Kiri Kanan
Kemenpora sebut kompetisi liga berjenjang mulai dapatkan hasil
Elshinta
Rabu, 10 Juli 2019 - 08:31 WIB |
Kemenpora sebut kompetisi liga berjenjang mulai dapatkan hasil
Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menyambut kedatangan Timnas Pelajar U-15 Kemenpora di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (9/7). Sumber Foto: https://bit.ly/2XWhELc

Elshinta.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyebut kompetisi liga berjenjang sepak bola usia muda mulai mendapatkan hasil dan hal tersebut dibuktikan dengan suksesnya Timnas Pelajar U-15 menembus posisi tiga besar turnamen di Portugal.

"Hasil yang diraih sangat luar biasa. Apalagi turnamen yang diikuti cukup bergengsi di Eropa, terlebih ini merupakan capaian tertinggi dari sekian banyak Indonesia mengirimkan perwakilan untuk berkompetisi di level Eropa," kata Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (10/7).

Timnas Pelajar U-15 Kemenpora baru saja mengikuti IBER CUP 2019 di Estoril Portugal. Turnamen tersebut diikuti oleh tim-tim Eropa yang akademi persepakbolaannya cukup kuat baik skill maupun kemampuan yang lain, sehingga melalui hasil ini Indonesia sudah bisa mengikuti kejuaraan yang sama dengan level yang lebih tinggi, yakni level Elite. Tim tersebut dihuni oleh pemain hasil kompetisi liga berjenjang Piala Menpora U-14 tahun 2018.

"Dengan tercatat sebagai semifinalis, maka tim ini berhak mengikuti jenjang kompetisi di atasnya yakni di level Elite yang diisi oleh akademi-akademi top dunia seperti Paris Saint Germain, Barcelona, Manchester United dan lainnya, sehingga artinya jika sudah disejajarkan dengan itu menjadi sebuah kebanggaan," Raden Isnanta menambahkan.

Kedepannya, lanjut pria asal Kulon Progo itu, pihaknya ingin lebih mengoptimalkan pembinaan liga berjenjang ini, karena merupakan sebuah jawaban dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

"Kita harus sejajar dengan level persepakbolaan Eropa, karena target besar kita adalah membangun persepakbolaan Indonesia untuk mampu masuk ke Olimpiade serta Piala Dunia yang dimulai dari generasi muda seperti di level U-15 ini," ungkap Raden Isnanta, seperti dikutip Antara.

"Saya paham betul bahwa dalam mengontrol, mengawal perjalanan menuju singgasana usia emas nanti butuh waktu panjang dan perhatian yang lebih. Jika sekarang berhasil menjadi semifinalis di event ini, bukan hasil akhir dari keberhasilan, namun masih ada tahapan berikutnya, bahkan anak-anak tadi sudah sepakat tidak jumawa dari pencapaian yang diraih, karena masih ada perjalanan panjang yang mesti dilalui untuk berada di podium tertinggi, tentunya dengan kerja keras," tambahnya.

Kedepannya, kata Isnanta, Kemenpora bersama manajemen tim akan kembali bersinergi merumuskan kembali sasaran yang akan dituju oleh skuat ini untuk mengharumkan nama bangsa dan negara.

Sementara itu, pelatih kepala Timnas Pelajar U-15 Kemenpora Aples Tecuari mengaku bangga dengan pencapaian yang diraih di Portugal. Begitu juga dengan perhatian pemerintah terhadap pembinaan maupun pelaksanaan kompetisi liga secara berjenjang.

"Anak-anak mengaku senang dapat pengalaman, jam terbang dan pembelajaran berharga melalui turnamen ini, untuk itu kami secara pelaku sepakbola patut bersyukur bahwa Pemerintah hadir dalam proses pengembangan talenta-talenta muda kita yang akan menjadi aset masa depan bangsa ini," kata mantan pemain timnas era 90-an itu.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Egy ingatkan pemain Timnas U-22 jangan takabur
Rabu, 04 Desember 2019 - 12:49 WIB
Pemain Tim Nasional U-22 Indonesia, Egy Maulana Vikri mengatakan, dirinya dan teman-temannya tidak b...
PSSI hubungi Ruud Gullit latih Timnas Indonesia
Rabu, 04 Desember 2019 - 10:45 WIB
Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochamad Iriawan mengaku sudah menghubungi pelatih yang juga legenda sepa...
Dukung Timnas U-22 Indonesia, Miyabi jadi rebutan
Senin, 02 Desember 2019 - 07:29 WIB
Kehadiran mantan bintang film dewasa Maria Ozawa atau yang akrab dipanggil Miyabi menjadi rebutan fo...
Timnas U-22 Indonesia kalah tipis dari Vietnam
Senin, 02 Desember 2019 - 06:14 WIB
Tim nasional U-22 Indonesia akhirnya harus rela menelan kekalahan dari Vietnam dalam lanjutan Grup B...
Jokowi optimistis Timnas sepak bola raih kemenangan di SEA Games 2019 
Rabu, 27 November 2019 - 21:35 WIB
Presiden Joko Widodo menyemangati seluruh atlet yang akan berlaga dalam SEA Games 2019 di Filipina d...
Timnas U-22 Indonesia asah `set piece` untuk bungkam Thailand
Senin, 25 November 2019 - 14:25 WIB
Tim nasional U-22 Indonesia mengasah kemampuan mengeksekusi bola mati (set piece) dalam latihan di S...
Indonesia desak Malaysia minta maaf terkait insiden pemukulan suporter
Sabtu, 23 November 2019 - 06:17 WIB
Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan pernyataan yang mendesak permohonan maaf dari Malaysia te...
Shin Tae-Yong `presentasikan diri` jika dipercaya tangani Timnas Indonesia
Rabu, 20 November 2019 - 08:48 WIB
Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong memenuhi undangan PSSI untuk presentasi sebagai calon pela...
Indonesia telan kekalahan 0-2 atas Malaysia
Rabu, 20 November 2019 - 06:26 WIB
Tim nasional Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari tuan rumah Malaysia, setelah penyerang Muhammad Sa...
Pengamat: Pertandingan lawan Malaysia pertaruhan harga diri
Selasa, 19 November 2019 - 16:04 WIB
Tim Nasional (Timnas) Indonesia Selasa (19/11) malam nanti akan menjalani laga kelima penyisihan Pia...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)