetap berfungsi dengan baik. Namun jika bulu-bulu kuas mulai kusut tidak beraturan, rontok, atau bentuk bulu berubah maka harus segera diganti.
 
Busa makeup
Busa makeup seperti sponge blush atau bedak, harus diganti setiap dua kali pakai yakni satu kali di setiap sisi.
 
Lotion
Memiliki masa simpan produk selama 2 tahun. Namun jika ada perubahan warna, bau, atau tekstur maka harus segera disingkirkan.
 
Cat kuku
Memiliki masa simpan produk selama 1 hingga 2 tahun. Segera ganti jika cairan dalam kemasan terlihat terpisah dan tidak bercampur lagi setelah dikocok atau saat cairan terlihat menggumpal dan lengket saat diaplikasikan. Produk riasan kuku kedaluwarsa dapat menyebarkan infeksi bakteri dan jamur.
 
 



 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:38 WIB
Sebagus apapun merek skincare tetapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, maka hasilnya pun tidak ...
Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Jumat, 14 Februari 2020 - 11:08 WIB
Tidak hanya wajah, bagian leher juga membutuhkan perhatian yang sama karena kulit di daerah tersebut...
Apa saja sih produk kecantikan yang wajib dibawa dalam tas make up?
Rabu, 12 Februari 2020 - 10:57 WIB
Sebagai perempuan, biasanya ada saja produk make up yang siap sedia di dalam tas karena sangat bergu...
Benarkah ciri rambut sehat bisa diketahui dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala?
Senin, 10 Februari 2020 - 12:18 WIB
Bagi wanita, selain wajah rambut juga menjadi bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan. Bahkan ...
Apa saja bahan berbahaya yang terdapat dalam make up dan skin care?
Senin, 03 Februari 2020 - 12:10 WIB
Bahan berbahaya pada kosmetik dan skin care ini sudah pasti punya dampak buruk pada kulit wajah. Dam...
Bingung menyimpan produk skincare agar tak cepat rusak? Ikuti cara ini
Kamis, 30 Januari 2020 - 11:59 WIB
Beragam produk skincare mempunyai komposisi yang berbeda. Oleh sebab itu cara penyimpanannya pun pas...
Tidak cocok dengan produk skincare? Ini tanda yang akan muncul di kulit
Selasa, 28 Januari 2020 - 14:14 WIB
Memang tak mudah menemukan produk skin care yang cocok dari banyaknya produk yang ditawarkan. Namun ...
Ingin wajah terlihat glowing? Ikuti tips berikut ini
Rabu, 22 Januari 2020 - 11:36 WIB
Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, tidak semua orang bisa memiliki wajah g...
Begini cara berdandan dengan produk kecantikan tanpa waswas
Jumat, 17 Januari 2020 - 12:30 WIB
Tampil cantik adalah dambaan setiap perempuan karena hal itu bisa membuat mereka lebih percaya diri....
Apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab kulit wajah kusam?
Rabu, 15 Januari 2020 - 12:15 WIB
Sebenarnya untuk mengatasi kulit kusam bukan hanya menggunakan produk skin care untuk kulit kusam sa...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)